√ Kerjasama : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Contoh

Posted on

Pengertian Kerjasama – Hai para sahabat dosenpintar.co.id, di artikel kali ini kita akan membahas tentang Kerjasama : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Contohnya. Daripada penasaran langsung aja yuk simak artikelnya dibawah ini.

Pengertian Kerjasama
 

Pengertian Kerjasama Secara Umum

Meskipun kita sudah mengetahui istilah ini dalam kehidupan sehari-hari, sebab manusia merupakan makhluk sosial, namun tahu kah kamu pengertian kerjasama secara umum? Kerjasama merupakan suatu bentuk usaha bersama antara individu atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Kerjasama dapat terjalin ketika dua atau individu memiliki kepentingan dan tujuan yang sama, dan memiliki kesadaran untuk bekerjasama demi mencapai tujuan tersebut.
 

Pengertian Kerjasama Menurut Para Ahli

Sedangkan pengertian kerjasama menurut para ahli adalah sebagai berikut :

1. Pamudji

Menurut Pamudji, pengertian kerjasama ialah suatu pekerjaan yang dikerjakan/dilakukan oleh sekelompok individu yang melibatkan interaksi dan saling bekerjasama hingga tujuannya tercapai.

2. Charles H. Cooley

Sedangkan menurut Cooley kerjasama merupakan suatu kegiatan yang muncul ketika seseorang sadar bahwa mereka mempunyai tujuan dan keinginan yang sama dan juga mempunyai ilmu pengetahuan yang cukup guna mencapai tujuan tersebut.

3. Thomson dan Perry

Menurut mereka kerjasama adalah suatu kegiatan yang punya tingkat-tingkat berbeda dari mulai tahan koordinasi hingga terbentuknya kolaborasi di suatu kegiatan bersama.

Baca Juga :  Demokrasi : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis Demokrasi

4. Tangkilisan

Adapun menurut Tangkilisan kerjasama merupakan sumber kemampuan dan kekuatan yang hadir di dalam suatu organisasi sehingga dapat memberikan pengaruh keputusan dan juga tindakan kelompok/organisasi.

 

Pengertian Kerjasama dalam Dunia Bisnis

Sementara pengertian kerjasama di dalam dunia bisnis adalah kegiatan mengatur kemitraan yang saling menguntungkan dan dikerjakan secara sukarela oleh bidang-bidang yang berkaitan dengan dunia usaha. Bisnis tidak melulu berbicara tentang mencari uang dan keuntungan saja, kebanyakan pengusaha menjalin relasi atau hubungan dengan pengusaha lain termasuk kompetitornya yang bertujuan untuk mencari keuntungan bagi kedua belah pihak. Hal tersebut dikarenakan beberapa pengusaha berfikir bahwa persaingan hanya akan memberikan dampak negatif.
 

Manfaat Kerjasama

Kerjasama juga memberikan sebuah manfaat, antaralain :

  • Dapat mempererat ikatan persaudaraan
  • Dapat menumbuhkan semangat persatuan
  • Pekerjaan lebih cepat terselesaikan
  • Pekerjaan terasa lebih ringan
  • Mendorong individu agar dapat bekerja lebih produktif, efektiv dan efisien

 

Tujuan Kerjasama

Tujuan dari individu atau kelompok menjalin suatu kerjasama adalah :

  • Meningkatkan rasio untuk mencapai suatu keuntungan.
  • Untuk meningkatkan kesatuan dan persatuan dalam suatu negara.
  • Membuat pelaku kegiatan saling mengenal satu sama lain.
  • Menjadi sarana untuk mengemukakan opini dan pendapat.

 

Jenis-Jenis Kerjasama

Adapun jenis-jenis kerjasama antaralain sebagai berikut :

1. Bagi Hasil

Jenis kerjasama bagi hasil biasanya dilakukan oleh pelaku bisnis kecil. Dimana kita mengajak seseorang untuk menjadi pemodal, kemudian pembagian hasilnya diatur sesuai dengan kesepakatan.

2. Membuat Peluang Usaha

Jenis ini menawarkan keuntungan pada orang lain atau badan usaha. Contohnya seorang penulis yang menerbitkan sebuah novel, dan kemudian mengajak seseorang bekerjasama untuk menjualkan novelnya. Keuntungan yang diperoleh akan dibagi antara penulis novel dan pemasar.

Baca Juga :  √Pengertian Biologi dan Tingkat Objek Yang Dipelajari

3. Build, Operate and Transfer (BOT)

Kerjasama BOT mengandalkan kemampuan seseorang untuk melobi pemilik tanah untuk diajak kerjasama. Nantinya tanah tersebut dioperasikan untuk membangun sebuah usaha dalam jangka waktu tertentu, kemudia tanah tersebut dikembalikan pada pemilik tanah dan memberikan keuntungan sesuai dengan kesepakatan yang disetujui.

4. Joint Venture

Kerjasama Joint Venture merupakan sistem patungan yang dilakukan oleh beberapa orang, yang mana sistem ini menguntungkan dalam segi pembagian resiko. Sistem ini juga termasuk dalam kegiatan pemodal asing dan sudah diatur pemerintah.

5. Merger

Kerjasama ini diartikan sebagai penggabungan dengan melibatkan dua perseroan atau lebih yang kemudian melahirkan perseroan baru. Jenis kerjasama ini bisa disebut dengan akusisi perusahaan untuk dikembangkan, dimana salah satu perusahaan akan tetap berdiri dan sisanya dilebur menjadi perusahaan tersebut. Meskipun begitu, tujuan utama kerjasama ini adalah untuk memperbesar modal dan mengembangkan jalur produksi.

6. Konsolidasi

Berbeda dengan merger, jenis kerjasam konsolidasi melebur dua perusahaan atau lebih dan melahirkan perusahaan dengan nama baru. Keuntungan dari adanya kerjasama jenis ini yaitu penyelamatan sebuah produksi yang nyaris bangkrut dan mengurangi pesaing.

7. Waralaba atau Franchising

Pemanfaatan kekayaan intelektual sebuah bidang usaha/merk yang telah disetujui oleh kedua belah pihak. Biasanya jenis kerjasama ini digunakan oleh kedai minuman, jajanan dan kuliner lainnya.
 

Contoh Kerjasama

Setelah memahami pengertian kerjasama, manfaat dan tujuan, berikut dibawah ini adalah contoh dari kerjasama :

  • Lingkungan Rumah

    Lingkungan rumah merupakan lingkup terkecil dalam melakukan sebuah kerjasama, seperti menjaga kebersihan rumah. Di dalam keluarga biasanya sudah ditetapkan tugas-tugas anggota keluarganya dalam merawat kebersihan rumah seperti menyapu lantai, mencuci pakaian serta memotong rumput.

  • Lingkungan Sekolah

    Dalam lingkungan sekolah juga terdapat suatu kerjasama, sebut saja kegiatan piket harian. Para siswa yang mendapat giliran piket saling bahu membahu dalam membersihkan ruang kelasnya, hal ini tentu memperingan siswa dalam membersihkan kelas.

  • Lingkungan Masyarakat

    Bentuk kerjasama di lingkungan masyarakat paling sering di lakukan. Misalnya melakukan gotong-royong, para warga saling membaur dan bersatu padu membersihkan lingkungan tempat tinggalnya agar menjadi bersih dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

  • Regional

    Kerjasama tidak hanya berlaku bagi individu atau kelompok, hubungan kerjasama antar negara-negara juga dapat terjadi guna mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam memfasilitasi hal ini, maka dibentuklan suatu organisasi dunia bernama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

 

Demikianlah artikel mengenai Kerjasama : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Contoh. Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu serta wawasannya. Dan sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya.

 

Related posts: