Pengertian Karakter : Jenis dan Unsur

Posted on

Pengertian Karakter –  Dalam aktivitas sehari-hari kita pasti sering mendengar istilah karakter, lantas apa itu karakter ? kebanyakan orang tahu makna suatu istilah tetapi tidak bisa menyampaikan dengan bentuk kalimat. Tepat sekali untuk kalian yang bingung menyusun kalimat pengertian karakter, artikel ini membahas apa itu karakter, proses terbentuknya karakter, Jenis-jenis karakter dan Unsur-unsur karakter.

Baiklah untuk para pembaca, dosenpintar.co.id akan membahas artikel tersebut dibawah ini khusus untuk kalian.

pengertian karakter

Pengertian Karakter Secara Umum

Secara umum karakter adalah nilai khas pada kepribadian seseorang yang mengarahkan pada tindakan seorang individu dalam bersikap, berfikir, sudut pandang, tingkah laku dan berucap disuatu kondisi tertentu yang menjadi pembeda seseorang dengan orang lainnya.

 

Pengertian Karakter Menurut Para Ahli

  •  Menurut W.B. Saunder

Karakter adalah sifat nyata yang tidak sama ditunjukan oleh individu. Karakter bisa terlihat dari semua atribut yang ada pada pola tingkah laku individu (seseorang).

  •  Menurut Alwisol

Karakter adalah cerminan tingkah laku yang dilakukan dengan menonjolkan nilai (baik-buruk dan benar- salah) secara samar-samar ataup terang-terangan. Karakter tidak sama dengan kepribadian karena karakter tidak menyangkut nilai-nilai.

  • Menurut Maxwel

Pendapat Maxwell karakter jauh lebih baik dari sekedar perkataan. Selain itu, karakter juga merupakan pilihan yang  bisa menentukan tingkat kesuksesan.

  • Menurut Soemarno Soedarsono

Karakter adalah sebuah nilai yang telah terpatri di dalam diri seseorang melalui pengalaman, pendidikan, pengorbanan,pengaruh lingkungan serta percobaan yang kemudian dipadukan dengan nilai-nilai yang terdapat pada diri seseorang dan menjadi nilai instrinsik yang mendasari sikap dan prilaku, serta pemikiran seseorang.

  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Karakter adalah tabiat, sifat-sifat kejiwaan, budi pekerti atau akhlak yang membedakan seseorang dengan yang lain.

Baca Juga :  Alat Musik Tradisional

 

Proses Terbentuknya Karakter

Terbentuknya karakter pada seseorang bukan hal yang dibawa sejak lahir, sehingga proses terbentuknya suatu karakter bisa karena pengaruh orang-orang disekitar dan lingkungan hidup. Karakter terbentuk melalui proses yang panjang. Proses pembentukan karakter bisa juga didapat di Sekolah, Kampus, Tempat Kerja, Tempat Ibadah dan yang paling utama adalah dirumah. Lingkungan, teman dan keluarga berperan sangat penting dalam pembentukan karakter.

 

Jenis-Jenis Karakter

  • Sanguinis (Populer)

Individu dengan karakter sanguinis merupakan individu yang optimis,riang,antusias, dan memiliki semangat hidup yang tinggi. Suka diperhatikan dan gemar mengambil resiko, mereka menyukai hal baru sehingga akan mudah bosan jika tidak ada lagi tantangan.

  • Pleghmatis (Cinta Damai)

Orang tipe pleghmatis lebih fokus pada hal yang dialami pada dirinya, dan mengabaikan yang terjadi disekitarnya. Orang dengan karakter pleghmatis menyukai kedamaian, sabar,tenang,dan pendengar yang baik. Namun mereka kurang antusias dengan perubahan lingkungan, cenderung menghindari resiko konflik.

  • Koleris (Kuat)

Karakter jenis koleris sangat berorientasi pada target,analitis dan logis. Tidak suka basa-basi lebih suka hal yang bemanfaat. Senang memimpin, membuat keputusan, mandiri, berkemauan keras untuk mencapai suatu target tetapi karakter jenis ini cenderung tidak sabaran, emosi dan senang memerintah.

  • Melankolis (Sempurna)

Jenis karakter ini sering mengalah untuk orang lain, sensitif, penyayang dan senang berada dibalik layar. Merupakan orang yang serius, tepat waktu,dan kreatif. Namun jenis karakter ini mudah merasa bersalah, murung dan tertekan.

 

Unsur-Unsur Karakter

  • Kepercayaan

Kepercayaan adalah komponen yang didapat dari faktor sosio psikologi yang mempengaruhi karakter seseorang. Kepercayaan menjadi pembangun watak dan karakter manusia

  • Sikap

Sikap merupakan bagian karakter yang mencerminkan gambaran seseorang. Bisa dikatakan bahwa sikap seseorang selaras dengan karakter yang dimiliki.

  • Emosi

Emosi merupakan suatu hal yang dirasakan oleh seseorang yang timbul karena efek perasaan yang sangat kuat.

  • Kebiasaan dan Kemauan

Kebiasaan dan Kemauan yang sangat kuat mempengaruhi karakter seseorang, dengan kemauan kuat manusia cenderung mempunyai ambisi yang tinggi sehingga membentuk karakter yang keras. Sedangkan kebiasaan mencerminkan tindakan dan prilaku seseorang.

  • Konsepsi Diri

Konsepsi diri merupakan sebuah tindakan bagaimana kita menempatkan diri dalam kehidupan sehingga dapat memperlihatkan karakter seseorang dalam keputusan yang diambil.

Baca Juga :  Pengertian Introvert

Demikianlah artikel dari dosenpintar.co.id mengenai pengertian karakter, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian para pembaca. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya yang pastinya lebih menarik dan bermanfaat.

Baca Juga :

 

Related posts: