Integritas : Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Contoh

Posted on

Pengertian Integritas – Halo teman-teman pembaca dosenpintar.co.id. Seperti biasa, kita akan membahas sebuah artikel lagi, dan kali ini artikelnya mengenai Integritas : Pengertian, Fungsi, Manfaat integritas dan Contohnya. Yuk langsung simak aja artikelnya teman-teman.

Pengertian Integritas

Pengertian Integritas

Apa sih integritas itu? Pasti kamu sudah pernah mendengarnya kan. Tapi sebagian dari kamu mungkin belum tau pengertian Integritas, jadi integritas adalah konsistensi atau keteguhan yang tidak bisa tergoyahkan dalam menjunjung suatu nilai keyakinan dan prinsip, dalam etika integritas dianggap sebagai kejujuran atau ketepatan dari tindakan seseorang.

Istilah integritas sendiri jarang sekali digunakan dalam kehidupan sehari-hari, karena tidak semua orang mengetahui dan memahami arti dari integritas, alasan kenapa istilah integritas bisa digunakan dalam kehidupan keseharian karena berhubungan dengan sikap dan sifat yang melekat pada diri seseorang. Seseorang dianggap berintegritas ketika orang tersebut memiliki karakter dan kepribadian seperti dibawah ini :

  • Jujur dan bisa dipercaya
  • Mempunyai komitmen
  • Bertanggung jawab
  • Menepati ucapannya
  • Setia
  • Menghargai waktu
  • Mempunyai prinsip serta nilai- nilai hidup

Dari urian diatas maka dapat kita simpulkan bahwa integritas adalah jati diri seseorang dan merupakan lawan langsung dari kemunafikan

 

Pengertian Integritas Menurut Para Ahli

Sementara para ahli juga mengemukakan pendapatnya tentang integrtias, antaralain:

1. Andreas Harefa

Menurut Andreas Harefa, integritas merupakan tiga kunci yang dapat diamati dengan menunjukkan sikap kejujuran, memenuhi komitmen, serta mengajarkan sesuatu dengan konsisten.

Baca Juga :  Pengertian Metode Penelitian

2. Henry Cloud

Definisi atau pengertian integritas menurut Henry Cloud adalah sebuah upaya yang dilakukan seseorang untuk menjadi orang yang utuh meskipun di setiap bagian dirinya berbeda. Atau bisa di artikan sebagai orang yang terus bekerja dengan baik dan aktif menjalankan tugasnya sesuai apa yang sudah direncanakan sebelumnya.

3. Ippho Santoso

Sedangkan definisi atau pengertian integritas menurut Ippho Santoso adalah menyatunya perkataan, pikiran dan perbuatan untuk melahirkan kepercayaan, yang mana integritas memiliki makna berbicara dengan lengkap dan utuh seutuh-utuhnya.

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, pengertian integritas adalah sebuah karakter, kualitas dan kondisi yang menjelaskan kesatuan dengan lengkap.

 

Fungsi Integritas

Fungsi integritas sendiri terbagi menjadi dua, yaitu fungsi kognitif dan afektif, yang mana pengertiannya adalah sebagai berikut:

1. Fungsi Kognitif

Fungsi kognitif (Cognitive Function) adalah fungsi yang meliputi moral dan diri sendiri. Yang mana integritas bermanfaat untuk memelihara moral, akhlak atau karakter seseorang dan mendorongnya untuk memiliki pengetahuan yang luas.

2. Fungsi Afektif

Sedangkan fungsi afektif (Affective Function) adalah fungsi yang meliputi hati nurani dan harga diri. Yang mana integritas dapat dijadikan pembeda antara dirinya dengan hewan, karena secara biologis manusia dan hewan sama-sama memiliki hati nurani.

 

Manfaat Integritas

Selain memiliki fungsi, integritas juga memiliki sebuah manfaat, yang mana manfaatnya adalah sebagai berikut:

  1. Manfaat integritas secara fisik
    integritas dapat membuat seseorang menjadi sehat dan bugar. Dengan keadaan ini seseorang dapat melakukan aktivitas dan pekerjaannya sehari-hari.
  2. Manfaat integritas secara intelektual
    integritas dapat mengoptimalkan kinerja otak seseorang.
  3. Manfaat integritas emosional
    integritas dapat membuat diri seseorang penuh motivasi, empati, serta rasa solidaritas yang tinggi dalam interaksi bekerja.
  4. Manfaat integritas spiritual
    integritas membuat seseorang menjadi lebih bijaksana dalam mengartikan sesuatu, termasuk pengalaman hidupnya, seperti keberhasilan dan kegagalan yang pernah di alaminya.
  5. Manfaat integritas sosial
    integritas mampu mengembangkan hubungan antar individu maupun lingkungan masyarakat, misalnya membuat seseorang mau bekerjasama untuk menyelesaikan tugas maupun kegiatan yang menuntut kekompakkan serta kerjasama yang baik.
Baca Juga :  Passing Grade Sekolah Kedinasan 2019

 

Integritas dan Kredibilitas

Perbedaan antara Integritas dan Kredibilitas

Sebenarnya kedua istilah ini memiliki sebuah kesamaan yaitu keduanya menjadi sumber terbentuknya trust bagi seorang pemimpin di kalangan konstituennya. Meskipun nyaris serupa, tetapi keduanya tetap memiliki perbedaan yaitu, integritas menyangkut otak atau kemampuan olah pikir antalain mencakup keterampilan dan kompetisi. Sedangkan kredibilitas lebih menyangkut pada hati atau kemampuan olah nurani  yang mencakup kejujuran, ketulusan dan komitmen.

Contoh Integritas

Adapun contoh dari integritas adalah sebagai berikut:

  • Selalu bisa menepati janjinya
  • Tidak memiliki sifat plin-plan
  • Memiliki sebuah komitmen dan rasa tanggung jawab
  • Berpegang teguh pada prinsip dan nilai-nilai yang diyakini
  • Sangat menghargai waktu

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Integritas fungsi dan manfaatnya, semoga artikel ini bisa membantu para pembaca dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu serta wawasannya. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel lainnya.

 

Related posts: