Manajemen : Pengertian, fungsi, Peran, Unsur, Jenis dan Contoh

Posted on

Pengertian Manajemen – Halo para pembaca setia dosenpintar.co.id, pada kesempatan kali ini kita akan membahas artikel mengenai Pengertian Manajemen, Fungsi, Peran,Jenis serta contoh manajemen secara lengkap dengan ulasannya. Langsung aja yuk simak artikelnya dibawah ini.

pengertian manajemen

Pengertian Manajemen Secara Umum

Pengertian manajemen secara umum, yaitu sebuah sistem yang termasuk ilmu dan pengorganisasian seperti menyusun perencanaan, membangun organisasi, pergerakan, serta pengendalian atau pengawasan. Manajemen juga bisa didefinisikan sebagai suatu ilmu pengetahuan sistematis yang dapat memahami mengapa dan bagaimana manusia saling bekerjasama demi menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Sedangkan pengertian manajemen menurut para ahli adalah sebagai berikut :

1. Van Fleet Dan Peterson

Manajemen merupakan serangkaian kegiatan yang diarahkan pada pemanfaatan sumber daya secara efisien dan efektif dalam mengejar suatu tujuan.

2. Megginson, Mosley Dan Pietri

Manajemen yaitu bekerja dengan memanfaatkan sumber daya manusia, keuangan dan fisik untuk mencapai tujuan organisasi dengan melakukan perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan mengendalikan fungsi.

3. Kreitner

Manajemen adalah sebuah proses dalam pemecahan masalah demi mencapai tujuan organisasi secara efektif melalui penggunaan sumber daya secara efisien dalam lingkungan.

Baca Juga :  Tingkatan Manajemen

4. FW Taylor

Manajemen diartikan sebagai seni untuk mengetahui apa yang harus dilakukan, dan kapan harus dilakukan serta melihat bahwa itu dilakukan dengan cara yang terbaik.

5. Harold Koontz

Manajemen merupakan seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang-orang dalam kelompok yang diorganisasikan secara formal.

6. Hilman

Manajemen adalah cara atau langkah untuk mencapai tujuan dengan memanfaatkan tangan orang lain.

7. Dr. Ahuja

Manajemen merupakan pihak yang menyediakan jasa untuk bidang yang berhubungan langsung dengan manajemen.

8. Renville Siagian

Manajemen adalah suatu usaha yang dikelola oleh para tenaga ahli yang terlatih juga berpengalaman yang bergerak di bidang jasa pelayanan.

9. Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A

Manajemen didefinisikan sebagai ilmu dari aspek sosial eksak dan tidak terlalu memperhatikan tanggung jawab keselamtan perencanaan.

10. James A.F.Stoner

Manajemen adalah langkah guna mencapai tujuan yang telah ditentukan di awal dengan melakukan berbagai proses seperti perencanaan, pengorganisasian, serta pengendalian dalam organisasi tersebut.

Fungsi Manajemen Dalam Bisnis

Adapun fungsi dari manajemen adalah sebagai berikut :

1. Perencanaan (Planning)

Fungsi ini dilakukan guna menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan tersebut. Tanpa adanya proses perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tidak dapat berjalan.

2. Penempatan (Staffing)

Bertujuan untuk membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Fungsi ini dapat memudahkan manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas yang sudah dibagi tersebut.

3. Pengarahan (Directing)

Sebuah tindakan untuk membuat seluruh anggota organisasi atau kelompok untuk berusaha mencapai target/sasaran sesuai dengan fungsi perencanaan.

4. Pengawasan (Controlling)

Berperan untuk melakukan pengawasan dan melihat apakah semua tugas dan kegiatan yang dikerjakan sesuai dengan rencana atau tidak. Selain itu, fungsi ini ditujukkan untuk mengendalikan organisasi seperti melakukan pencegahan atau meminimalisir hal-hal yang dapat merugikan perusahaan.

Baca Juga :  Demokrasi : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis Demokrasi

Peran Penting Manajemen Bagi Organisasi Atau Perusahaan

Berikut ini adalah peranan penting manajemen bagi suatu organisasi atau perusahaan :

  • Membantu mencapai tujuan dari organisasi atau perusahaan.
  • Mengoptimalkan sumber daya.
  • Menunjang organisasi atau perusahaan yang baik.
  • Menciptakan keseimbangan.
  • Meminimalisir biaya.

 

Unsur-Unsur Manajemen

1. Manusia (Human)

Manusia merupakan unsur terpenting karena manusia yang membuat tujuan dan manusia pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan.

2. Uang (Money)

Uang juga menjadi unsur yang penting, sebab segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional. Misalnya berapa uang yang harus disediakan untuk menggaji tenaga kerja atau alat-alat yang harus dibeli, serta berapa hasil yang akan dicapai dari suatu organisasi atau perusahaan.

3. Materials (Bahan)

Selain manusia yang ahli dalam bidangnya juga harus dapat menggunakan bahan atau materi sebagai salah satu sarana. Karena manusia tanpa adanya materi hasil yang dikehendaki tidak akan pernah tercapai.

4. Mesin (Machines)

Sebuah kegiatan perusahaan tentunya memerlukan mesin, karena penggunaan mesin dapat mempermudah perusahaan dalam melakukan pekerjaannya, serta dengan adanya mesin pastinya dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

5. Metode (Methods)

Dalam pelaksanaan kerja diperlukan tata cara kerja yang baik guna memperlancar jalannya pekerjaan. Sebuah metode-metode kerja dinyatakan sebagai penetapan cara pelaksanaan kerja dengan memberikan berbagai pertimbangan dari sasaran, fasilitas yang tersedia, serta uang dan kegiatan usaha.

6. Pasar (Market)

Memasarkan produk sangat penting karena akan menjadi pertimbangan, apakah produk tersebut akan terus di produksi atau dihentikan produksinya. Supaya dapat menguasai pasar, kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli konsumen.

Contoh dan Jenis-Jenis Manajemen

Terdapat banyak contoh yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa contoh manajemen beserta jenisnya.

  • Manajemen Strategi
  • Manajemen Biaya
  • Manajemen Organisasi
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Produksi
  • Manajemen Komunikasi
  • Manajemen Kontruksi
  • Manajemen Agribisnis
  • Manajemen Hubungan Masyarakat
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Waktu
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Manajemen Personalia
Baca Juga :  Teori Pembentukan Tata Surya

Demikianlah artikel mengenai Manajemen : Pengertian, fungsi, Peran, Unsur, Jenis dan Contohnya. Semoga artike diatas bisa membantu teman-teman dosenpintar.co.id dalam menambah wawasan serta pengetahuannya. Sampai ketemu lagi di artikel lainnya

 

Related posts: