Pengertian Pelanggaran HAM

Posted on

Pengertian Pelanggaran HAM – Oke sahabat dosenpintar.co.id, pada artikel sebelumnya kita telah membahas artikel mengenai Pengertian Demokrasi: Sejarah, Ciri-Ciri, Prinsip, dan Jenis Demokrasi, maka kali ini kita akan membahas artikel mengenai Pengertian Pengertian Pelangaran HAM. Berbicara tentang pelanggaran HAM, pelanggaran HAM sudah sering terjadi di Indonesia khusunya dilingkungan masyarakat secara umum. Nah langsung aja yuk simak artikel ini beserta ulasan lengkapnya dibawah.

Pengertian Pelanggaran HAM Secara Umum

Pengertian HAM secara umum yaitu, sebuah tindakan pelanggaran yang dilakukan oleh individu maupun aparat negara atau institusi lainnya terhadap hak asasi individu orang lain tanpa adanya sebuah alasan yang rasional sebagai pijakan dari tindakan tersebut

Pengertian Pelanggaran HAM Menurut UUD

Menurut Undang-Undang Dasar dijelaskan bahwa pelanggaran hak asasi manusia (HAM) merupakan sebuah/setiap perbuatan dari seseorang atau kelompok termasuk aparat hukum baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara hukum mengurangi, menghalangi, membatasi dan mencabut hak asasi manusia seseorang atau kelompok yang dijamin oleh undang-undang.

Jenis Pelanggaran HAM

Secara umum pelanggaran ham dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Pelanggaran HAM Berat

Kasus pelanggaran HAM berat misalnya:

  • Pembunuhan
  • Melakukan berbagai bentuk penyiksaan
  • Pembunuhan secara masal
  • Menghilangkan/menculik seseorang secara paksa
  • Pemerkosaan

2. Pelanggaran HAM Ringan

Sementara kasus pelanggaran HAM ringan misalnya:

  • Melakukan penganiayaan
  • Penghinaan secara verbal
  • Segala bentuk kekerasan fisik
  • Melakukan tindakan yang mencemarkan nama baik seseorang
  • Menghalangi seseorang untuk menyampaikan aspirasinya
Baca Juga :  Pengertian Introvert

 

Contoh Pelanggaran HAM

Contoh kasus pelanggaran HAM internasional:

1. Kasus pelanggaran HAM Israel terhadap Palestina

negara Israel pada mulanya merupakan sekumpulan orang Yahudi yang hanya ingin mengungsi ke negara Palestina. Di Palestina, orang-orang Israel ini disambut dan diperlakukan dengan baik. Namun pada akhirnya negara Israel mulai melakukan rencana menguasai wilayah Palestina sedikit demi sedikit. Mereka melakukan pengusiran, penggusuran rumah-rumah penduduk Palestina secara paksa tanpa memikirkan hak dan kewajiban warga negara. Orang-orang Israel ini percaya bahwa Palestina merupakan tanah yang dijanjikan buat mereka mendirikan sebuah negara. Beberapa waktu kemudian Amerika Serikat membantu Israel sehingga mereka mendapat sebagian besar wilayah Palestina. Demi Israel melakukan penyerangan dengan mobil tank, pesawat tempur, serangan bom yang memakan banyak korban penduduk Palestina. Bahkan PBB tidak mampu menyelesaikan konflik yang menelan banyak nyawa tersebut meski negara Palestina sudah mendapat pengakuan masih menjadi sebuah negara dan memperoleh kemerdekaan.

2. Kasus kekejaman Adolf Hitler di Jerman

Pemerintahan otoriter Hitler didukung oleh partai NAZI yang memenangkan pemilu di Jerman. Beberapa kasus pelanggaran HAM yang dilakukannya adalah melakukan penangkapan dan pengasingan para musuh politik yang menentang pemerintahannya, membunuh dan mengusir bangsa Yahudi , melakukan pembantaian massal di Austria dan Cekoslovakia.

3. Kasus pelanggaran HAM Uni Soviet kepada Afghanistan

Pada tahun 1979-1990 Uni Soviet (sekarang Rusia) melakukan penyerangan terhadap negara Afghanistan dengan membagi negaranya terdiri dari beberapa bagian. Tetapi tentara-tentara dari Uni Soviet menyerang para penduduk Afghanistan yang dianggap mencurigakan dan menghalangi aksinya. Penyerangan tersebut memakan banyak korban dari penduduk Afghanistan baik dari tentara maupun penduduknya.

4. Kasus Husni Mubarak di Mesir

Baca Juga :  Contoh Pamflet

Presiden Mesir (Husni Mubarak) dalam empat dekade menghadapi penentangan massal oleh rakyat Mesir agar turun dari jabatannya karena sikapnya yang otoriter. Hal tersebut membuat rakyat melakukan demonstrasi. Namun, demontrasi tersebut  menghasilkan banyak korban yang berjatuhan karena tentara pemerintahan Husni yakni dengan melakukan penembakan. Namun pada akhirnya Husni Mubarak justru tewas di tangan rakyatnya sendiri.

Contoh kasus pelanggaran HAM Pada Lingkungan Sekolah dan Keluarga

Contoh kasus pelanggaran HAM di lingkungan sekolah:

  • Seorang siswa menganiaya temannya
  • Seorang guru melakukan diskriminasi terhadap siswanya
  • Siswa melakukan tindak pembullyan tehadap temannya
  • Siswa mengejek atau menghina temannya
  • Guru melakukan pelecehan seksual terhadap muridnya

Contoh kasus pelanggaran HAM di lingkungan keluarga:

  • Orangtua menganiaya anaknya ataupun membunuhnya
  • Orangtua memaksakan kehendak si anak
  • Majikan atau keluarga yang melakukan tindakan sewenang-wenang terhadap pembantunya
  • Anak membunuh saudaranya ataupun orangtuanya

 

Solusi Pelanggaran HAM

Adapun solusi untuk meminimalisir tindak pelanggaran ham antaralain:

  1. Melakukan reformasi terhadap aparat hukum dan peradilan untuk lebih bertindak tegas.
  2. Mengeluarkan UU untuk menindak praktik pelanggaran HAM.
  3. Melakukan sosialisasi terhadap masyarakat dan institusi peradilan tentang mengidentifikasi bentuk pelanggaran HAM
  4. Membentuk lembaga untuk mengurus perlindungan saksi maupun korban dalam pelanggaran HAM.

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Pelanggaran HAM beserta ulasan lengkapnya. Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca dosenpintar.co.id dalam menambah wawasan serta ilmu pengetahuannya. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel lainnya.

Baca Juga :

 

Related posts: