Pengertian Ilmu – Menurut Para Ahli, Ciri dan Fungsi

Posted on

Pengertian Ilmu – Halo sobat setia dosenpintar.co.id pada kesempatan kali ini kita akan membahas artikel mengenai pengertian ilmu, baik menurut para ahli, menurut islam, beserta perbedaan ilmu dan pengetahuan berikut ulasan lengkapnya. Untuk lebih jelasnya yuk silahkan sobat simak artikel dibawah ini.

pengertian ilmu
 

Pengertian Ilmu Secara Umum

Secara umum ilmu merupakan usaha-usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan di lingkungan manusia.
 

Pengertian Ilmu Menurut Asal kata

Istilah ilmu berasal dari bahasa arab yaitu ‘alima yang memiliki arti mengetahui atau perbuatan dengan tujuan untuk mengetahui segala sesuatu. Sedangkan ilmu menurut bahasa latin yakni science memiliki makna pengetahuan, mengetahui atau memahami.
 

Pengertian Ilmu Menurut Islam

Menurut agama Islam ilmu memang mengandung arti pengetahuan, tapi pengetahuan dengan ciri-ciri khusus yaitu yang tersusun secara sistematis yaitupengetahuan yang didapat dengan jalan keterangan dapat disebut dengan ilmu.
 

Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli

Adapun menurut para ahli ilmu didefinisikan antaralain sebagai berikut :

  • Menurut KBBI

    Ilmu menurut KKBI memiliki arti suatu bidang yang disusun secara sistematis menurut metode yang ilmiah yang dapat digunakan untuk menjelaskan dan menerangkan kondisi tertentu dalam bidang pengetahuan.

  • Menurut The Liang Gie

    Ilmu menurut Liang Gie merupakan rangkaian kegiatan manusia yang rasional dan kognitif dengan metode berupa macam-macam prosedur dan susunan langkah yang kemudian akan menghasilkan kumpulan pengetahuan yang sistematis mengenai berbagai gejala kealaman, kemasyarakatan atau individu untuk tujuan mencapai kebenaran yang sebar-benarnya, mendapatkan pemahaman dan memberikan penjelasan atau melakukan penerapan.

  • Menurut Mohammad Hatta

    Ilmu merupakan pengetahuan mengatur tentang suatu pekerjaan umum, karena akibat dalam suatu kelompok masalah yang sifatnya sama baik dilihat dari kedudukannya ataupun hubungannya yang tampak dari luar, maupun dalam.

  • Menurut Minto Rahayu

    Ilmu menurut Minto Rahayu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum.

  • Menurut Harold H.titus

    Ilmu diartikan sebagai common science yang diatur serta diorganisasikan dengan mengadakan pendekatan terhadap benda atau peristiwa dengan menggunakan cara atau metode observasi yang teliti serta kritis.

  • Menurut NS. Asmadi

    Ilmu adalah suatu sekumpulan pengetahuan yang padat dan proses mengetahuai melalui penyeledikan yang sistematis dan terkendali.

  • Menurut Dr. H. Ali As’ad

    Ilmu adalah sebuah sifat yang apabila dimiliki seseorang maka akan menjadi jelas mengenai apa yang terlintas di dalam pengertiannya

  • Menurut Nazir

    Ilmu adalah suatu pengetahuan yang memiliki sifat umum serta sistematis, pengetahuan dari mana dapat disimpulkan dalil-dalil tertentu menurut kaidah-kaidah umum.

  • Menurut Popper

    Ilmu adalah tetap dalam keseluruhan dan hanya mungkin direorganisasi.

  • Menurut Prof. DR. A. Baiquni

    Ilmu (Science) merupakan general consensus dari masyarakat yang terdiri dari scientist.

  • Menurut Ralph Ross & Ernest Van Den Haag

    Ilmu memiliki bentuk yang empiris, rasional, umum dan sistematik, dan yang dimana keempatnya itu serentak

  • Menurut DR. H.M. Gade

    Ilmu merupakan hasil dari sebuah pemikiran mengenai batas-batas kemungkinan pengetahuan pada manusia.

 

Perbedaan Ilmu dengan Pengetahuan

  • Ilmu
    Ilmu merupakan sebuah bentuk dari rangkuman dari beragam macam bentuk dari pengetahuan yang dimana terbentuk atas beragam macam teori yang telah dilakukan kesepakatan dan juga akan dapat dilakukan dengan cara yang sistematik dan dilakukan pengujian dari sebuah perangkat metode yang dimana telah diakui  kedalam sebuah bidang ilmu tertentu.
  • Pengetahuan
    Pengetahuan merupakan sebuah informasi yang dimana disadari dari seorang manusia. Kemudian pengetahuan akan termasuk yang dimana tidak akan dibatasi dari sebuah deskripsi, hipotesis, hingga konsep maupun teori.Pengetahuan sendiri merupakan sebuah bentuk dari gejala yang dimana akan didapatkan oleh manusia dari sebuah pengamatan

 

Demikianlah artikel lengkap mengenai pengertian ilmu. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi sobat dosenpintar.co.id. Dan sampai ketemu lagi di artikel-artikel berikutnya.

 

Related posts:
Baca Juga :  √ Langkah-Langkah Dalam Metode Ilmiah