Demokrasi : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis Demokrasi

Posted on

Pengertian Demokrasi – Apa kabar para pembaca dosenpintar.co.id, Semoga kalian sehat-sehat selalu ya. Beberapa hari yang lalu, kita dan seluruh rakyat Indonesia telah merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74. Nah, berbicara tentang kemerdekaan tentunya tak lepas dari kata demokrasi. Maka pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Pengertian Demokrasi: Sejarah, Ciri-Ciri, Prinsip, dan Jenis Demokrasi, yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Demokrasi

Pengertian Demokrasi Secara Umum

Tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan kata ‘Demokrasi’. Lantas apa sih arti dari demokrasi ini? Oke, secara umum demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan dimana semua warga negaranya memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam pengambilan sebuah keputusan yang mempengaruhi hidup mereka.

Dengan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa rakyat memiliki kekuasaan tertinggi dan berperan penting dalam mengambil sebuah keputusan (yang berdampak bagi kehidupan dirinya maupun rakyat secara keseluruhan). Sistem pemerintahan ini memberikan kesempatan pada seluruh rakyatnya untuk ikut serta dalam perumusan, pengembangan serta penetapan undang-undang.

Pengertian Demokrasi Pancasila

Pengertian Demokrasi Pancasila secara umum merupakan sesuatu paham demokrasi yang berlandaskan kepada nilai- nilai yang terdapat di dalam ideologi Pancasila, yang sumbernya berasal dari falsafah hidup bangsa Indonesia yang bersumber pada kepribadian rakyat Indonesia itu sendiri.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Adapun pengertian demokrasi menurut para ahli antaralain:

Hans Kelsen

Pengertian demokrasi menurut Hans Kelsen, yaitu sebuah pemerintahan dari rakyat dan untuk rakyat. Dimana wakil rakyat dipilih langsung oleh rakyat, dan rakyat berkeyakinan bahwa segala kepentingan dan kehendak mereka akan selalu diperhatikan dalam pemerintahan tersebut.

Baca Juga :  Pengertian Interaksi Manusia Komputer

Sidney Hook

Pengertian demokrasi menurut Sidney Hook, yaitu suatu sistem pemerintahan yang mana keputusan-keputusannya dibuat berdasarkan kesepakatan mayoritas yang diberikan oleh rakyat, baik itu keputusan langsung maupun tidak langsung.

Abraham Lincoln

Pengertian demokrasi menurut Abraham Lincol, yaitu suatu sistem pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Dimana rakyat adalah pemegang kekuasaan tertinggi dan masing-masing memiliki hak yang sama dalam mengatur kebijakan pemerintah.

John Locke

Pengertian demokrasi John Locke, yaitu sebuah bentuk negara dimana rakyat memegang kekuasan perundang-undangan.

 

Ciri-Ciri Demokrasi

Suatu negara bisa dikatakan menggunakan sistem pemerintah demokrasi apabila negara tersebut sesuai dengan karakteristik negara demokrasi. Dimana negara demokrasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Seluruh keputusan ditetapkan oleh pemerintah

Meskipun rakyat merupakan pemegang kekuasaan tertinggi, tetapi pemerintahlah yang bisa memberikan sebuah keputusan. Dimana keputusan ini bukanlah atas dasar pribadi atau kelompok, melainkan berlandaskan atas aspirasi dan kepentingan seluruh rakyatnya.

2. Menyelenggarakan Pemilu

Pemilu (pemilihan umum) adalah salah satu hal yang harus dilakukan oleh sebuah negara demokrasi.  Disinilah rakyat berperan penting karena akan menentukan nasibnya dengan memilih wakil rakyat yang akan memimpin mereka.

3. Memiliki Dewan Perwakilan Rakyat

Di Indonesia terdapat lembaga legislatif yaitu DPR, dimana DPR memiliki tugas untuk menyampaikan aspirasi rakyat kepada pemerintah.

4. Memiliki sistem partai

Negara demokrasi harus memiliki partai, karena dengan adanya partai, rakyat dapat menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah secara sah. Partai juga dapat mewakili rakyat untuk mengusung calon pemimpin (pemimpin negara maupun daerah) mereka.

 

Macam-Macam Demokrasi

  1. Demokrasi Formal, yaitu sistem demokrasi yang sangat fokus di sektor politik dan tidak mengurangi kesenjangan ekonomi sedikitpun.
  2. Demokrasi Material, yaitu sistem demokrasi yang sangat fokus di bidang ekonomi dan tidak mengurangi kesenjangan politik sedikitpun.
  3. Demokrasi Gabungan, yaitu gabungan dari sistem demokrasi formal dan material.
  4. Demokrasi Langsung, yaitu sistem demokrasi yang melibatkan rakyat secara langsung, seperti pengambilan keputusan ketika pemilu.
  5. Demokrasi Tidak Langsung, yaitu sistem demokrasi yang tidak melibatkan rakyat secara langsung di setiap pengambilan keputusan, tetapi ditetapkan oleh wakil rakyat (DPR, DPD, dan DPRD).
  6. Tujuan Demokrasi
Baca Juga :  Pengertian Retensi Beserta Contoh

Adapun tujuan dari demokrasi sendiri adalah untuk memberikan sebuah kebebasan bagi rakyat untuk dapat memilih dan mengemukakan pendapatnya, sehingga dapat menghasilkan suatu keputusan yang adil. Selain itu, demokrasi juga sangat penting untuk mencegah perselisihan antar bangsa/negara.

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Demokrasi: Sejarah, Ciri-Ciri, Prinsip, dan Jenis Demokrasi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dosenpintar. Sehat selalu dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Baca Juga :

 

Related posts: