Pengertian Introvert

Posted on

Pengertian Introvert – Sebutan introvert dan ekstrovert pertama kali dipopulerkan oleh Carl Jung melalui karyanya. Introvert- Ekstrovert juga menjadi satu dari empat area utama yang diidentifikasi oleh uji MBTI( Myers- Briggs Type Indicator), Kehidupan bermasyarakat memang dipenuhi oleh warna- warni serta karakter orang yang berbeda, secara garis besar tipe karakter ini dibagi jadi tiga introvert, ekstrovert, serta ambivert. Apa itu introvert? Introvert merupakan karakter seorang yang cenderung pendiam serta menutup diri, tetapi bukan berarti mereka sombong serta tidak ingin bersosialisasi.

pengertian introvet

Ciri Ciri Introvert

Menghindari Komunikasi Yang Tidak Perlu

Perilaku yang senantiasa menginginkan ketenangan memanglah sangat tidak berubah- ubah dengan penjelasan apa itu introvert. Maka dari itu kebutuhan ini terkadang mendorong mereka untuk menjauhi komunikasi yang tidak diperlukan dan menarik diri dari keramaian. Tetapi bila Kamu mempunyai sahabat seseorang introvert tidak perlu sungkan menyapanya, sebab mereka merupakan orang yang sangat peka serta pendengar yang baik bila telah akrab.

Menjauhi Keramaian

Ciri ciri introvert yang lain seperti lebih memilih jalan yang sepi daripada harus melewati kerumunan. Seseorang introvert artinya akan menghindari keramaian walaupun ia harus menempuh jalur yang lebih jauh.

Susah Mengatakan Perasaan

Makna introvert yang kesusahan berbicara bukan berarti mereka bersikap dingin, tetapi tiap orang memiliki metode tertentu dikala mengungkapkan emosi mereka. Pemilik kepribadian Introvert artinya akan lebih nyaman menuliskan isi hatinya dibandingkan harus membicarakannya, apalagi dengan sahabat yang sudah akrab sekalipun.

Kelebihan introvert

Seseorang introvert merupakan orang yang menggemari kesendirian, mempunyai karakter yang tertutup serta pendiam, berikut ini merupakan kelebihan kelebihan seseorang yang mempunyai karakter introvert.

  1. Sebab seseorang introvert suka mencermati, soal memperhitungkan orang dia ahlinya
    Dalam diam seseorang introvert suka mencermati orang- orang di sekitarnya. Sebab itu seseorang introvert mempunyai keahlian buat memperhitungkan kepribadian seorang secara objektif. Ia apalagi dapat membedakan mana kepribadian yang asli serta mana kepribadian yang cuma berpura-pura.
  2. Seseorang introvert mempunyai kreativitas yang tinggi
    Seseorang introvert merupakan orang yang sibuk dengan dunia dalam pikiran mereka sendiri, mereka pula orang yang senang bermain dengan imajinasi mereka sendiri. Maka dari itu seseorang introvert umumnya mempunyai kreativitas yang tinggi.
  3. Orang introvert merupakan seseorang pemikir,
    Introvert memanglah menggunakan pikiran sebagai super power mereka. Pemikiran mereka yang tajam serta dalam amat menolong mereka dalam banyak hal. Tidak heran seseorang introvert bisa mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.
  4. Introvert merupakan pengagum hal- hal sederhana
    Simpel serta tidak rumit. Seseorang introvert merupakan pengagum hal- hal simpel seperti menyukai aroma tanah sehabis hujan, langit jingga di sore hari, ataupun suara angin yang menerpa pepohonan. Dia dapat menjadi bahagia dalam sekejap sebab hal hal sederhana. Tidak hanya itu mereka pula orang yang cukup peka.
  5. Karena suka melakukan semuanya sendiri
    introvert diketahui mandiri Introvert suka bekerja sendirian, dia pula suka melaksanakan segala sesuatu sendiri. Hal inilah yang membuat mereka jadi individu yang lebih mandiri serta tidak tergantung pada orang lain
  6. Di balik diamnya seseorang introvert, dia merupakan orang yang sungguh- sungguh memandang hidup
    Sang introvert merupakan individu yang hati hati dengan setiap tindakan mereka. Oleh sebab itu mereka senantiasa merancang seluruh suatu dengan matang. Sebab hal ini pula membuat mereka lebih sungguh- sungguh dalam memandang hidup
  7. Diamnya seseorang introvert pula menunjukkan bahwa ia merupakan orang yang tidak mudah terbawa emosi
    Pembawaan introvert yang tenang, perilakunya yang kalem serta adem, dan keahlian hebatnya dalam menyembunyikan perasaan buatnya pandai dalam mengendalikan emosi.Ia juga senang mengalah. Seseorang introvert lebih memilah diam ketika ada orang lain yang mengajaknya berdebat ataupun bertengkar. Introvert tidak akan membiarkan masalah menjadi semakin rumit.
Baca Juga :  √ Akreditasi UNSRAT 2019 : Fakultas dan Jurusannya

 

Profesi yang Sesuai buat Introvert

Seperti sudah diprediksi, pekerjaan yang sesuai dengan sang introvert tidaklah pekerjaan yang menghendaki tingginya interaksi sosial, melainkan pekerjaan yang bergerak secara independen.

Profesi independen ialah opsi yang pas untuk mereka yang introvert. Sebagian contoh profesi yang sesuai untuk orang introvert, ialah penulis, akuntan, programer komputer, desainer grafis, apoteker, ataupun peneliti.

Demikianlah aritkel mengenai Pengertian Introvert semoga artikel ini bisa membantu para pembaca untuk menambah ilmu serta wawasannya, sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.

Baca Juga :

 

Related posts: