Jasa : Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Posted on

Hai-hai-hai ketemu lagi dengan penulis yang kece badai ini ya sobat dosenpintar.co.id semua. Jika kemarin kalian tanya-tanya tentang pengertian jasa, apa jasa itu bisa kita jual, truss bagaimana karakteristikny. Langsung aja yahhh simak tuisan berikut.

Jadi begini, sebelum aku menjawab semua pertanyaan kalian (lagi mikir kira-kira pertanyaan apa yang harus dijawab), ada baiknya kalian menyimak daftar isi berikut agar kalian lebih memahami apa sih jasa itu.

Pengertian Jasa Menurut Ahli

Pengertian Jasa

Sebenarnya pengertian jasa itu ada banyak macam nya loh sobat pintar semua. Kalau menurut kamus besar (Bahasa Indonesia) nih ya jasa itu merupakan perbuatan yang baik, ya bisa dibilang berguna juga sih pengertiannya. maksudnya perbuatan baik yang berkaitan dengan penilaian individu atau seseorang, bisa juga negara, atau instansi tertentu.

Truss kalau dalam wikipedia sendiri sih jasa itu diartikan dengan pelayanan dalam ilmu ekonomi, tetapi pelayanan ekonominya melibatkan beberapa interaksi atau hubungan dengan konsumen, atau juga bisa dengan barang-barang yang bersifat kepemilikan tetapi sekaligus tidak bersifat langsung memiliki. Jelas apa jelas?? hmmmmm kalau masih kurang jelas, coba kalian lihat pengertian jasa menurut para ahli berikut ini. Stay here..

Pengertian Jasa Menurut Ahli

  • Ratih Huriyyati

    Ratih mendifenisikan sebuah Jasa merupakan seluruh aktivitas ekonomi dengan sistem output selain produk secara harpiah dalam pengertian fisik yang dikonsumsi dan diproduksi pada waktu bersamaan, yang memberikan nilai tambah dan juga secara prinsip tidak berwujud (intangible) bagi pembeli jasa tersebut.

  • Andian Payne

    Lain lagi dengan Payne, payne berpendapat bahwa jasa adalah aktivitas ekonomi yang memiliki sejumlah elemen dalam hal ini nilai atau manfaat intangibel yang berkaitan dengannya, yang juga melibatkan sejumlah interaksi dengan para konsumen atau dengan barang-barang milik, tetapi tentu saja tidak menghasilkan transfer kepemilikan. Perubahan dalam kondisi mungkin saja muncul dan produksi suatu jasa bahkan bisa memiliki atau bahkan tidak memiliki kaitan sama sekali dengan produk fisik.

  • Christian Gronross

    Nah kalau menurut Gronross sendiri sih jasa itu di definsikan sebagai sebuah proses yang di dalamnya terdapat serangkaian aktivitas intangible dimana proses ini biasanya terjadi pada interaksi antara seorang pelanggan dan seorang karyawan jasa, atau juga bisa berupa sumber daya fisik atau barang dan atau sistem yang disediakan oleh penyedia jasa sebagai solusi untuk mengatasi masalah pelanggan.

Nahhhh kalau sekarang pasti jauh lebih paham yaa… agar tambah paham lagi yuk kita simak apa saja kira-kira untuk sesuatu hal dapat dikatakan sebagai jasa.

Ciri – Ciri Jasa

  • Tidak berwujud

    Yang pertama ciri-ciri jasa itu adalah tidak berwujud, sehingga disini dapat dikatakan jasa bersifat abstrak maksudnya jasa tersebut tidak dapat dilihat, tidak juga dapat dirasa-dirasakan, dicicipi apalagi disentuh seperti barang yang dapat dirasakan secara langsung wujudnya. Jadi jangan ngarep kalo kalian juga bisa jatuh cinta sama si jasa ya, wkkwkkk.

  • Heteregonitas

    Yang kedua jasa itu harus bersifat heterogenitas, karena apa? karena jasa itu berupa suatu unjuk kerja, maka disini tidak ada hasil jasa yang hasilnya sama walaupun dikerjakan hanya satu orang. Jelas yaa.

  • Tidak dapat dipisahkan

    Yang ketiga jasa biasanya dihasilkan dan dikonsumsi (bukan artian dimakan) pada saat yang bersamaan, dengan adanya partisipasi konsumen dalam proses jasa tersebut. Hal ini berarti, konsumen harus berada di wilayah tempat jasa yang di-mintanya, sehingga para konsumen dapat melihat serta ikut mengambil bagian di dalam proses produksi tersebut.

  • Tidak tahan lama

    Nah yang terakhir nih, jasa juga tidak dapat disimpan dalam persediaan. Artinya, jasa tersebut tidak dapat disimpan dan dijual kembali kepada orang lain, hal ini berati jasa juga tidak dapat dikembalikan kepada produsen jasa di mana konsumen telah membeli jasa. Berdasarkan ciri-ciri yang ke-empat ini dapat dikatakakan bahwa jasa memiliki ciri yang bersifat tidak tahan lama.

Nah kalau serentetan kalimat diatas merupakan ciri-ciri jasa, berikut dibawah ini aku akan mengulas apa saja jenis jasa, dan apa contoh-contohnya dalam kehidupan nyata.

Jenis dan Contoh Jasa

Setelah melewati seleksi ketat, aku telah merangkum sepuluh jenis jasa yang aku dapatkan dari berbagai sumber. Berikut ulasannya :

Usaha Rumah Tangga

  • Jenis jasa yang satu ini terdiri dari banyak hal yang terdapat di dalam rumah tangga, contohnya saja perawatan dan perbaikan rumah, kemudian perawatan atau perbaikan kebun, kemudian air minum, pembersihan rumah, reparasi alat rumah tangga, dan sebagainya,, dan sebagainya.

Perumahan

  • Untuk jasa perumahan, hal ini mencakup penyewaan sebuah kamar motel atau hotel (penginapan) atau bisa juga homestay, apartemen, kost-kostan dsb.

Hiburan atau Rekreasi

  • Kalau untuk jenis jasa yang satu ini antara lain sejenis penyewaan alat yang berkaitan dengan tempat hiburan masyarakat, atau bahkan penyewaan tempatnya sendiri untuk melakukan kegiatan hiburan.

Perawatan Pribadi

  • Nah untuk jasa jenis yang ini bisa berupa perawatan kecantikan, massage atau pijit cantik, terapi, salon dsb.

Kesehatan

  • Jenis jasa kesehatan ini termasuk jasa yang penting loh, contohnya nih perawatan dirumah sakit, kelahiran di bidan, jasa kebugaran tubuh, dsb.

Bisnis

  • Untuk jasa bisnis bisa berupa jasa konsultan, akuntan, pengacara, dsb.

Komunikasi

  • Jasa komunikasi sebenarnya tidak berbeda jauh dengan bisnis karna kan sebenarnya kan komunikasi ini hal yang berkaitan erat sekali dengan bisnis, contoh saja warung internet, warung telokomunikasi, jasa pengiriman fax dsb.

Transportasi

  • Kalau yang ini terbilang masih amat sangat dibutuhkan sampai saat ini, contohnya saja taksi, taksi online, angkutan umum berupa angkutan desa atau angkutan kota, bus, travel dsb.

Jasa Keuangan

  • Dari sini langsung ketebak ya apa saja kira-kira, ya benar.. contohnya leasing untuk kendaraan bermotor, jasa hitung pajak, pinjaman koperasi, pinjaman bank, dsb.

Pendidikan

  • Yang terakhir pendidikan, contoh dari jasa jenis pendidikan ini antara lain bisa berupa guru les, guru privat, guru mengaji dsb.

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai Pengertian Jasa. Semoga artikel yang kami tulis diatas bisa membantu dan bermanfaat bagi sobat semua. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel lainnya.

Related posts:
Baca Juga :  Belajar : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Teori dan Metode