Pengertian Infografis : Manfaat, Jenis dan Contoh

Posted on

Pengertian Infografis – Pada Artikel ini akan membahas mengenai Pengertian Infografis Secara Umum, Manfaat, Fungsi, Jenis-jenisnya secara lengkap.

pengertian dan contoh infografis

Pengertian Infografis Secara Umum

Apa itu Infografis?

Infografis berasal dari kata Infographics (in English) yang merupakan singkatan dari Information dan Graphics. Proses pembuatan infografis disebut data-visualization (visualisasi data), information design (desain informasi), atau information architecture (arsitektur informasi).

Infografis adalah bentuk visualisasi data yang menyampaikan informasi kompleks kepada pembaca agar lebih mudah dan lebih cepat dipahami secara keseluruhan.

Catatan: Cara penulisan yang benar adalah infografis dengan huruf ‘S’, bukan infografik dengan huruf ‘K’. Masih terdapat banyak kesalahan dalam penggunaan kata ini.

Menyampaikan informasi secara visual juga sudah dikenal sejak lama, seperti pada zaman manusia purba dimana banyak terdapat lukisan di dalam gua yang menggambarkan suatu kejadian. Penliti mengatakan bahwa penyampaian informasi secara visual memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan teks, karena manusia dapat jauh lebih cepat menangkap informasi yang disampaikan.

Salah satu kelebihan dari infografis sendiri dikarenakan informasi yang ditangkap secara visual akan langsung diproses sekaligus oleh otak, berbeda dengan informasi yang disampaikan via teks atau kalimat dimana informasi akan diproses secara linear (dari awal kalimat hingga ke ujung kalimat).

Infografis memiliki banyak manfaat untuk penyampaian informasi. Pada era dimana informasi sangat membludak ini, para hadirin hanya memiliki waktu dan energi yang sangat terbatas untuk bisa memahami maupun membaca informasi yang disampaikan. Dengan banyaknya Distraksi atau Pengalihan (pikirkan semua media sosial / game / berita online yang kredibilitasnya diragukan atau HOAX) saat ini consumer attention merupakan aset yang penting.

Baca Juga :  Contoh Pidato Perpisahan Lengkap

Kita harus berusaha untuk berhasil mendapatkan perhatian dari target audience kita untuk mau memahami apa yang ingkin kita sampaikan. Bagaimana mereka mau memahami informasi yang kita sampaikan jika membaca saja mereka tidak mau? Infografis dengan kekuatan visual yang menarik akan mengurangi barrier/halangan tersebut. People will have much more interest.

Manfaat Penggunaan Infografis

Infografis sangat memberikan banyak manfaat yang tidak dimiliki oleh penyajian data secara konvensional ataupun penyajian data lainnya. Sejak zaman dahulu otak manusia sudah sangat terbiasa dengan sajian informasi dalam bentuk visual. Hal ini juga bisa dibuktikan dari peninggalan-peninggalan masa pra sejarah berupa lukisan-lukisan yang dibuat sebagai salah satu sarana komunikasi.

Banyak sekali gangguan yang harus dapat kita singkirkan ketika ingin memberitahu orang lain mengenai suatu kumpulan data atau informasi yang penting. Kalau hal-hal lain seperti game online, portal berita dengan ilustrasi gambar atau posting gambar di social media menjadi contoh “gangguan” yang tampak sangat menarik, bagaimana kita bisa memberitahukan tentang suatu data atau informasi?

Nah, jadi Kunci utama dalam membuat sebuah infografis adalah konsep visual dengan ilustrasi yang menarik serta validitas data yang disajikan didalamnya.

Jenis Jenis Infografis

Ada beberapa macam jenis infografis yang bisa digunakan sesuai dengan maksud & tujuan yang berbeda-beda. Jenis infografis tersebut antara lain :

Infografis Statis

contoh Infografis Statis

Infografis Statis ialah Infografis yang disajikan dalam bentuk visual statis, tanpa konsep audio maupun konsep animasi yang bisa bergerak. Jenis yang satu ini bisa dibilang merupakan jenis yang sangat sederhana dan paling sering digunakan untuk berbagai macam kebutuhan.

Bahkan kini sejumlah event bertaraf internasional seperti pameran mengenai energi dan migas yang di selenggarakan di Korea Selatan juga kerap memanfaatkan konsep infografis statis untuk menyajikan data dengan cara yang lebih menarik. Beberapa infografis tentang potensi Sumber Daya Alam (SDA) di Indonesia yang pernah dibuat untuk pameran di Korea Selatan yaitu infografis mengenai gas alam serta energi strategis yang ada di Indonesia.

Baca Juga :  Translate Bahasa Sunda

Infografis Animasi

Infografis Animasi

 

Dikenal juga dengan sebutan animated infographics, infografis jenis ini bisa digunakan pada media audio visual seperti televisi atau situs penyedia video seperti Youtube. Infografis animasi bisa disajikan dalam bentuk 2 dimensi (2D) maupun bentuk 3 dimensi (3D) yang akan tampak lebih kompleks jika dibanding jenis infografis lainnya. Melihat data dan informasi yang disajikan dengan infografis animasi jadi terasa menyenangkan seperti menonton sebuah film dan tentunya informasi yang didapat dengan lebih mudah diterima.

Infografis Animasi memadukan konsep audio dan visual akan tampak sangat menarik karena memadukan unsur gambar yang bergerak dengan latar belakang suara yang mampu memperkuat pesan-pesan dan informasi yang ingin disampaikan oleh penyaji informasi.

Meski tampak menarik, cara memahami data yang dibuat dalam infografis animasi membutuhkan pematangan konsep yang mendalam dengan melibatkan sejumlah profesi. Orang-orang yang berada dibalik pembuatan infografis animasi biasanya menangani bidang animasi, penggarapan (director), ilustrator, seniman musik dan sejumlah profesi lainnya.

Infografis Interaktif

Infografis Interaktif

Infografis interaktif adalah jenis yang paling kompleks jika dibandingkan dengan ‘Statis’ dan ‘Animasi’. Pada jenis informasi interaktif, target yang menjadi sasaran penyajian informasi bisa melakukan interaksi terhadap infografis yang disajikan oleh penyaji informasi. Untuk mewujudkan infografis interaktif yang baik, dibutuhkan kerjasama dengan beberapa pengembang atau developer atau programmer supaya animasi maupun pemrograman interaksi bisa dijalankan dengan baik dan lancar.

Salah satu contoh infografis yang bisa dibuat secara interaktif adalah informasi mengenai jenis-jenis buah-buahan & sayuran yang ada di Indonesia. Jenis yang satu ini memungkinkan kita untuk mengklik setiap kategori buah-buahan & sayuran yang disediakan akan memunculkan data informasi mengenai tulisan lengkap dengan gambar animasi yang bergerak. Sehingga para pengakses infografis jenis ini bisa menemukan data secara cepat dan efisien sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Baca Juga :  Sinopsis : Pengertian, Ciri, Fungsi, Contoh, dan Cara Membuat Sinopsis

Demikianlah artikel lengkap tentang Pengertian Infografis beserta contoh. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi sobat dosenpintar.co.id. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel lainnya ya sobat.

 

Related posts: