Database : Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Contoh

Posted on

Pengertian Database – Halo para pembaca setia dosenpintar.co.id. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas artikel mengenai Database : Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Contohnya. Salah satu bukti dari berkembangnya teknologi tak luput dari keberadaan database yang mungkin sudah familiar bagi kita semua. Yuk langsung aja simak artikel berikut untuk penjelasan lengkap mengenai database.

Pengertian Database

Pengertian Database Menurut Para Ahli

Dataase atau sering disebut dengan basis data merupakan kumpulan informasi yang disimpan dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer. Sedangkan menurut para ahli, pengertian database antaralain sebagai berikut :

1. Jogiyanto

Menurut Jogiyanto database merupakan kumpulan data serta informasi yang terintegritas, dimana data tersebut tersimpan di simpanan luar komputer sehingga memerlukan software/aplikasi untuk memanipulasinya

2. Abdul Kadir

Sedangkan menurut Abdul Kadir database adalah suatu pengorganisasian sekumpulan data yang saling terhubung sehingga memudahkan untuk memperoleh informasi.

3 Fabbri dan Schwab

Pengertian database menurut mereka adalah sebuah sistem berkas terpadu yang dirancang terutama untuk dapat meminimalkan pengulangan data (redudancy).

4. Toni Fabbri

Sedangkan pengertian database menurut Toni Fabbri yaitu sebuah sistem file-file dan data yang terintegrasi dimana file dan data tersebut memiliki primary key untuk melakukan pengulangan data.

Baca Juga :  ID Card - Ukuran Standart dan Contoh

5. Gordon C. Everest

Adapun menurut Everest pengertian database adalah kumpulan data yang bersifat mekanis, terbagi atau shared, terdefinisi secara formal dan juga terkontrol, yang mana pengontrolan tersebut terpusat pada suatu organisasi.

 

Fungsi Database

Mungkin bagi orang awam database hanyalah sebuah kumpulan data, namun ternyata database memiliki fungsi antaralain sebagai berikut :

  • Database berfungsi untuk mengelompokkan data agar lebih mudah dipahami.
  • Menghindari terjadinya redudansi atau pengulangan data.
  • Memudahkan dalam menyimpan, mengedit, dan menghapus data
  • Mejamin integritas data.
  • Solusi dalam proses penyimpanan data, terutama data yang besar.
  • Menunjang kinerja aplikasi yang membutuhkan sebuah penyimpanan data.

 

Manfaat Database

Adapun manfaat dari database antaralain :

1. Tidak Terjadi Redudansi Basis Data

Database bisa membantu meminimalisir pengulangan data (redudansi data), supaya tidak ada data-data ganda di dalam database.

2. Integritas Data Terjaga

Database dapat memastikan keakuratan, aksesbilitas, konsistensi serta kualitas tinggi pada suatu data yang telah disimpan.

3. Independensi Data Terjaga

Meskipun orang lain dapat mengakses database, namun database menjaga idependensi supaya orang lain tidak dapat merubah data tersebut.

4. Kemudahan Berbagi Data

Database dapat dibagikan ke sesama pengguna menggunakan software atau perangkat lunak.

5. Menjaga Keamanan Data

Keaman akan informasi dan data terjamin dalam database, sebab kita bisa menyisipkan suatu kode akses data-data tertentu agar tidak dapat diakses orang lain.

6. Kemudahan Akses Data

Karena semua data terorganisir, kita bisa dengan mudah mendapatkan dan mengakses data di database.

 

Tipe-Tipe Database

Terdapat beberapa tibe dari database, antaralain :

  1. Relational Database, merupakan database yang paling umum dan sering digunakan dan merupakan standar komputansi bisnis.
  2. Analytical Database, merupakan database yang digunakan untuk menyimpan informasi dan data yang di ambil dari eksternal database.
  3. External Database, merupakan database yang menyediakan akses luar (eksternal), dan data pribadi online.
  4. Distributed Database, merupakan kelompok kerja lokal database dan departemen di berbagai kantor dan lokasi kerja lainnya.
  5. Data Warehouse, merupakan tempat penyimpanan data dari tahun-tahun sebelumnya hingga saat ini.
  6. End-user Database, merupakan database yang terdiri dari file-file data yang dikembangkan dari end-user dalam workstation
  7. Real Time Database, merupakan sistem pengolahan yang dirancang dalam beban kerja yang bisa berubah-ubah dan tidak berpengaruh pada waktu.
  8. Oriented Database, merupakan salah satu program komputer yang dirangkaiuntuk sebuah aplikasi yang berorientasi pada dokumen.
  9. In Memory Database, database yang bergantung pada memori untuk menyimpan sebuah data dalam komputer.
  10. Navigational Database, disini queries menjumpai benda bagi yang mengikuti referensi dari objek tertentu.
  11. Hypermedia Database on the Web, sekumpulan halaman multimedia yang saling berkaitan dalam ssebuah situs web
Baca Juga :  Gambar Vektor : Pengertian, Kelebihan, Kekurangan

 

Struktur Data Database Pada Table

  • Database File, file utama meliputi keseluruhan basis data dan disimpan ke media penyimpanan (hardisk)
  • Table, kumpulan data spesifik, terdapat berbagai macam field dan record.
  • Field, kategori (kolom) yang ada dalam sebuah table yang memiliki data type berbeda-beda.
  • Datatype, properti dari setiap field yang terdiri dari alfanumerik, numerik, date, suara dan gambar.

 

Jenis-Jenis Software Database

1. Microsoft Access

Software ini cocok digunakan untuk sebagian besar komputer yang rasional, selain itu apabila kamu menjalankan bisnis rumahan, kamu dapat menggunakan sistem database ini karena sangat ringan dan format datanya sangat umum sehingga mudah dibaca.

2. Oracle

Perangkat lunak ini mampu menyimpan data dengan ukuran maksimum hingga tera byte. Software ini sering digunakan di sebagian besar perusahaan.

3. Ms SQL Server

Merupakan software manajemen basis data yang umum digunakan pada Microsoft, yang mana tipe data yang digunakan juga cukup banyak sehingga sangat efektif untuk digunakan.

4. MySQL

Merupakan perangkat lunak database yang open access untuk umum dan kompatibel pada sistem operasi windows dan linux.

5. Firebird

Firebird memiliki fitur yang standar dan ringan, dan kompatibel untuk digunakan pada sistem operasi windows, linux dan unix.

6. Postgre SQL

Merupakan software database open source dan sangat direkomendasikan untuk digunakan dalam pekerjaan pribadi, karena software ini menggunakan bahasa pemrograman C, C++, SQL, PHP dan lain sebagainya.

 

Demikianlah artikel mengenai Database : Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Contohnya. Saya harap artikel ini bisa membantu teman-teman dosenpintar.co.id dalam mencari jawaban, serta menamabah ilmu dan wawasannya. Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.

Baca Juga :  Flowchart adalah - Pengertian, Jenis, Simbol, Contoh

 

Related posts: