Manajer : Pengertian, fungsi, Tugas, Etika, Tingkatan dan Peran

Posted on

Pengertian Manajer – Halo para pembaca setia dosenpintar.co.id, di pembahasan sebelumnya kita sudah membahas artikel tentang Pengertian Manajemen maka pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Manajer : Pengertian, fungsi, Tugas, Etika, Tingkatan dan Perannya. Langsung aja simak artikelnya dibawah ini.

Pengertian Manajer

Pegertian Manajer Secara Umum

Secara umum, manajer didefinisikan sebagai orang yang memiliki pengalaman, pengetahuan, serta keterampilan untuk dapat memimpin, mengelola, mengendalikan, mengatur dan mengembangkan organisasi demi mencapai tujuannya. Manajer juga merujuk pada seseorang yang dapat mengarahkan orang lain dan mampu bertanggung jawab atas kegiatan ataupun pekerjaan tersebut.

Pengertian Manajer Menurut Para Ahli

Adapun menurut para ahli pengertian dari manajer adalah sebagai berikut :

Kimball and Kimball (1951)

Merupakan seseorang yang terdiri dari keseluruhan fungsi serta tugas yang meliputi sebuah sistem penyusunan perusahaan, pembiayaan, penyediaan seluruh peralatan di sebuah perusahaan/organisasi.

James A.F Stonner

Seseorang yang melakukan segala perencanaan, proses, pengorganisasian, pengarahan serta pengawasan usaha-usaha dari para anggota organisasi guna mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

Prof. Dr. H. Arifin Abdurachman

Orang yang melakukan kegiatan-kegiatan atau aktivitas-aktivitas, proses kegiatan didalam rentetan maupun urutan suatu proses kegiatan.

Dr. SP. Siagian

Orang yang memiliki sebuah kemampuan dan keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam upaya untuk mencapai tujuan melalui tindakan kerja orang lain.

KBBI

Orang yang mengatur pekerjaan atau kerjasama diantara berbagai kelompok atau sejumlah orang untuk mencapai sasaran/tujuan.

Baca Juga :  Contoh Surat Keterangan Domisili Lengkap dan Mudah

Fungsi Dan Tugas Manajer

Adapun tugas manajer yang harus dijalankan adalah sebagai berikut:

  • Menjadi pemimpin organisasi
  • Mengatur dan mengendalikan organisasi
  • Melakukan pengembangan terhadap organisasi yang dipimpin
  • Melakukan penyelesaian masalah yang dihadapi organisasi
  • Melakukan pengawasan terhadap organisasi
  • Meningkatkan tanggung jawab kepada para pekerjanya
  • Melakukan evaluasi kegiatan yang dilakukan organisasi
  • Melakukan pengembangan dan menggali sumber daya yang ada di organisasi.

 

Etika Manajer

Seorang manajer harus memiliki sikap atau etika yang baik dalam suatu proses manajerial. Ada tiga kategori etika manajer, yaitu :

  1. Tingkah laku kepada karyawan
  2. Tingkah laku kepada organisasi
  3. Tingkah laku kepada agen ekonomi lainnya

 

Keterampilan Manajer

Seorang manajer memerlukan minimal tiga keterampilan dasar, antaralain :

  1. Keterampilan Konseptual. Manajer harus memiliki keterampilan dalam pembuatan konsep, ide serta gagasan demi kemajuan organisasi/perusahaan.
  2. Keterampilan Komunikasi. Keterampilan dalam berkomunikasi atau berhubungan dengan orang lain juga harus dimiliki oleh seorang manajer terhadap bawahan yang dipimpinnya.
  3. Keterampilan Teknis. Keterampilan ini diperlukan seorang manajer untuk melaksanakan suatu pekerjaan tertentu seperti memakai program komputer, memperbaiki mesin, akuntansi dan lain sebagainya

 

Tingkatan Manajer

Manajer juga terbagi menjadi manajer puncak, manajer tingkat menengah, dan manajer lini pertama atau bawah. Yang mana penjelasannya adalah sebagai berikut.

Manajer Lini Pertama, yaitu manajemen tingkat terbawah yang tugasnya memimpin dan mengawasi karyawan non manajerial yang ikut terlibat dalam proses produksi. Sebut saja penyelia/supervisor, manajer shift, manajer kantor, ataupun manajer departemen.

Manajer Tingkat Menengah, yaitu bertugas sebagai penghubung antara manajer lini pertama dan manajer puncak, jabatan dalam manajer tingkat menengah yaitu kepala bagian, kepala proyek, atau manajer pabrik

Manajer Puncak, yaitu bertugas dalam perencanaan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan melakukan pengarahan terhadap jalannya perusahaan. Jabatan dalam manajer puncak yaitu CEO (Chieft Executive Order), CIO (Chieft Information Officier), dan CFO (Chieft Financial Officier).

Baca Juga :  Contoh Makalah Pengertian, Jenis dan Ciri

Peran Manajer

Adapun peran dari seorang manajer adalah sebagai berikut.

  • Peran figure, manajer merupakan simbol dari perusahaan.
  • Peran pemimpin, seorang manajer harus mampu memimpin, membimbing, serta memotivasi perusahaan.
  • Peran penghubung, seorang pemimpin adalah penghubung antar anggota dan sumber daya manusia, antar anggota dan pihak luar.
  • Pemonitor, manajer harus menjalankan peran dalam hal mencari, menerima berbagai informasi pengembangan pemahaman industri.
  • Juru bicara, manajer harus bisa menjadi juru bicara dalam penyebaran informasi baik kepada pihak dalam maupun luar perusahaan.

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Manajer, fungsi, Tugas, Etika, Tingkatan dan Peran Manajer semoga artike ini bisa membantu teman-teman dosenpintar.co.id dalam mencari jawaban, serta menambah ilmu dan wawasannya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

 

Related posts: