Media Sosial : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Tujuan

Posted on

Pengertian Media Sosial –  Media sosial adalah teknologi berbasis website atau aplikasi android atau ios yang dapat mengubah suatu komunikasi ke dalam bentuk dialog interaktif. Pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas tentang Pengertian SWOT. Dan kali ini kita akan membahas artikel mengenai Pengertian Media Sosial, Jenis Media Sosial, Fungsi Media Sosial serta dampak Media Sosial beserta ulasan lengkapnya. Mari untuk ulasan artikel tersebut kita simak di bawah ini.

pengertian media sosial

Pengertian Media Sosial Secara Umum

Apa itu media sosial ? Pengertian media sosial adalah media online yang digunakan sebagai sarana interaksi sosial online di Internet. Di jejaring sosial, penggunanya dapat berkomunikasi satu sama lain, berinteraksi, berbagi, jaringan, dan kegiatan lainnya.

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

Agar lebih mudah untuk dapat memahami Apa itu media sosial  maka kita dapat melihat dari beberapa pakar ahli. Berikut ini adalah pengertian media sosial menurut para ahli:

  1. Philip Kotler dan Kevin Keller
    Bagi Philip dan Kevin Keller penafsiran media sosial merupakan fasilitas untuk konsumen untuk berbagai data teks, foto, video, serta audio dengan satu sama lain serta dengan perusahaan dan sebaliknya.
  2. Marjorie Clayman
    Bagi Marjorie Clayman penafsiran media sosial merupakan alat pemasaran baru yang membolehkan untuk mengetahui pelanggan serta calon pelanggan dengan metode yang sebelumnya tidak mungkin.
  3. Andreas M. Kaplan dan Michael Haenlien
    Bagi Andreas M. Kaplan dan Michael Haenlien penafsiran media sosial merupakan kelompok aplikasi berbasis Internet yang dibentuk dengan dasar- dasar ideologis Website 2. 0( yang ialah platform dari evolusi media sosial) yang membolehkan terbentuknya penciptaan serta pertukaran dari User Generated Content.
  4. Michael Cross
    Bagi Michael Cross penafsiran media sosial merupakan suatu sebutan yang menggambarkan beragam teknologi yang digunakan buat memadu orang- orang ke dalam suatu kolaborasi, saling bertukar data, serta berhubungan lewat isi pesan yang berbasis website.
Baca Juga :  Pengertian Pelanggaran HAM

Karakteristik Media Sosial

Kita dapat mengenali sebuah media sosial melalui ciri- ciri yang dimilikinya. Berikut ini merupakan sebagian ciri media sosial tersebut:

  1. Partisipasi Pengguna
    Semua media sosial mendorong penggunanya untuk berpartisipasi dan memberikan umpan balik terhadap sesuatu pesan ataupun konten di media sosial. Pesan yang dikirimkan bisa diterima ataupun dibaca oleh banyak orang.
  2. Adanya Keterbukaan
    Sebagian besar media sosial membagikan kesempatan untuk penggunanya untuk membagikan komentar, melakukan voting, berbagi, dan lain- lain. Pengiriman pesan dapat dilakukan dengan bebas tanpa harus melalui Gatekeeper.
  3. Adanya Perbincangan
    Mayoritas media sosial membolehkan adanya interaksi terhadap sesuatu konten, baik itu dalam wujud respon maupun pembicaraan antar penggunanya. Serta penerima pesan bebas menentukan kapan melaksanakan interaksi terhadap pesan tersebut.
  4. Keterhubungan
    Lewat media sosial, para penggunanya bisa tersambung dengan pengguna yang lain lewat sarana tautan( links) serta sumber data yang lain. Proses pengiriman pesan ke media sosial yang lebih cepat dibanding dengan media yang lain membuat banyak informasi terhubung dalam satu media sosial.

 

Fungsi Media Sosial

Setelah memahami pengertian media sosial serta karakteristiknya, pastinya kita juga perlu tahu apa saja fungsinya. Berikut ini merupakan beberapa fungsi media sosial secara umum:

  • Memperluas interaksi sosial manusia dengan menggunakan teknologi internet serta web.
  • Menghasilkan komunikasi dialogis antara banyak audiens( many to many).
  • Melaksanakan transformasi manusia yang tadinya pemakai isi pesan berganti jadi pesan itu sendiri.
  • Membangun personal branding untuk para pengusaha maupun tokoh masyarakat.
  • Sebagai media komunikasi antara pengusaha maupun tokoh masyarakat dengan para pengguna media sosial yang lain.

 

Tujuan Media Sosial

Seperti yang disebutkan pada definisi media sosial di atas, salah satu tujuannya merupakan sebagai media komunikasi alternatif untuk masyarakat. Berikut ini merupakan sebagian tujuan menggunakan media sosial secara umum:

Baca Juga :  Pengertian Introvert

Aktualisasi Diri

Untuk sebagian besar orang, media sosial ialah tempat untuk aktualisasi diri. Mereka menjunjukkan bakat serta keunikan di media sosial sehingga bisa dilihat banyak orang. Tidak heran mengapa dikala ini banyak artis berlomba- lomba buat terkenal di media sosial mereka.

Membentuk Komunitas

Komunitas online sangat gampang ditemui saat ini, baik itu di web forum ataupun di web social network yang lain. Media sosial jadi wadah tempat berkumpulnya masyarakat online yang mempunyai atensi yang sama untuk saling berbicara serta bertukar data ataupun pendapat.

Menjalin Hubungan Pribadi

Media sosial pula berfungsi penting dalam aktivitas menjalin hubungan personal dengan orang lain secara individu. Terdapat banyak sekali pengguna media sosial yang menemukan pendamping hidup, sahabat, rekan bisnis, di media sosial.

Media Pemasaran

Pengguna media sosial yang jumlahnya sangat banyak pasti saja jadi tempat yang sangat potensial buat memasarkan sesuatu. Bisnis online yang banyak tumbuh saat ini ini banyak dipengaruhi oleh media sosial sebagai tempat promosi.

Jenis-Jenis Media Sosial

Dengan semakin pesatnya perkembangan zaman saat ini ada banyak sekali jenis media sosial yang bisa kita temukan di internet, selain jenis platformnya yang berbeda-beda, jenis konten yang ada di dalam media sosial tersebut juga sangat kaya dan beragam.

Berikut ini adalah beberapa jenis media sosial tersebut:

1. Social Networks
Social Networks atau disebut dengan istilah jejaring sosial merupakan jenis media sosial yang paling umum banyak dikenal dan paling banyak digunakan saat ini, berikut beberapa social network yang paling banyak digunakan saat ini;

  • YouTube
  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • WhatsApp
  • Google Plus
  • Pinterest
  • Dan lain-lain

2. Forum Komunitas Online
Situs forum dan komunitas online umumnya dibangun oleh perorangan atau kelompok yang memiliki minat pada bidang tertentu. Para pengguna forum tersebut dapat melakukan diskusi, chatting, dan memposting tentang topik yang berhubungan dengan minat mereka.

Baca Juga :  Terbaru! Akreditasi Universitas Terbuka (UT)

Beberapa contoh komunitas online:

  • Kaskus.co.id
  • Ads.id
  • Brainly.co.id
  • Indowebster.com
  • Dll

3. Situs Blog
Situs blog juga termasuk dalam kategori media sosial karena memungkinkan pemilik blog dan pembacanya untuk berinteraksi. Umumnya blog dibuat berdasarkan minat atau keahlian si pemilik blog dan konten di dalamnya dapat mempengaruhi banyak orang.

Beberapa contoh situs blog:

  • dosenpintar.co.id
  • rumus.co.id
  • contohsoal.co.id
  • Dll

4. Social Bookmark
Design dari social bookmarking awalnya merupakan sebagai wadah bagi para pengguna internet untuk bookmark alamat website yang mereka sukai, namun akhir-akhir ini pengguna situs social bookmark mulai berkurang karena situs ini banyak digunakan untuk kegiatan spam.

Beberapa contoh situs social bookmark yang populer:

  • Reddit
  • Slashdot
  • Diigo.com
  • Scoop.it
  • Dll

Baca Juga :

Related posts: