√ Pengertian Fiksi, Jenis, Ciri-Ciri, Fungsi, dan Contoh

Posted on

Pengertian Fiksi – Hola para pembaca setia dosenpintar.co.id kali ini saya bakal membahas artikel mengenai Pengertian Fiksi, Jenis Fiksi, Ciri-Ciri Fiksi, Fungsi, dan Contohnya. Tentu kamu sudah pernah mendengar istilah tersebut, taukah sebenarnya itu fiksi ?, tapi bagi kamu yang belum tau yuk simak artikel berikut.

Pengertian Fiksi

Pengertian Fiksi

Definisi fiksi yaitu prosa naratif yang bersifat imajinatif, namu biasanya masuk akal dan mengandung kebenaran yang mendramatiskan hubungan antar manusia, dan menyajikan problematika manusia dan kemanusiaan atau hidup dan kehidupan.

Fiksi bisa di sajikan dalam beragam format mulai dari tulisan, pertunjukan langsung, film, acara tv, animasi maupun video game.

Pengertian Fiksi Menurut Para Ahli

Adapun pengertian fiksi menurut beberapa para ahli adalah sebagai berikut:

KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian fiksi adalah (1) cerita rekaan seperti roman, novel, dan sebagainya. (2) rekaan,  khayalan, tidak berdasarkan kenyataan. (3) pernyataan yang hanya berdasarkan khayalan atau pikiran.

Rocky Gerung

Menurut Rocky Gerung fiksi merupakan energi yang dihubungkan dengan telos(berasal dari kata Yunani yang artinya “akhir”,”tujuan” dan “sasaran”), dan itu sifatnya fiksi. Kalau di agama fiksi adalah keyakinan, sedangkan dalam literatur fiksi adalah energi untuk mengaktifkan imajinasi.

Henry Guntur Taringan

Pengertian fiksi menurut Henry Guntur Taringan yaitu sebuah karya sastra berasal dari hasil imajinatif si penulis.

Semi

Pengertian fiksi menurut Semi yaitu suatu jenis narasi literer serta berupa rekaan/khayalan pengarang tanpa memperdulikan realitasnya.

Baca Juga :  Contoh SOP Perusahaan

Krismarsanti

Pengertian fiksi menurut Krismarsanti yaitu suatu karangan yang berisi kisah atau cerita yang dibuat berdasarkan khayalan/imajinasi pengarang.

 

Jenis-Jenis Fiksi

Adapun jenis-jenis fiksi antaralain sebagai berikut:

  1. Novel, Novel merupakan suatu karangan fiksi yang menceritakan mengenai seorang tokoh utama dengan pro kontra di dalam ceritanya, mulai dari awal sampai pada akhir cerita.
  2. Roman, Roman merupakan suatu karya fiksi yang menceritakan tentang beberapa tokoh dalam alur ceritanya. Karya ini mengandung banyak hikmah yang cenderung mengarah pada cerita klasik.
  3. Cerpen, Cerpen meruapakan suatu karangan fiksi yang ceritanya jauh lebih sedikit daripada roman apalagi novel. Namun cerpen memiliki daya tariknya sendiri karena sebagai pembelajaran awal para penulis dalam membuat karya tulisnya.

 

Ciri-Ciri Fiksi

Kita dapa mengenali fiksi dari karakteristiknya, antaralain :

  • Fiksi sifatnya rekaan atau hanya imajinasi si pengarang/penulis.
  • Dalam sebuah fiksi terdapat kebenaran yang relatif atau tidak mutlak.
  • Fiksi menggunakan bahasa konotatif atau bukan sebenarnya.
  • Karya fiksi tidak memiliki sistematika yang baku.
  • Fiksi lebih ke arah emosi atau perasaan pembaca, bukan logika.
  • Terdapat pesan moral atau amanat tertentu.

 

Fungsi Fiksi

Fungsi fiksi antaralain:

  1. Untuk mengembangkan dan memperbanyak nilai praktis, normatis dan estetis.
  2. Sebagai media untuk menularkan pikiran kreatif dan kebijakan pengarang kepada para pembaca.
  3. Fiski pada dasarnya merangsang pembaca dalam mengenali, menghayati, menganalisis, dan merumuskan nilai-nilai kemanusiaan.

 

Contoh Cerita Fiksi

1. Contoh Fiksi Roman

Karya sastra Roman ada banyak jenisnya, seperti Roman Petualangan, Roman Psikologis, Roman Percintaan, dan lain-lain. Berikut contoh karya sastra berbentuk roman:

  • Si Dul Anak Jakarta
  • Neraka Dunia
  • Gadis Empat Zaman

2. Contoh Fiksi Cerpen

Karya sastra cerpen sering kita jumpai di media cetak Indonesia, seperti koran dan majalah. Berikut adalah contoh judul cerpen:

  • Cinta Tak Kunjung Tiba
  • Oh Mama Oh Jak Doo
Baca Juga :  √ Pengertian Konsumsi : Tabungan, Investasi dan Hubungannya

3. Contoh Fiksi Novel

Karya sastra berbentuk novel sangat mudah ditemukan di toko buku. Berikut adalah contoh novel :

  • Dilan 1991
  • Ada Apa Dengan Cinta
  • Tenggelamnya Kapal Vander Wick
  • Ketika Cinta Bertasbih

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Fiksi, Jenis, Ciri-Ciri, Fungsi, dan Contoh Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca sekalian untuk menambah ilmu serta wawasannya. Terimakasih atas waktunya, sampai jumpa di artikel-artikel lainnya.

 

Baca Juga :

Related posts: