Pengertian Interaksi Manusia Komputer

Posted on

Pengertian Interaksi Manusia Komputer – Interaksi manusia dan komputer yaitu sesuatu ilmu yang sangat berkaitan dengan disain implementasi dan penilaian dari sistem komputasi iyang interaktif untuk bisa digunakan oleh manusia serta studi tentang ruang lingkupnya, terdapat interaksi antara satu ataupun lebih manusia serta satu atau lebih komputasi mesin.

pengertian interaksi manusia dan komputer

Interaksi manusia serta komputer merupakan disiplin ilmu yang menekuni sesuatu hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, penilaian, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia.

Sebaliknya interaksi manusia dan komputer itu sendiri merupakan serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dicoba oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara interaktif untuk bisa melakukan dan menuntaskan tugas yang diinginkan.

Manfaat Interaksi Manusia dan Komputer

Manfaat serta pengimplemantasian IMK dalam sebuah program aplikasi  diantaranya sebagai berikut:

  • Useful( bermanfaat)
    Artinya bisa menuntaskan apa yang diperlukan.
  • Useable( bisa digunakan)
    Artinya bisa digunakan serta dioperasikan dengan mudah serta alamiah, tanpa bahaya kesalahan.
  • Used( digunakan)
    Artinya bisa membuat orang yang meggunakan merasa tertarik.
  • Usability
    Artinya membuat kriteria berkualitas suatu perangkat lunak seperti fungsionalitas, kehandalan, efisiensi, kemudahan pemeliharaan serta protabilitas.

 

Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer

Tujuan utama dari Interaksi Manusia dengan Komputer adalah:

  • Menciptakan sistem yang bisa digunakan( usable), mempunyai manfaat( useful), serta mudah dioperasikan oleh pengguna( user friendly).
  • Fungsionalitas, ialah fungsi- fungsi yang terdapat dalam sistem yang dibuat sesuai dengan perencanaan pembuatan.
  • Keamanan, mengetahui bagaimana sistem yang kita buat mempunyai tingkatan pengamanan informasi ataupun tidak.
  • Efektifitas serta Efisiensi, akan mempengaruhi pada produktifitas kerja dari penggunanya serta sistem yang dibuat harus berperan dengan baik.
  • Untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer serta memperoleh berbagai umpan balik yang dibutuhkan pengguna.
Baca Juga :  √ Passing Grade Universitas Udayana (UNUD) 2019 : Fakultas dan Jurusannya

 

Contoh Penerapan IMK

Berikut merupakan sebagian kecil contoh dari penerapan IMK ( Interaksi Manusia dan Komputer) antara lain:

Penerapan IMK dalam bidang Keuangan

  • Seorang kasir yang menghitung belanjaan pembeli menggunakan mesin kasir modern berbasis android yang saat ini telah menggunakan ” touch screen ” sebagai alat input- nya menggantikan keyboard.
  • Di Bank , Teller  menggunakan komputer untuk meng- update informasi data nasabah seperti menabung, menarik tunai, transfer, serta sebagainya.
  • Akuntan untuk mempermudah membuat laporan keuangan perkantoran dengan menggunakan aplikasi komputer seperti Ms. Excel, Myob dan sebagainya.

Penerapan IMK dalam bidang Pendidikan

  • Seorang mahasiswa yang ingin melakukan menginput KRS( Kartu Rencana Studi) melalui Sistem Informasi Manajemen akademik atau SIAKAD.
  • Guru serta siswa yang melakukan aktivitas belajar mengajar dikelas dengan menggunakan laptop serta projector sebagai media komunikasi yang modern saat ini.
  • Guru dan Siswa yang mengakes Sistem Pendidikan E- learning yang ialah singkatan dari Elektronic Learning, ialah metode baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya seperti edmodo dan lain sebagainya.

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Interaksi Manusia Komputer yang membahas manfaat, tujuan dan contoh interaksi manusia dan komputer, semoga artikel ini bisa membantu para pembaca dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu serta wawasannya. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel lainnya.

 

Related posts: