Pengertian Globalisasi

Posted on

Pengertian Globalisasi – Halo sobat semua, kali ini dosenpintar.co.id bakal membahas artikel mengenai pengertian globalisasi menurut para ahli, dampak, faktor dan contoh globalisasi secara lengkap dengan penjelasannya. Yuk langsung aja sobat simak artikelnya di bawah ini.

pengertian globalisasi
 

Pengertian Globalisasi

Pengertian era globalisasi secara sederhana dapat dipahami sebagai era dimana kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan alat transportasi yang mendorong kehidupan manusia menjadi tanpa batasan. Baik menyangkut batasan geografis ataupun batasan budaya. Contoh globalisasi dalam bentuk sederhana adalah kita dapat dengan mudah mengetahui informasi apa yang sedang terjadi dibelahan bumi lain.
 

Pengertian Globalisasi Menurut Ahli

Sedangkan menurut beberapa ahli pengertian globalisasi antaralain:

  • Menurut L. Nyeman

    Menurut Princeton N. Lyman globalisasi secara umum diartikan sebagai pertumbuhan yang cepat atas keterhubungan dan ketergantungan antara negara-negara yang ada di dunia dalam hal keuangan dan perdagangan.

  • Menurut Scholte

    Sedangkan menurut Scholte globalisasi merupakan suatu perkembangan hubungan internasional. Dimana seluruh negara tentunya akan mempertahankan identitas mereka masing-masing. Namun, hal ini tetap menjadi ketergantungan antara yang satu dengan yang lainnya.

  • Menurut Tom G. Palmer

    Adapun menurut beliau, globalisasi merupakan penyusutan atau penghapusan negara-negara, dengan diberlakukan pembatasan pertukaran lintas batas dan sistem global yang semakin terintegrasi dan kompleks produksi dan pertukaran yang telah muncul sebagai akibat dari globalisasi itu sendiri.

 

Ciri-Ciri Globalisasi

  1. Perubahan Konsep
    Era globalisasi membuat berubahnya konsep antara ruang dan waktu, sehingga setiap orang akan mudah mengakses apapun yang mereka inginkan hanya menggunakan teknologi.
  2. Pasar Dan Produksi
    Setiap negara akan saling bergantung satu sama lainnya. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan perdagangan internasional. Organisasi semacam WTO juga mempengaruhi perilaku pasar dan produksi.
  3. Peningkatan Interaksi
    Interaksi antar masyarakat di belahan dunia akan semakin mudah terjalin. Hal ini tak lain karena munculnya berbagai macam sosial media.
  4. Menularnya Kebudayaan
    Informasi yang mudah diperoleh menyebabkan pertukaran kebudayaan semakin mudah didapatkan. Misalnya melalui film, musik ataupun fashion.
  5. Timbulnya Masalah Bersama
    Karena kompleksnya jalan perekonomian dan perdagangan, hal ini juga memicu timbulnya masalah dari berbagai negara. Misalnya inflasiregional, masalah lingkungan hidup dan sebagainya.

 

Faktor Penyebab Globalisasi

  1. Perkembangan Teknologi dan Informasi
    Perkembangan dalam teknologi informasi dan komunikasi memberikan dampak pada ransaksi keuangan yang terjadi di seluruh Negara.Selama beberapa waktu terakhir terdapat banyak sekali perkembangan dalam bidang teknologi yang berkaitan langsung dengan transaksi keuangan yang bisa memudahkan kita untuk bertransaksi tidak hanya di Negara sendiri melainkan di Negara lain.
  2. Banyaknya Kerja Sama Internasional
    Banyak kerja sama internasional memudahkan terjadinya transaksi keuangan yang dilakukan oleh berbagai Negara. Sehingga melalui sektor ekonomi inilah yang membuat banyaknya produk dari luar negeri masuk ke dalam negeri dan sebaliknya.
  3. Kemudahan Transportasi
    Sistem transportasi yang semakin maju menyebabkan masyarakat mudah dalam bepergian ataupun mengirimkan barang meski terpisah jarak yang sangat jauh.
  4. Ekonomi Terbuka
    Globalisasi dapat terjadi karena Negara-negara di belahan dunia mulai terbuka dalam bidang ekonomi, sehingga terjadilah perdagangan-perdagangan global yang menyebabkan berbagai macam produk saling bertukar dari satu tempat ke tempat yang lain.

 

Dampak Globalisasi

Dampak yang ditimbulkan dari adanya globalisasi antaralain :

Dampak Positif Globalisasi

  • Kemudahan memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan
  • Kehidupan sosial ekonomi yang meningkat
  • Kemajuan dalam bidang teknologi, komunikasi, transportasi dan informasi yang memudahkan manusia.

Dampak Negatif Globalisasi

  • Gampangnya budaya barat masuk dan mempengaruhi nilai-nilai budaya lokal.
  • Lunturnya nilai-nilai kebudayaan seperti gotong royong dan lain sebagainya.
  • Rusaknya lingkungan dan meningkatnya polusi udara
  • Maraknya penyelundupan barang-barang ilegal maupun terlarang

 

Contoh Globalisasi

Berikut ini adalah contoh dari adanya era globalisasi, yaitu :

  1. Banyak produk asing yang beredar di Indonesia
  2. Banyak pasar swalayan dan minimarket
  3. Pergantian tenaga manusia dengan tenaga mesin
  4. Meningkatnya penggunaan gadget
  5. Jual beli online yang semakin meningkat
  6. Persebaran informasi sangat cepat
  7. Masuknya ideologi-ideologi asing
  8. Terjadi pertukaran budaya internasional
  9. Banyak bahasa asing yang dipelajari di Indonesia
  10. Teknologi terbaru bisa di akses semua orang

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai Pengertian Globalisasi. Semoga artikel yang kami tulis diatas bisa membantu dan bermanfaat bagi sobat semua. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel lainnya.

 

 

Related posts:
Baca Juga :  √Peristiwa Besar Yang Mengisi Lahirnya Sosiologi : Revolusi Politik, Ekonomi