√ Pengertian Pendapatan Nasional : Metode dan Kmponennya

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian pendapatan nasional

Coba perhatikan kegiatan ekonomi keluarga kalian, untuk apa orang tua kalian setiap hari pergi kekntor, kepasar untk berdagang dan yang lainnya, tentusaja mereka berusaha untuk memperoleh pendapatan guna memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Pendapatan tersebut diperoleh sebagi balas jasa atas tenaga yang ia sumbangkan, taha sawah atas tenaga yang ia sumbangkan, tanah/sawah yang ia sewakan keuntungan dari berdagang dan lainnya. Untuk menghitung nilai barang dan juga jasa diciptakan oleh satu perekonomian, ada tiga car pendekattan, berikut ini ialah beberapa metode pendekatan yang digunakan

Metode pendekatan produksi

Penghitungan pendapatan nasional menggunakan metode pendekatan produksi, yaitu dengan menjumlahkan nilai produksi masing-masing pada sektor ekonomi atau dengan menumlahkan secara keseluruhan nilai tambah dari semua kegiatan ekonomi yang dihasilkan perusahaan.

Sebuah baju sebelum diproduksi tentu harus dicari bahan bakunya dulu, yaitu kapas, kemudian memproduksi benang dan juga kain. Jika penghitungan nilai produk didasarkan pada nilai akhir dari baju, kain benang dan juga kapas maka akan terjadi penghitungan ganda. Dengan begitu untuk memperoleh nilai produksi tanpa terjadi penghitungan ganda, maka harus menghitung nilai tambahannya. Dibawahi ni ialah contoh penghitungan nilai produksi sebuah baju dengan asumsi bahwa jumlah masing-masing produk adalah satu.

√ Pengertian Pendapatan Nasional : Metode dan Kmponennya

  • Metode pendekatan pengeluaran

Pendapatan nasional jika dihitung dengan metode pendekatanpengeluaran maka penghitungan nya dengan menumlahkan keseluruhan pengeluaran untuk membeli baran dan juga jasa yang dilakukan oleh seluruh masyaraka.

Baca Juga :  √ Kebijakan Pemerintah : Fiskal dan Moneter

Data pendapatan nasional yang dihitung dengan cara mengeluaran ini akan bisa memberi gambaran tentang smpai dimana baiknya tingkat pertumbuhan yang di capati dan tingkat keakmuran yang sedang dinikmati. Data pendatapan nasional ini juga memt berikan inforasi dan data yang ditubutuhkan dalam analisis mikroekonomi

Berikut ini ialah Rumus penghitung pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran:

√ Pengertian Pendapatan Nasional : Metode dan Kmponennya

  • Metode pendekatan pedapatan

Besarnya pendapatan nasional dihitung dengan menjulahkan pendapaan yang ditterima oleh faktor-faktor produksi yang digunakan dalam menghasilkann barang dan jasa yang diproduksi di suatu negara selama 1 tahun. Pendapatan dari faktor produksi meliputi gaji dan upah, bunga modal, sewa tanah dan juga laba. Dalam penghitungan pendapatan ansional yang sebenarnya, penggolongan pendapatan faktor-faktor produksi seperti yang dinyatakan diatas. Dengan kata lain, pendapatan nasional ttidak ti dantukan dengean menghitung dan juga menjumlahkan seluruh gani dan jupah, bunga, sewa dan juga keuntungan yang diterima oleh seluruh faktor produksi dalam 1 tahun  tertentu. Beriku ini persamaan unttuk menghitung pendapatan nasional

√ Pengertian Pendapatan Nasional : Metode dan KmponennyaKomponen-komponen pendapatan nasional

Berikut ini merupakan beberapa komponen dalam penghitungan pendapatan nasional.

  • Produk domestik bruto (PDB)

Produk domestik bruto merupakan nilai seluruh produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh unit-unit produksi di suatu negara selama satu tahun, baik oleh perusahaan nasional maupun oleh perusaah asing yang berada di negara tersebut. Dengan begitu, pendapatan yang diperoleh dari produksi barang dan juga jasa yang dihasilkan oleh penduduk satu negara yang berada diluar negeri tidak turut diperhitungkan. Akan tetapi penerimaan produk dari warge negara asing yang berbeda di luar negeri justru ikut diperhitungkan. Berhatikan besara PDB atas harga berlaku dan atas dasar harga konstan tahun 2000 pada triwulan I dan II tahun 2006

√ Pengertian Pendapatan Nasional : Metode dan Kmponennya

√ Pengertian Pendapatan Nasional : Metode dan Kmponennya

  • Produk nasional bruto (PNB)

Produk nasional bruto merupakan jumlah seluruh  produk dan juga jasa suatu negara dalam satu tahun, yang meliputi barang dan jasa yang dihasilkan oleh seluruh warga negara baik yang berada didalam negeri maupun luar negeri. Dalam pengertian ini, barang dan juga jasa yang dihasilkkan oleh perusahan asing yang berbeda di dalam negeri tidak diperhingungkan. Ada bua alirang penyebaran penggunaan jasa faktor produksi, diantaranya ialah

  1. Apabila hasil produk perusahaan asing yang berada di dalam negeri lebih besar dari hasil produk perusahaan nasional du luar negeri, maka akan terjadi pembayaran penggunaan jasa faktor produksi ke luar negeri. Selisih tersebut ialah dinamakan dengan pendapatan netto terhadap luar negeri dari faktor produksi
  2. Jika hasil produksi perusahaan asing yang berada di dalam negeri lebih kecil dari pada produksi di perusahaan nasional di luar negeri maka akan terjadi pembayaran kedalam negeri. Selisihnya dinamakan dengan pendapatan netto ke dalam negeri dari faktor produksi.

Perhatikan gambar dibawah ini

√ Pengertian Pendapatan Nasional : Metode dan Kmponennya

  • Produk nasional netto atau net national product (NNT)

Produk nasional netto ialah niai pasar barang dan juga jasa yang dihasilkan dalam satu tahun. Untuk menghittung NNP ialah produk nasiolan bruo (PNB) dikurangi dengan menyusutan. Penyusutan di sini artinya penyusutan barang yang digunakan dalam prouses produksi atau barang modal.

√ Pengertian Pendapatan Nasional : Metode dan Kmponennya

  1. Pendapatan nasional bersih atau disebut juga net national income (NNI)

Pendapatan nasional bersih dapat dilihat dari dua sisi.

  1. Dari sis pendapatan, ialah pendapatan yang dihitung menurut jumlah balas jasa yang diterima oleh masyarakat sebagai pemilik faktor produksi.
  2. Dari sisi produksi, ialah jumlah nilai bersih barang dan juga jasa yang dihasilkan oleh suatu negara.
Baca Juga :  √Ciri Pasar Persaingan Monopolistik: Kelebihan dan Kekurangannya

Untuk mengetahui besarnya NNI yaitu NNP dikurangi dengan pajak tidak langsung. Pajak tidak langsung merupakan pajak yang pembebanannya bisa dilipahkan kepada pihak lain, misalnya ialah pajak pertambahan nilai (PPN) dan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM).

√ Pengertian Pendapatan Nasional : Metode dan Kmponennya

  • Pendapatan perorangan atau personal income (PI)

Pendapatan perorangan ialah seluruh pendapatan yang benar-benar diterima oleh masyarakat. Jenis pendapatan yang tidak termasuk dalam pendapatan nasional, ialah pendapatan pribadi.

Berikut ini ialah bendapatan yang tergolong pendapatan nsional tetapi tidak termasuk sebagai pendapatan pribadi.

  1. Keuntungan perusahaan yang tidak dibagikan
  2. Pajak yang dikenakan pemerintah atas keuntungan perusahaan.
  3. Kontribusi yang dilakukan oleh perusahaan dan juga para pekerja pada dana pensiun

Untuk menghitung pendapatan perorangan ialah sebagai berikut:

√ Pengertian Pendapatan Nasional : Metode dan Kmponennya

  • Pendapatan bebas atau disposible income (DI)

Jika pendapatan pribadi dikurangi oleh pajak yang harus dibayar oleh para menerima pendapatan, nilai yang tersisa dinamakan dengan pendapattan disposibel. Dengan begitu, pada hakikatnya pendapatan disposibel ialah pendapatan yang bisa digunakan oleh penerimanya, yaiu semua rumah tangga yang ada dalam  perekonomian, untuk membeli barang dan jasa yang mereka inginkan.

DI=PI-PAJAK LANGSUNG

√ Pengertian Pendapatan Nasional : Metode dan Kmponennya

demikianlah artikel dari dosenpintar.co.id mengenai √ Pengertian Pendapatan Nasional : Metode dan Kmponennya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  √ Faktor Penyebab Inflasi dan Danpak Negatifnya
Baca Juga :  √ Maslah Yang Dihadapi Pemerintah Di Bidang Ekomoni
Baca Juga :  √Perbedaan Ekonomi Mikro, Makro dan Pengertiannya
Baca Juga :  √Ciri Pasar Oligopoli: Kelebihan dan Kekurangannya
Bagikan Artikel :