Penelitian : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan dan Contoh

Posted on

Pengertian Penelitian – Halo para pembaca setia dosenpintar.co.id. Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang pengertian rumusan masalah dan kali ini kita akan membahas artikel tentang Penelitian : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan dan Contohnya. Karena pada dasarnya kedua istilah tersebut memiliki keterkaitan. Daripada penasaran langsung aja yuk simak penjelasannya dibawah ini.

pengertian penelitian
 

Pengertian Penelitian Adalah

Apa sih pengertian penelitian itu? Penelitian atau research adalah suatu cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Maksud dari cara ilmiah yaitu sebuah penelitian harus didasarkan pada ciri-ciri keilmuan yaitu rasional, empiris dan sistematis.

  • Rasional, penelitian harus dilakukan dengan upaya yang masuk akal dan dapat diterima oleh orang-orang.
  • Empiris, penelitian harus berdasarkan fakta dan memiliki sumber-sumber yang terpercaya.
  • Sistematis, penelitian harus dilakukan secara terstruktur sesuai dengan langkah/prosedur supaya dapat menjelaskan sebab-akibat dari objek yang diteliti.

 

Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli

Para ahli juga mengemukakan pendapatnya tentang pengertian dari penelitian, antaralain:

1. Soetrisno Hadi

Menurut Soetrisno Hadi, penelitian adalah usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan, yang mana dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah.

2. Soerjono Soekanto

Menurutnya penelitian merupakan suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan berdasarkan analisis dan konstruksi yang dilakukan secara sistematis, metodologis dan konsisten yang bertujuan untuk mengungkap kebenaran mengenai apa yang sedang dihadapinya.

3. Donald Ary

Selain itu pengertian penelitian menurut Ary adalah penerapan dari pendekatan ilmiah pada suatu pengkajian masalah dalam memperoleh informasi yang berguna serta hasil yang dapat dipertanggungjawabkan.

Baca Juga :  Contoh Surat Pernyataan

4. Tyrus Hillway

Hillway mengatakan bahwa penelitian ialah suatu metode studi yang sifatnya mendalam dan penuh kehati hatian dari segala bentuk fakta yang bisa dipercaya atas suatu masalah tertentu guna memecahkan masalah tersebut.
 

Ciri-Ciri Penelitian

Suatu penelitian tentunya memiliki sebuah ciri, antaralain :

  1. Bersifat ilmiah, artinya sebuah penelitian harus mengikuti prosedur serta selalu menggunakan bukti yang meyakinkan dalam bentuk fakta yang diperoleh secara objektif.
  2. Penelitian, proses yang berjalan dilakukan terus menerus dan berkesinambungan karena hasil dari penelitian bisa selalu disempurnakan.
  3. Konstribusi, penelitian harus memiliki konstribus (nilai tambah) sehingga ada hal baru yang bisa ditambahkan dalam sebuah penelitian.
  4. Analitis, artinya penelitian yang dikerjakan harus dibuktikan dan diuraikan dengan menggunakan metode ilmiah dan harus ada sebab akibat diantara variabelnya.

 

Fungsi Penelitian

Tentunya suatu penelitian memiliki sebuah fungsi. Adapun fungsi dari penelitian antaralain sebagai berikut :

  • Mendeskripsikan, serta memberikan data atau informasi.
  • Menjelaskan latarbelakang tentang terjadinya suatu peristiwa atau fenomena.
  •  Menyusun sebuah teori.
  • Meramalkan, mengestimasi, dan memproyeksikan suatu peristiwa yang mungkin terjadi berdasarkan dengan data-data yang sudah dikumpulkan.
  • Mengendalikan peristiwa maupun gejala-gejala yang sedang terjadi.

 

Tujuan Penelitian

Berikut ini adalah tujuan dari dilakukannya sebuah penelitian :

1. Tujuan Eksploratif

Maksudnya yaitu penelitian dilakukan untuk menemukan pengetahuan baru yang belum pernah ditemukan/ada sebelumnya. Seperti misalnya, penemuan ekstrak kulit manggis yang dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit.

2. Tujuan Verifikatif

Maksudnya penelitian harus bisa membuktikan atau menguji kembali kebenaran suatu ilmu pengetahuan yang ada sebelumnya. Misalnya seperti membuktikan manfaat ekstrak

3. Tujuan Pengembangan

Maksudnya yaitu penelitian harus menggali lebih dalam atau mengembangkan suatu penelitian atau pengetahuan yang telah ada. Misalnya  seperti penelitian mengenai manfaat dari ekstrak kulit kayu manis untuk mengatasi masalah diabetes.
 

Baca Juga :  Passing Grade Sekolah Kedinasan 2019

Pengertian Metode Penelitian

Metode penelitian merupakan langkah yang dimiliki dan dilakukan oleh peneliti untuk mendapatkan informasi serta mengumpulkan data dan melakukan investigasi terhadap data yang telah didapatkan tersebut. Metode penelitian memberikan suatu gambaran dalam rancangan penelitian seperti, prosedur dan langkah-langkah yang harus ditempuh, waktu penelitian, sumber data, dan dengan langkah apa data tersebut diperoleh lalu kemudian di olah dan dianalisis.

Demikianlah artikel tentang Penelitian : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan dan Contoh semoga artikel ini dapat membantu teman-teman dosenpintar.co.id dalam mencari jawaban ataupun menambah ilmu serta pengetahuannya. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel lainnya.

 

Related posts: