Pengertian Marketing : Fungsi, Konsep, Tujuan dan Contoh

Posted on

Pengertian Marketing  – Pada Artikel sebelumnya kita juga pernah membahas mengenai masalah EkonomiSeperti Peran Pelaku Ekonomi , pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai Pengertian Marketing atau isitilahnya pemasaran, beserta konsep, strategi, tujuan dan juga faktor yang mempengaruhi dalam strategi pemasaran, Agar sobat dapat memahami tema pembahasan kali ini mari simak sajian yang sudah dosenpintar.co.id rangkum dibawah ini :

Pengertian Marketing

Pengertian Marketing

Pemasaran adalah rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan dari pelanggan dengan berbagai cara agar produk yang dipasarkan disukai konsumen.

Pengertian Marketing Secara Umum

Marketing atau yang biasa dikenal dengan pemasaran memiliki peran yang sangat penting untuk semua jenis bidang usaha komersial, pemasaran itu sendiri memiliki posisi sebagai penghubung antara perusahaan-perusahaan produsen produk dengan masyarakat sebagai pengguna produk.

Pengertian Marketing Menurut Para Ahli

Philip Kotler

Menurut Philip Kotler, mengatakan bahwa pemasaran adalah kegiatan sosial dan kesepakatan yang dibuat oleh individu atau kelompok untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan untuk membuat suatu produk dan kemudian menukarnya dengan nilai nominal tertentu kepada pihak lain.

Tung Desem Waringin

Menurut Tung Desem Waringin menyatakan bahwa pemasaran adalah mengkomunikasikan nilai tambah yang lebih besar.

Tujuan Pemasaran

  1. Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kami produksi dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka untuk produk yang diproduksi.
  2. Perusahaan dapat menjelaskan secara rinci semua kegiatan yang berkaitan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini mencakup berbagai kegiatan, mulai dari deskripsi produk, desain produk, promosi produk, iklan produk, komunikasi kepada konsumen, hingga pengiriman produk untuk menjangkau konsumen dengan cepat.
  3. Kenali dan pahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk tersebut cocok dan bisa menjual sendiri.
Baca Juga :  √Macam Kebutuhan : Primer, Skunder dan Tersier

 

Fungsi Pemasaran

  1. Memberikan informasi tentang produk yang dijual oleh perusahaan.
  2. Mempengaruhi keputusan untuk membeli konsumen.
  3. Untuk menciptakan nilai ekonomis suatu barang.

 

Contoh Pemasaran

Selanjutnya strategi bagaimana cara memasarkan produk baru yang merupakan tujuan bisnis untuk meningkatkan penjualan, dibawah ini akan diluas beberapa contoh pemasaran atau marketing.

  • Promosi produk
    Promosi ini merupakan upaya untuk menawarkan produk, dapat menarik calon pelanggan untuk membeli. Selain itu, tujuan promosi adalah untuk menyebarkan informasi produk ke pasar sasaran potensial, memenangkan penjualan, memenangkan pelanggan baru dan mempertahankan loyalitas pelanggan, mengubah pendapat dan sikap konsumen, membentuk gambar produk, menstabilkan penjualan dan tingkatkan keuntungan produk kompetitif.
  • Riset pasar
    Strategi pemasaran berikutnya adalah riset pasar. Penelitian pasar diperlukan untuk menentukan potensi produk yang dijual kepada konsumen. Jika hasilnya positif, maka Anda dapat menjual produk Anda. Jika negatif, Anda harus mengevaluasi dan mengemas produk Anda dengan cara yang dapat diterima konsumen.
  • Layanan pelanggan
    Layani pelanggan Anda juga. Karenanya, konsumen yang mendapat perhatian lebih dari Anda akan menjadi pelanggan yang loyal. Menjadi salah satu tetangga Anda bagi konsumen. Berikan pembayaran mudah kepada konsumen, jika perlu, berikan diskon atau bonus. Tanyakan klien Anda apa yang perlu diperbaiki dan minta saran untuk pergi ke pasar yang tepat.
  • Kualitas produk yang dijual.
    Menjual produk baru memiliki risiko. Jika produk Anda mengecewakan ketika diluncurkan untuk pertama kalinya, konsumen akan meninggalkannya. Kualitas produk dapat dibuat dengan memuaskan kebutuhan Anda. Produk baru ini harus dibutuhkan oleh banyak orang dan memiliki kualitas yang baik.

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Marketing : Fungsi, Konsep, Tujuan dan Contoh. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan bagi pembaca dosenpintar.co.id dan sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya.

Baca Juga :  √Ciri Pasar Persaingan Sempurna: kebaikan dan Keburukannya

Baca Juga :

5.0
05
Bagikan Artikel :