Implikasi : Pengertian, Jenis dan Contoh

Posted on

Pengertian Implikasi – Halo para pembaca setia dosenpintar.co.id. Di artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Pengertian implementasi, maka pada kesempatan kali ini, kita akan membahas artikel berikutnya yaitu tentang Implikasi : Pengertian, Jenis dan Contohnya. Langsung aja simak artikel berikut.

Pengertian Implikasi

Pengertian Implikasi Secara Umum

Kebanyakan orang tentunya masih awam dengan kata implikasi, sebab kata ini jarang digunakan dalam obrolan sehari-hari. Sebab kata implikasi hanya digunakan di dalam dunia penelitian atau yang berhubungan dengan kajian mengenai sesuatu.

Meskipun demikian, sebenarnya makna dari implikasi ini sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya masyarakat sering mengaitkan istilah implikasi dengan akibat atau dampak dari sesuatu.

Sementara pengertian implikasi adalah efek yang didapatkan ketika objek diberikan suatu perlakuan dengan sengaja maupun tidak sengaja. Yang mana efek ini dapat dilihat dalam jangka waktu tertentu. Atau pengertian lain menyebutkan implikasi diartikan sebagai keterlibatan, yang termasuk atau terlibat tapi tidak dinyatakan secara jelas(tersirat).

Pengertian Implikasi Menurut Para Ahli

Sedangkan para ahli mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian implikasi. Antaralain sebagai berikut :

Menurut Islamy

Pengertian implikasi menurut Islamy yaitu segala sesuatu yang telah dihasilkan dengan adanya sebuah proses perumusan kebijakan. Atau diartikan sebagai akibat dan konsekuensi yang timbul dengan dilaksanakannya kebijakan atau kegiatan tertentu.

Menurut Winarno

Sedangkan menurut Winarno, terdapat lima dimensi yang harus dibahas dalam memperhitungkan implikasi dari sebuah kebijakan. Kelima dimensi tersebut antara lain :

  • Implikasi kebijakan pada masalah-masalah publik dan orang-orang yang terlibat.
  • Kebijakan mungkin memiliki implikasi pada keadaan-keadaan atau kelompok-kelompok diluar tujuan kebijakan.
  • Kebijakan mungkin memiliki implikasi pada keadaan-keadaan sekarang dan yang akan datang.
  • Evaluasi menyangkut biaya yang dikeluarkan untuk program-program kebijakan publik.
  • Biaya-biaya tidak langsung yang ditanggung masyarakat akibat adanya kebijakan publik.
Baca Juga :  Otonomi Daerah : Pengertian, Tujuan, Prinsip dan Dasar Hukum

Menurut Silalahi

Adapun menurut Silalahi, pengertian implikasi adalah akibat yang timbul dari adanya penerapan suatu program atau kebijakan yang dapat berdampak baik atau buruk terhadap pihak-pihak yang menjadi sasaran pelaksanaan program/kebijakan tersebut.

Jenis Implikasi

Adapun jenis-jenis dari implikasi adalah sebagai berikut:

  • Teoritis

    Jenis ini bertujuan untuk mendukung dan menyakinkan penguji mengenai konstribusi terhadap ilmu pengetahuan dalam teori-teori yang digunakan untuk memecahkan masalah dari sebuah penelitian.

  • Manajerial

    Jenis ini berfungsi untuk mengulas/membahas mengenai kesimpulan atau hasil akhir dari penelitian. Kesimpulan tersebut harus diperoleh berdasarkan kebijakan yang diterapkan dalam metode penelitian. Yang mana kebijakan tersebut diperoleh melalui proses pengambilan keputusan yang bersifat menyeluruh dan partsifatif dari seluruh anggota peneliti dengan cara manajerial yang tepat.

  • Metodologi

    Jenis yang ketiga ini bersifat optional dan menyajikan refleksi penulis mengenai metodologi yang digunakan dalam penelitian, misalnya dalam bagian ini dapat disajikan penjelasan mengenai bagian-bagian metode penelitian mana yang telah dilakukan dengan sangat baik dan bagian mana yang terbilang sulit serta prosedur mana yang sudah dikembangkan untuk mengatasi kesulitan tersebut.

 

Contoh Implikasi

Berikut sebuah contoh implikasi dalam sebuah penelitian.

Ada seorang peneliti yang ingin membuktikan bagaimana reaksi seekor kucing ketika dipertemukan dengan kucing lainnya yang terisolasi. Dalam kasus ini kita dapat menerapkan jenis Teoritis yaitu reaksi kucing tersebut awalnya akan ketakutan karena menganggap kucing lain asing.

Sementara menggunakan implikasi manajerial, maka si peneliti harus bisa memperhatikan etik ketika melakukan isolasi terhadap kucing tersebut. Kucing tersebut harus diberi makan dan minum yang mencukupi serta ruangan yang bisa dimasuki udara. Selain itu peneliti juga harus mencari keterkaitan atau akibat yang akan terjadi terhadap hasil penelitiannya.

Terakhir implikasi metodologi, peneliti melaksanakan penelitiannya dan dapat menyimpulkan hasilnya.

 

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Implikasi beserta Jenis dan Contohnya. Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu serta wawasannya. Sampai jumpa di artikel-artikel lainnya.

 

Related posts: