Pengertian Indikator, Jenis dan Contohnya

Posted on

Pengertian Indikator – Apa itu indikator ? pertanyaan ini mungkin pernah muncul dalam materi atau tema pelajaran dan pasti anda sudah banyak yang mendengar istilah indikator, seorang siswa bisa dikatakan lulus apabila materi sudah bisa mencapai indikator – indikator yang sudah tentukan, kali ini kita akan membahas pengertian indikator, jenis-jenis indikator beserta contoh indikator.

pengertian indikator

Dalam mengajarkan bab atau tema pelajaran pengajar diharapkan bisa melakukan penilaian secara berkesinambungan agar mengetahui peserta didik sudah mencapai indikator yang sudah ditetapkan,  dalam lingkungan pendidikan pembelajaran indikator adalah akan selalu ditemukan saat akan memulai bab baru dalam materi tertentu. Berikut penjelasan mengenai pengertian indikator secara umum.

Indikator adalah ukuran dari suatu kondisi tidak langsung yag sudah atau telah telah terjadi

Faktor dalam menentukan indikator adalah karakteristik dari mata pelajaran tertentu, contohnya pelajaran bahasa yang pastinya memiliki karakteristik berbeda dengan mata pelajaran eksak seperti pelajaran matematika, pelajaran fisika, pelajaran kimia dan lain sebagainya. Berikut pengertian indikator menurut para pakar.

Pengertian Indikator Menurut Para Ahli :

  1. Menurut Darwin Syah
    menurut darwin indikator adalah ciri-ciri atau tanda yang merujuk bahwa peserta didik yang telah berhasil memenuhi standard kompetensi pendidikan yang berlaku dan telah ditetapkan
  2. Menurut WHO
    indikator merupakan sebuah  variabel yang bisa membantu kita dalam kegiatan dalam pengukuran berbagai macam perubahan yang terjadi baik secara langsung ataupun tidak langsung.
  3. Menurut Wilson dan Sapanuchari
    merupakan ukuran sebuah kondisi secara tidak langsung yang telah terjadi. Seperti kondisi massa atau bobot bayi sudah disesuaikan dengan usianya.
  4. Menurut Green
    menurut beliau variable yang menunjukan kepada pengguna tentang kondisi tertentu maka dari itu bisa digunakan untuk mengukur perubahan.

Jenis Jenis Indikator

  1. Indikator kinerja karyawan
    Indikator jenis ini adalah sebagai tolak ukur karyawan untuk menjaga kualitas pekerjaan sesuai standard prosedur kebutuhan perusahaan, untuk mengukur kinerja karyawan ada beberpa indikator yang selalu digunakan yaitu ketepatan waktu, kualitas pekerjaan, kemandirian, efektivitas dan sebagainya, pada dunia kerja indikator dijadikan untuk pengukuran yang dilakukan oleh  perusahaan dalam pemberian apresiasi dan insentif untuk karyawan  yang memiliki kinerja yang sangat baik.
  2. Indikator pembelajaran
    indikator pembelajaran merupakan penjelasan secara menyeluruhan dari kompetisi dasar penjabaran menunjuk respon yang diberikan peserta didik tentang kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan oleh pendidik.
  3. Indikator penelitian
    lebih sering dipakai pada dunia sains, indikator jenis ini banyak diterapkan untuk penelitian indikator asam basa, seorang peneliti mengukur tingkat keasaman atu basa sampel tertentu menggunakan indikator tersebut dan pada artikel sebelumnya kita pernah membahas mengenai Siklus Karbon : Pengertian, Macam Jenis dan Proses Tahapan

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Indikator beserta beberapa ulasan lengkapnya. Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu serta wawasannya. sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca Juga :