√ Pengertian Konsumsi : Tabungan, Investasi dan Hubungannya

Posted on

Konsumsi

Konsumsi merupakan kegiatan dalam memanfaatkan atau menggunakan barang dan jasa. Kegiatn konsumsi atau pengeluaran konsumsi terdiri dari konsumsi pemerintah dan konsumsi rumah tangga. Akan tetapai dalam pembahasan ini, kita akan memfokuskan konsumsi rumah tangga karena pengeluaran konsumsi rumah tangga mempunyai porsi terbesar dalam pengeluaran konsumsi total. Mengingat porsinya yang besar, maka konsumsi rumah tangga memiliki pengaruh yang kuat terhadap stabilitas perekonomian. Berikut ini adalah beberapa faktor-faktor yang mengaruhi besarnya konsumsi rumah tangga.Faktor-faktor ekonomi

√ Pengertian Konsumsi : Tabungan,  Investasi dan Hubungannya

Beberapa faktor diantaranya ialah:

  1. Pendapatan dan kekayaan rumah tangga

Pendapatan rumah tangga sangat lah besar pengaruhnya terhadap tingkat konsumsi. Pada umumnya, semakin besar pendapatan tumah tangga maka tingkat konsumsi juga makin tinggi karena kemamuan untuk membeli kebutuhan juga semakin meningkat. Contohnya ialah, jika pendapatan orang tua kalian meningkat, kalian dapat dibelikan handphone, komputer dan lalin sebagainya.

  1. Tingkat bunga

Tingkat bunga yang tinggi juga dapat mengurangi konsumsi karena biaya ekonomi dari kegiatan konsumsi akan semakin mahal. Bagi mereka yang memiliki dana lebih, akan lebih menguntungkan jika sebagaian pendapatannya digunakan untuk deposito atau tabungan. Hal tersebut tentunya mengurangi tingkat konsumsi.

  1. Perkitaan harga di masa depan

Adanya perkiraan kenaikan ataupun penurunan harga di masa depan akan mengaruhi tingkat konsumsi tumah tangga. Misalnya ialah harga sembako menjelang hari raya akan meningkat, maka konsumen memilih membeli sembako jauh hari sebelum tiba hari raya.

  1. Jumlah anggota keluarga

Semakin banyak jumlah anggota keluarga, maka tingkat konsumsi juga akan meningkat. Sebaliknya, apabila jumlah keluarga sedikit, maka tingkat konsumsi lebih rendah

nonekonomi

Semakin majunya arus informasi dan juga teknologi akan berdampak terhadap kehidupan masyarakat. Dewasa ini semakin mudah dalam mengakses informasi baik dari media televisi, radio maupun internet, telah membawa perubahan dalam pola hidup masyarakat. Misalnya ialah, banyak iklan tentang produk makanan akan meningkatkan konsumsi produk makanan. Selain itu adanya kemudahan bertransaksi melalui internet, ini akan mendorong rumah tangga untuk meningkatkan kegiatan konsumsi.

Faktor-faktor demografi (kependudukan)

Adapun beberapa faktor demografi ialah sebagai berikut ini.

  1. Jumlah penduduk

Meningkatnya jumalah penduduk akan memperbesar pengeluaran konsumsi secara menyeluruh.

  1. Komposisi penduduk

Komposisi penduduk suatu negaraterdiri dari:

  • Usia yaitu produktif dan tidak produktif
  • Pendidikan rendah, menengah, dan juga tinggi
  • Wilayah ttinggal yaitu diperkotaan dan pedesaan.

Tabungan

Penghasil yang diterima oleh suatu keluarga tidak selalu habis dibelanjakan untuk membeli barang kebutuhan. Orang kaya dengan penghasilan yang tinggi akan menghabiskan seluruh penghasilan nya untuk konsumsi. Akan tetapi orang sederhana pun berusaha untuk menyisihkan sekedar uang agar kemudian hari dapat membeli barang yang agak mahal. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi besarnya tingkat tabungan, diantaranya yaitu:

  • Pendapattan rumah tangga

Pada umumnya semakin tinggi pendapatan, jika di ikuti oleh sikap berhemat maka akan memperbesar tingkat tabungan. Di negara-negara maju yang pedapatan perkapitanya tinggi, kecenderungan mengonsumsi semakin rendah sehihngga tingkat tabungan akan semakin tinggi.

  • Tingkat bunga

Tingkat bunga yang tinggi lalah faktor yang menarik bagi individu atau masyarakat untuk menambah jumlah tabungannya. Mereka mengharapkan memperoleh pendapatan berupa bunga yang lebih tinggi dengan semakin besar nilai tabungan yang dimiliki

  • Sikap berhemat

Sekap berhemat terhadap pola konsumsi yang diikui oleh kegemaran menabung akan memperbesar jumlah tabungan. Jika jumlah tabungan meningkat secara keseluruhan, maka akan memperbesar nilai infestasi nasional.

  • Distribusi pendapatan

Distribusi pendapatan merupakan bagian pendapatan secara merata sesuai kemampuan dan kapasitas yang di miliki individu. Akses terhadap sumber daya yang merata akan meningkat pendapatan perkapita masyarakat, sehingga semain tinggi pendaptan, diharapkan tingkat abungan semakin besar.

  • Kondisi perkonomian

Kondisi perekonomian yang memabaik akan menigkatkan pendapatan perkapita masyarakat. Membaiknya perekonomian akan meningkatkan jumlah tabungan karena pendapatan meningkat.

Investasi

  1. Konsep investasi

Coba pikirkan apa yang kalian lakukan setelah lulus dari SMA nanti? Apakah kalian masih ingin melanjutkan sekolah yang lebih tinggi lagi? Keputusan untuk melanjutkan sekolah maupun kursus untuk meningkatkan kepandaian maupun keterampilan kalian agar kelak bisa bekerja dengan penghasilan yang lebih tinggi merupakan investasi sumber daya, jadi yang dimaksud investasi dalam pengertian ini ialah segala sesuatu yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan atau menambah nilai potensi sumber daya yang lebih tinggi. Dengan begitu investasi idak hanya dalam bentuk fisik saja, tetapi  juga nonfisik.

  1. Perhitungan nilai investasi

Investasi yang dilakukan tidak langsung menghasilkan manfaat, akan tetapi memerlukan tenggang waktu tertentu. Makain tinggi jumlah dan kualitas investasi, akan tenggang waktunya akan semakin lama. Misalnya ialah investasi di bidang otomotof, akan membutuhkan waktu yang lama dibandingkan investasi di bidang pengolahan pangan.

Hubungan antara konsumsi, tabungan dan investasi

Terdapat hubungan antara konsumsi, tabungan dan juga investasi. Jika tingkat konsumsi tinggi maka tingkat tabungan akan renadah. Rendahnya tabungan yang berfungsi sebagai sumber utama lembaga keuangan dalam melakukan pinjaman akan berdampak pada berkurangnya jumalah pinjaman yang disalurkan kepada nasabah. Hal ini juga akan menyulitkan para pelaku investasi dalam memperoleh pinjaman untuk melakukan investasi.

demikianlah artikel dari dosenpintar.co.id mengenai  √ Pengertian Konsumsi : Tabungan, Investasi dan Hubungannya semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga:

Baca Juga :  √ Pengertian Infalasi: Penyebab dan Jenisnya

Baca Juga :  √ Pengertian Pendapatan Nasional : Metode dan Kmponennya

Baca Juga :  √ Kebijakan Pemerintah : Fiskal dan Moneter

Baca Juga :  √ Faktor Penyebab Inflasi dan Danpak Negatifnya

Related posts:
Bagikan Artikel :