Bioma : Pengertian Bioma, Fungsi, Ciri, Faktor dan Jenisnya

Posted on

Pengertian Bioma – Di artikel sebelumnya saya telah membahas mengenai Biosfer : Pengertian, Macam, Karakteristik dan Fungsi dan di artikel kali ini saya ingin membahas artikel mengenai Pengertian Bioma, Fungsi, Ciri, Faktor dan Jenisnya. Yuk langsung aja simak artikelnya di bawah ini.

Pengertian Bioma

Pengertian Bioma

Bioma merupakan suatu wilayah/daerah yang memiliki sifat geografis dan iklim yang sama, dimana hewan, tumbuhan organisme tanah, bakteri dan virus beradaptasi dengan lingkungan mereka. Pengertian dari bioma sendiri adalah sebuah ekosistem besar dengan daerah luas yang terdiri dari flora dan fauna yang khas. Dimana bioma terbentuk karena perbedaan letak geografis dan astronomis.

Pengertian Bioma Menurut Para Ahli

Sedangkan pengertian bioma menurut Charles Kendrich adalah bagian unit-unit di planet bumi yaang berukuran besar yang didasarkan pada sejumlah perbedaan dari serangkaian iklim, iklim, habitat pada flora dan fauna yang jumlahnya tidak terbatas.

Ciri-Ciri Bioma

Ciri-Ciri bioma antaralain adalah sebagai berikut :

  • Komunitas sebuah komunitas yang stabil, kecuali ada suatu kejadian yang bisa mengganggu kestabilan tersebut.
  • Dapat dikenali dengan melihat dominasi vegetasinya.
  • Bioma diberi nama berdasarkan pada dominasi vegetasinya.
  • Membentuk sebuah interaksi unsur lingkungan.

 

Macam-Macam Bioma

Terdapat beberapa macam bioma antaralain:

Bioma stepa

Merupakan bioma yang flora utamanya adalah rumput. Bioma stepa tersebar di benua Australia, Afrika Utara, Asia, Brazilia, Amerika Serikat dan Argentina. Jika di negara Indonesia hanya dapat di jumpai di daerah Jogjakarta, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Sumbawa.

Bioma Tundra

Baca Juga :  √UNIVERSITAS SYIAH KUALA : Peminat Daya Tampung dan Program Studi

Merupakan bioma yang terdapat di sekitar kutub utara dan sebagian kutub selatan. Bioma tundra umumnya hanya tumbuhan kecil sejenis rumput dan lumut. Biasa dijumpai di sekitar lingkaran artik, Greenland.

Bioma Taiga

Merupakan jenis bioma terluas dibandingkan dengan jenis bioma lainnya. Bioma taiga terdiri dari satu spesies hutan, misalnya pinus, konifer, dan sejenisnya. Bioma taiga bisa ditemukan pada belahan bumi utara seperti Rusia dan Kanada.

Bioma Gurun

Merupakan suatu wilayah yang curah hujannya sekitar 25mm per tahun. Gurun biasanya memiliki kehidupan yang tersembunyi khususnya pada siang hari demi mempertahankan cairan tubuh. Bioma gurun terdapat di Asia dan Afrika.

Bioma Hutan Hujan Tropis

Merupakan bioma yang berupa hutan basah atau lembab karena curah hujan yang cukup tinggi, bioma ini dapat ditemui di sekitar khatulistiwa lintang 0-10 derajat dan ke selatan khatulistiwa. Contohnya adalah Afrika, Australia, Amerika Selatan, Kepulauan Pasifik, Amerika Tengah dan Meksiko.

Bioma Gugur

Merupakan bioma yang letaknya pada kisaran 30-40 derajat  lintang utara/selatan yang memiliki iklim sedang. Bioma hutan gugur terdapat di benua Amerika dan Australia.

Bioma Sabana

Merupakan padang rumput yang diselingi sekumpulan semak dan pohon. Sabana terdiri dari dua jenis, yaitu sabana murni yang terdiri dari satu jenis tumbuhan, dan sabana campuran yang terdiri dari banyak jenis tumbuhan. Persebaran bioma ini terdapat di benua Afrika, Amerika Selatan, Australia, dan Indonesia (Nusa Tenggara).

Fungsi Bioma

Fungsi dari bioma antaralain :

  • Memudahkan dalam melaksanakan penataan suatu populasi.
  • Dapat mengetahui berbagai jenis flora dan fauna berdasarkan cara hidupnya untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.
  • Mempermudah pendataan jenis-jenis flora dan fauna.
  • Mempermudah pengelompokkan flora dan fauna yang baru ditemukan.
Baca Juga :  Contoh SOP Perusahaan

 

Faktor Yang Mempengaruhi Bioma

Faktor-faktor yang memperngaruhi bioma antaralain:

  • Iklim
  • Letak geografis
  • Curah hujan
  • Intensitas cahaya

 

Contoh Bioma

Fauna

Contoh bioma dalam fauna misalnya salah tumbuhnya komodo di NTT, Indonesia. Komodo hanya bisa hidup di tempat tersebut dan lambat laun akan menjadi hewan langka. Dengan hal tersebut, komodo tidak bisa hidup di gurun pasir, kecocokan inilah yang dinamakan dengan bioma berdasarkan iklim yang ada.

Flora

Contoh bioma dalam flora dapat dilihat dari serangkaian kehidupan pada pohon kaktus dengan ciri daunnya yang runcing dan menggerigi. Pohon kaktus hanya bisa hidup di gurun pasir dengan curah hujan yang rendah dan tingkat panas yang luar biasa.

Perbedaan Bioma dan Biosfer

Perbedaan dari bioma dan biosfer adalah :

  • Bioma merupakan kumpulan ekosistem tertentu, sedangkan biosfer adalah sekumpulan bioma.
  • Komponen dasar bioma adalah ekosistem tertentu, sedangkan biosfer pada dasarnya terdiri dari individu-individu dan spesies berbeda.
  • Biosfer memiliki kekayaan spesies pada tingkat tertinggi, sedangkan bioma berada di tingkat terendah.

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Bioma, Fungsi, Ciri, Faktor dan Jenisnya saya harap artikel ini dapat membantu para pembaca dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu serta wawasannya, dan sampai jumpa di artikel-artikel lainnya.

Baca juga :

 

Related posts: