Kapitalisme : Pengertian, Tokoh, Ciri dan Contoh

Posted on

Pengertian Kapitalisme – Halo para pembaca setia dosenpintar.co.id, pada kesempatan sebelumnya kita sudah mengulas tentang Pengertian Paham Komunisme, maka selanjutnya kita akan membahas mengenai Pengertian dari paham Kapitalisme lengkap dengan ulasan serta contohnya. Langsung aja yuk simak artikelnya di bawah ini.

Pengertian Kapitalisme
 

Pengertian Kapitalisme Secara Umum

Apa sih pengertian kapitalisme itu? Kaptilasime meripakan sebuah paham atau ideologi dimana keperluan pribadi berada di atas keperluan umum atau masyarakat luas. Atau lebih jelasnya ideologi kapitalisme mencantumkan hak pribadi di atas semuanya, bahkan pemerintah tidak bisa ikut campur mengenai apa yang dilakukan seseorang untuk mendapati aset yang sebesar-besarnya.
 

Pengertian Kapitalisme Menurut Para Ahli

Adapun menurut para ahli, pengertian dari kapitalisme adalah sebagai berikut:

1. Adam Smith

Manurut Adam Smith, kapitalisme adalah sistem ekonomi bercirikan kepemilikan pribadi atas alat-alat produksi, distribusi dan pemanfaatan guna mendapatkan sebuah laba/keuntungan dalam kondisi yang kompetitif.

2. Karl Marx

Menurutnya kapitalisme merupakan sistem sosio-ekonomi yang dibangun untuk mencapai keuntungan yang didapatkan melalui proses produksi dengan mengorganisir produk seminimal mungkin melalui mode of production. Terdapat dua kelas yaitu kaum kapitalis (burjois) dan kaum buruh (proletariat).

3. Max Weber

Pengertian kapitalisme menurut weber adalah sebuah paham yang mengajarkan untuk rajin bekerja, hidup disiplin, dan hidup hemat sebagai suatu bentuk ibadah kepada Tuhan.

Baca Juga :  Bhinneka Tunggal Ika : Pengertian, Fungsi, Makna dan Sejarah Lengkap

4. J.M Romein

Sementara menurut Romein, pengertian kapitalisme ialah suatu sistem ekonomi yang memiliki tujuan untuk mengadakan kegiatan produksi dengan dasar menghasilkan sebuah keuntungan/laba.

5. Ebenstein William

Mengatakan bahwa kapitalisme merupakan suatu sistem sosial yang menyeluruh lebih dari sekedar tipe tertentu dalam sistem ekonomi.

6. Ir. Soekarno

Pengertian kapitalisme menurut Ir. Soekarno ialah suatu sistem sosial masyarakat yang timbul dari cara produksi yang memisahkan kaum buruh dari alat-alat produksi.

7. Tom G. Palmer

Sedangkan menurut Palmer kapitalisme adalah sebuah sistem hukum, sosial, ekonomi, dan budaya yang mendorong kesetaraan hak, meritokrasi, desentralisasi inovasi dan pembelajaran melalui proses kesukarelaan dalam mekanisme pasar.
 

Sejarah Singkat Kapitalisme

Pada abad ke-18 dataran Eropa dikuasai oleh tiga golongan besar yaitu raja, kaum Feodal, dan pihak gereja.

Pihak gereja sangat berperan besar dalam segala aspek kehidupan, namun mereka tidak memiliki hak untuk menentukan berjalanya kegiatan ekonomi maupun politik, bahkan lebih dari semua itu.

Pihak gereja membatasi kebebasan setiap individu dalam segala aspek kehidupan, seperti megemukakan pendapat. Secara garis besarnya disini pihak gereja sangat berkuasa.

Kedaan tersebut membuat rakyat merasa tersiksa hingga menimbulkan pertentangan dari raja-raja dan kaum feodal yang tirani. Keadaan tersebut melahirkan beberapa ideologi besar seperti Liberalisme di bidang politik dan free value di bidang sains.

Revolusi industri di Inggris pada saat itu juga membawa semangat baru yang berkaitan dengan kapitalisme, dan pada akhirnya ideologi kapitalisme pun muncul ke dalam ranah ekonomi.

Saat inggris mengalami revolusi industri terjadi perubahan kegiatan ekonomi yang awalnya berpola masyarakat pertanian berubah menjadi masyarakat industri dan hal ini membuat banyak perubahan seperti alat industri yang di gunakan.

Baca Juga :  Nilai Nilai Pancasila dan Maknanya Dalam Kehidupan Sehari Hari

Paham/ideologi kapitalisme dipelopori oleh Adam Smith, yang merupakan seorang tokoh klasik dengan nama lengkap Prof. Doktor John Adam Smith.
 

Tokoh Kapitalisme

  • Ebneistein & Fogelman
  • Fancois Quesnay
  • John Locke
  • Adam Smith
  • David Ricardo
  • Robert Malhus
  • Lord Keynes
  • David Hume

 

Ciri-Ciri Ideologi Kapitalisme

Adapun ciri-ciri ideologi kapitalisme adalah sebagai berikut :

  • Pengakuan luas terhadap hak-hak pribadi.
  • Kepemilikan alat-alat produksi berada di tangan individu.
  • Pasar memberikan sinyal kepada produsen dan konsumen dalam bentuk harga.
  • Campur tangan pemerintah diusahakan sekecil mungkin.
  • Perekonomian diatur oleh mekanisme pasar.
  • Individu bebas menentukan pekerjaan/usaha yang baik bagi dirinya.
  • Manusia dipandang sebagai makhluk yang selalu mengejar kepentingan.

 

Kelebihan dan Kekurangan Kapitalisme

Kapitalisme tentu memiliki sebuah keunggulan dan kekurangan, yaitu :

1. Kelebihan Kapitalisme

  • Efisien dalam memanfaatkan sumber daya dan distribusi barang.
  • Kreatifitas masyarakat menjadi lebih berkembang  dengan adanya sebuah kebebasan demi mekakukan hal yang terbaik bagi diri mereka.
  • Waktu dan biaya yang diperlukan lebih sedikit dalam pengawasan politik dan sosial.
  • Mendorong pertumbuhan ekonomi yang terdesentralisasi.
  • Individu memiliki banyak pilihan dalam bisnis.
  • Kapitalisme membentuk ekonomi dimana konsumen menguasai pasar

2. Kekurangan Kapitalisme

  • Tidak adanya persaingan sempurna
  • Sistem harga gagal mengalokasikan sumber-sumber secara efisien.
  • Kapitalisme membuat ekonomi yang berorientasi pada uang, akan membuat ekonomi dengan titik pandang materialistik.
  • Kapitalisme memicu kekuarangan sumber daya alam karena kikploitas untuk menjaga pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan.
  • Kapitalisme juga menyebabkan distribus kekayaan tidak adil karena kekayaan dan kekuasaan hanya dikuasai oleh segelintir orang.

 

Contoh Bentuk Kapitalisme

Berikut adalah contoh dari bentuk kapitalisme :

  1. Sebelum Jepang dipengaruhi bangsa barat, sistem politik Jepang ialah feodalisme.
  2. Sistem ekonomi Jepang saat ini sama seperti Amerika Serikat, yaitu sistem ekonomi campuran dengan beberapa elemen kapitalisme.
  3. Amazon menjual 87% dari semua pembelian belanja natal yang dilakukan di Amerika selama musim liburan pada 2017. Akibatnya sebagian besar peritel tingkat atas Amerika menutup toko, dan Amazon bertujuan mengambil alih bisnis kelontong.
  4. Pada dasarnya ada sekitar enam perusahaan besar yang memiliki semua outlet berita di Amerika.
  5. Perusahaan asing boleh mendirikan pabriknya di Indonesia
Baca Juga :  √Pengertian Sejarah Secara Umum Menurut Para Ahli (LENGKAP)

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Ideologi Kapitalisme. Semoga artikel ini dapat membantu para pembaca setia dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu maupun wawasannya. Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.

 

Related posts: