Implementasi : Pengertian, Tujuan dan Contoh

Posted on

Pengertian Implementasi – Halo teman-teman dosenpintar.co.id. Pada kesempatan kemarin, kita telah membahas tentang Integritas : Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Contohnya. Dan pada kesempatan kali ini, kita akan membahas artikel mengenai  Pengertian Implementasi, Tujuan Implementasi dan Contohnya. Langsung aja yuk simak artikel dibawah ini.

Pengertian Implementasi

Pengertian Implementasi

Kamu pasti sering mendengar kata implementasi baik lewat televisi maupun internet. Kata implementasi sebenarnya tidak hanya dipergunakan untuk konteks formal saja, kata implementasi juga bisa digunakan dalam bahasa sehari-hari.

Lantas apa sih pengertian implementasi? Kata implementasi sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu “To Implement” yang berarti mengimplementasikan. Yang mana implementasi sendiri diartikan sebagai sebuah tindakan untuk melaksanakan rencana atau ide yang telah dibuat dan disusun sebelumnya secara rapi, cermat, dan rinci.

Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli

Adapun para ahli mengatakan pendapatnya tentang pengertian implementasi, dimana pengertiannya adalah sebagai berikut:

1. Prof Tachjan

Definisi atau pengertian implementasi menurut Prof Tachjan yaitu proses kegiatan atau aktivitas tercatat yang dikerjakan mengikuti ketetapan atau kebijakan yang telah diputuskan sebelumnya.

2. Hanifah Harsono

Menurut Hanifah Harsono pengertian dari implemenatsi adalah suatu proses yang dilakukan untuk melaksanakan kebijakan menjadi tindakan kebijakan dari politik ke dalam administrasi.

3. Nurdin Usman

Definiai atau pengertian implementasi menurut Nurdin Usman yaitu suatu problem yang berakhir pada sebuah tindakan karena adanya sistematika dalam sebuah peraturan, demi terciptanya cita-cita atau tujuan tertentu.

4. Presman dan Wildavsky

Sedangkan pengertian implementasi menurut Presman dan Wildavsky adalah menyelesaikan, memenuhi, melaksanakan, memproduksi, serta menyelesaikan sebuah kebijakan.

Baca Juga :  √Pengertian Biologi dan Tingkat Objek Yang Dipelajari

 

Tujuan Implementasi

Setelah sebuah sistem diciptakan melalui tahapan dan proses yang panjang, sistem ini membutuhkan proses implementasi dengan tujuan agar sistem ini terjamin tanpa kendala fatal yang timbul ketika pengguna memakai sistem tersebut. Adapun tujuan dari adanya proses implementasi adalah sebagai berikut :

  1. Untuk menciptakan rancangan ketetapan sambil menganalisa dan meneliti. Proses implementasi dibutuhkan untuk menganalisa dan mengamati sebuah rancangan sistem, supaya sistem akan lebih tepat guna.
  2. Membuat sebuah uji coba untuk peraturan yang akan ditetapkan. Tahap uji coba ini berguna untuk melihat bagaimana sistem terintegrasi pada penggunanya.
  3. Untuk menyempurnakan sistem yang telah disetujui. Untuk menambah kisi-kisi dalam rancangan sistem, implementasi sangatlah dibutuhkan, dengan harapan muncul sebuah petunjuk baru yang lebih bermanfaat terhadap sistem yang akan diterapkan.
  4. Untuk memprediksi kebutuhan pengguna terkait sistem yang ingin diterapkan. Jika sebuah sistem diterapkan tanpa adanya implementasi, ada kemungkinan timbul sebuah gesekan jika ternyata sistem tersebut kurang sesuai.

 

Contoh Implementasi

Dalam penjelasan diatas, dikatakan bahwa implementasi merupakan bentuk kata kerja. Yang mana kata tersebut jika digabungkan dengan kata lainnya akan memiliki sebuah makna, misalnya implementasi sistem yang berarti proses penerapan sebuah sistem. Adapun contoh implementasi dengan digabungkan kosakata lainnya adalah sebagai berikut:

1. Implementasi nilai-nilai pancasila

Pancasila merupakan dasar negara Republik Indonesia. Dimana pancasila memiliki lima prinsip dasar yang dijadikan pedoman hidup manusia. Kelima prinsip dasar tersebut adalah :

  1. Sila pertama. Artinya setiap warga negara memiliki hak untuk menganut agama dan kepercayaannya masing-masing tanpa mendapat paksaan dari siapapun.
  2. Sila kedua. Artinya semua warga negara Indonesia memiliki kesamaan hak dan derajat.
  3. Sila ketiga. Artinya kita harus menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, walaupun Indonesia memiliki ragam-ragam suku, budaya, agama maupun ras.
  4. Sila keempat. Artinya setiap keputusan yang diambil, hendaknya melalui proses musyawarah untuk mewadahi semua aspirasi yang dimiliki setiap orang.
  5. Sila kelima. Demi menciptakan keadilan sosial dalam kehidupan masyarakat, masyarakat Indonesia harus menjunjung tinggi persamaan hak dan kewajiban.
Baca Juga :  Pengertian Administrasi, Unsur, Jenis dan Fungsi

2. Implementasi kebijakan publik

Kebijakan publik merupakan sebuah peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah terkait dengan permasalahan umum, misalnya kesehatan dan pendidikan. Berikut adalah contoh implementasi kebijakan publik:

  • Perusahaan yang mempekerjakan seorang karyawan harus memfasilitasinya dengan fasilitas BPJS yang diterbitkan oleh pemerintah.
  • Pemberian obat generik pada pasien yang kurang mampu.
  • Pemberian kartu KIS bagi keluarga pra sejahtera.

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Implementasi. Semoga artikel tersebut bisa membantu para pembaca dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu serta wawasannya. Sampai ketemu lagi di artikel lainnya.

 

Related posts: