Pengertian Deskripsi: Jenis ,Ciri-Ciri, Struktur, dan Contoh Teks Deskripsi

Posted on

Pengertian Deskripsi – Pembaca sekalian pernah apakah pernah mendengar istilah tersebut, pembahasan kali ini penulis akan menjelaskan pengertian deskripsi diperlukan agar penulis tidak melupakan pengalamannya yang dapat dibandingkan dengan pengalaman penulis lainnya serta dapat menggambarkan atau memberikan penjelasan mengenai suatu hal yang dituliskan.

pengertian deskripsi

Deskripsi adalah suatu jenis teks di mana ide utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan peristiwa atau tempat tertentu secara terperinci sehingga pembaca dapat seolah-olah merasakan secara langsung apa yang dijelaskan di dalam teks tersebut.

Ketika data yang dikumpulkan, deskripsi, analisis dan kesimpulan disajikan dalam angka maka disebut penelitian kuantitatif, Sebaliknya jika data atau keterangan serta analisis kesimpulan yang disajikan dalam deskripsi kata-kata yang disebut penelitian kualitatif.

Pengertian Deskripsi Secara Umum

Sehingga pengertian deskripsi adalah suatu bentuk karangan yang melukiskan sesuatu sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, sehingga pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar, dan merasakan apa yang digambarkan penulis.

Pengertian Deskripsi Menurut Para Ahli

  1. Menurut KKBI
    adalah suatu pemaparan, uraian atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci
  2. Henry Guntur Tarigan
    teks yang melukiskan sebuah kisah yang bertujuan untuk membuat pembaca agar dapat dengan mudah bisa memahami serta merasakan sasaran yang dibicarakan seperti suasana hati serta  aktivitas.

Jenis-Jenis Deskripsi

deskripsi dapat dibedakan dalam beberapa jenis berdasarkan isi teksnya, mengacu pada pengertian deskripsi di atas, adapun jenis-jenis deskripsi adalah sebagai berikut:

  1. Deskripsi Subjektif
    yaitu deskripsi yang dibuat berdasarkan kesan yang dimiliki oleh seorang penulis terhadap objek atau topik yang dibahas.
  2. Deskripsi Spatial
    yaitu deskripsi yang berisi penjelasan mengenai suatu objek berdasarkan data dengan referensi ruang kebumian (georeference). Misalnya benda, tempat, ruang, dan lainnya.
  3. Deskripsi Objektif
    yaitu deskripsi yang menjelaskan tentang suatu objek dengan memberikan gambaran berdasarkan keadaan objek yang sebenarnya, tanpa adanya tambahan opini dari penulis.
Baca Juga :  Terbaru! Akreditasi Universitas Terbuka (UT)

Ciri-Ciri Deskripsi

Berikut akan dijelaskan yang membedakan deskripsi dengan jenis teks lainnya, adapun ciri-ciri deskripsi adalah sebagai berikut:

  1. Pada dasarnya isi dari deskripsi terdapat penjelasan atau rincian mengenai objek  atau suasana tertentu.
  2. Mengambarkan sebenarnya mengenai suatu objek atau peristiwa secara detail sehingga pembaca s dapat melihat dan merasakannya.
  3. Mengungkapkan ciri fisik dan objek misalnya seperti bentuk, warna, ukuran serta sifat.
  4. Di dalam deskripsi terdapat kata-kata yang selalu bermakna kata sifat ataupun keadaan.

Contoh Teks Deksirpsi

Pantai Sari Ringgung

Tidak kalah dengan wisata yang ada di Pulau Bali, Lampung juga menawarkan begistu banyak pesona pantai yang memanjakan mata yakni salah satunya adalah pantai Sari Ringgung, pasirnya yang putih dan ombaknya yang tenang menjadi daya tarik utama pengunjung datang ke sini. Pemandangannya cantik bukan kepalang

Banyak wisatawan asing maupun lokal yang mengunjungi salah satu pantai favorit di lampung. Terdapat banyak fasilitas dan wahana bermain yang disediakan.Perjalanan menuju Pantai Sari Ringgung yang terletak di Desa Sidodadi Kec,  Padang Cermin Kab Pesawaran ini membutuhkan waktu sekitar satu jam dari Bandar Lampung.

Pantai Sari Ringgung yang cantik dengan hamparan pasir putih dan ombaknya yang tenang, menjadi tempat liburan favorit keluarga yang aman dan menyenangkan.

Semoga artikel Pengertian Deskripsi dapat berguna bagi para pembaca dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu serta wawasannya, jangan lupa untuk selalu untuk berekreasi untuk menghilangkan penat. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca Juga :

 

Related posts: