Independen : Pengertian, Kelebihan, Konsep Ciri dan Contoh

Posted on

Pengertian Independen – Halo para pembaca setian dosenpintar.co.id, kali ini kita akan membahas artikel mengenai Pengertian Independen beserta ulasan lengkapnya. pastinya temen-temen sudah pernah atau sering mendengar istilah ini. Dan untuk temen-temen yang belum tau pengertiannya, langsung simak aja yuk artikel berikut.

Pengertian Independen
 

Pengertian Independen

Sebenarnya apa sih Independen itu? Independen didefinisikan sebagai sikap yang netral atau tidak berpihak pada salah satu kubu, punya kekuasaan sendiri, merdeka, dan tidak di kontrol oleh pihak lain.

Kata Independen berasal dari bahasa Inggris Independent, yang artinya merdeka, tidak bergantung pada orang lain, berdaulat. Suatu negara disebut independen jika jika negara tersebut dapat dapat berdiri sendiri tanpa bergantung pada negara lain.

Sementara, dalam bidang politik apabila seseorang dinamakan sebagai seorang yang independen maka ia tidak berafiliasi atau tidak bergantung dengan partai manapun atau pada orang lain.
 

Ciri-Ciri Independen

Seseorang, lembaga atau negara bisa dikatakan Independen apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Memiliki kecerdasan diatas rata-rata dan memiliki sumber daya yang cukup.
  • Suka melakukan segala sesuatunya sendiri karena menganggap dirinya mampu melakukannya tanpa bantuan orang lain.
  • Memiliki pendirian teguh dan tidak mudah terpengaruh oleh orang lain.
  • Suka berteman dengan orang-orang yang sepemikiran dengan mereka.
  • Pintar berbicara dan mempengaruhi orang lain.
  • Memiliki kemampuan dalam mengatasi masalah/tantangan hidup dan sabar menghadapinya.
  • Memiliki empati yang tinggi terhadap orang lain.
  • Berani menyampaikan pendapatnya kepada orang banyak.
Baca Juga :  Translate Bahasa Sunda

 

Faktor Yang Mempengaruhi Independen

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang menjadi independen adalah sebagai berikut :

  • Faktor Usia

    Faktor usia menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kemandirian seseorang, karena semakin bertambahnya usia maka seseorang akan semakin mandiri dan tidak memerlukan bantuan orang lain.

  • Faktor Gender

    Pastinya seorang pria memiliki keinginan yang lebih besar untuk hidup mandiri dibandingkan wanita. Tingginya tingkat independen pria tak luput dari tugas mereka sebagai tulang punggung keluarga. Walaupun begitu, sekarang sudah banyak wanita yang mandiri dan tak bergantung pada orang lain.

  • Faktor Konsep Diri

    Perilaku serta tindakan seseorang sangat dipengaruhi oleh perasaan dan pikirannya. Individu yang memandang dirinya dengan positif akan memiliki hidup yang mandiri dan tidak mau bergantung pada orang lain.

  • Faktor Pendidikan

    Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang maka semakin besar pula keinginannya untuk berkembang dan mandiri. Karena dengan pengetahuan yang dimiliki biasanya seseorang akan selalu mencoba hal-hal baru dan berusaha mewujudkan impiannya tanpa bantuan orang lain.

  • Faktor Keluarga

    Kepribadian dan kemandirian dari seroang anak terbentuk melalui lingkungan keluarga, karena itu faktor keluarga mempengaruhi seseorang untuk memiliki sifat mandiri.

  • Faktor Lingkungan Sosial

    Tak hanya dalam lingukang keluarga saja, di lingkungan sosial pun mempengaruhi pembentukan kemandirian seseorang, seperti interaksi sosial dan cara menghadapi masalah hidup pada akhirnya membentuk karakter seseorang menjadi mandiri atau independen.

 

Pertimbangan Independen

Pertimbangan independen merupakan suatu cara pandang atau penyelesaian masalah dengan mengesampingkan kepentingan pribadi dan menghindari benturan kepentingan.

Misi Komisaris Independen

Komisaris independen memiliki misi yaitu agar tercipta suatu iklim yang lebih objektif dan menempatkan kesetaraan diantara berbagai kepentingan perusahaan dan kepentingan stakeholder sebagai prinsip utama dalam pengambilan keputusan oleh Dewan Komisaris.

Komisaris independen harus mendorong diterapkannya prinsip dan praktek tata kelola perusahaan yang baik ( Good Corporate Governance) pada perusahaan di Indonesia.

Tanggung Jawab Komisaris Independen

Dalam upaya untuk melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik maka Komisaris Independen harus secara pro aktif mengupayakan agar Dewan Komisais melakukan pengawasan dan memberikan nasehat kepada Direksi yang terkait, namun tidak terbatas pada hal-hal sebagai berikut :

  1. Untuk memastikan agar perusahaan memiliki strategi bisnis yang efektif, termasuk di dalamnya memantau jadwal, anggaran dan efektivitas strategi tersebut.
  2. Memastikan bahwa perusahaan mengangkat eksekutif dan manajer-manajer profesional.
  3. Untuk dapat memastikan bahwa perusahaan mepunyai informasi, sistem pengendalian, serta sistem audit yang bekerja dengan baik.
  4. Memastikan bahwa perusahaan mematuhi hukum dan perundangan yang berlaku maupn nilai-nilai yang ditetapkan perusahaan dalam menjalankan operasinya.
  5. Untuk memastikan resiko serta potensi krisis selalu diidentifikasikan dan dikelola dengan baik.
  6. Memastikan prinsip-prinsip dan praktek Good Corporate Governance dipatuhi dna diterapkan dengan baik.

 

Sifat Independen

Adapun sifat independen adalah sebagai berikut :

  • Teguh dalam pendirian.
  • Lebih suka mengerjakan sesuatu sendiri karena merasa dirinya mampu tanpa bantuan orang lain.
  • Memiliki kecerdasan diatas rata-rata dan mampu berpikir logis.
  • Dapat mempengaruhi banyak orang.
  • Memiliki sedikit teman.
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.
  • Pemimpin yang baik.
  • Sosok yang sabar dalam segala hal.
  • Dapat menjadi motivator yang hebat.

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Independen beserta ulasan lengkapnya. Saya harap artikel diatas dapat membantu teman-teman dalam menemukan jawaban serta menambah ilmu dan wawasannya. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya.

 

Related posts: