√ Pengertian POAC : Planning, Organizing, Actuating, Controlling

Posted on

Pengertian POAC – Hola para pembaca setia dosenpintar.co.id, pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang  Pengertian POLC maka pada artikel kali ini kita bakal membahas tentang Pengertian POAC – Planning, Organizing, Actuating, Controlling, Manfaat, Tujuan, Proses. Yuk langsung aja simak artikel berikut.

Pengertian POAC

Pengertian POAC

Sama seperti POLC, POAC merupakan fungsi manajemen yang bersifat umum dan meliputi keseluruhan proses manajerial. Dimana keempat fungsi tersebut tidak berjalan linear dalam manajemen modern, tetapi berjalan spiral. Hal ini yang memberikan kemungkinan organisasi akan bergerak terus menerus dan tidak berhenti pada satu tahap.

Pengertian POAC Menurut Para Ahli

Adapun pengertian POAC menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  1. James A.F Stonner, POAC didefinisikan bahwa manajemen merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, serta pengawasan usaha-usaha dari para anggota organisasi. Yang mana pengertiannya adalah sebuah proses atau usaha untuk mencapai tujuan dari organisasi oleh semua aspek, baik itu manusia maupun mesin.
  2. Peter F. Drucker, Menekankan bahwa pada suatu organisasi manajemen yang dibutuhkan adalah manajemen yang berjalan dengan efektif dan efisien. Yang mana menurut Drucker manajemen adalah alat serbaguna untuk mengelola bisnis, para manajer, para pekerja, dan pekerjaan itu sendiri.

 

Planning (Perencanaan) POAC

Merupakan susunan langkah-langkah secara sistematik dan teratur demi mencapai tujuan organisasi ataupun untuk memecahkan masalah tertentu. Selain itu perencanaan (planning) juga diartikan sebagai upaya pemanfaatan sumber-sumber yang tersedia dengan memperhatikan segala keterbatasan guna mencapai tujuan secara efisien dan juga efektif.

Baca Juga :  Ukuran Kertas F4 : dalam CM, Inci, MM, di Microsft Word

faktor penting yang harus diperhatikan dalam perencanaan:

  • Specific, perencanaan harus jelas mengenai maksud serta ruang lingkupnya.
  • Measurable, program kerja organisasi atau rencana harus dapat diukur tingkat keberhasilannya.
  • Achievable, perencanaan harus bisa dicapai, bukan sekedar angan-angan saja.
  • Realistic, harus sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang ada.
  • Time, harus memiliki batas waktu yang jelas, harian, mingguan, bulanan, atau tahunan.

Langkah-langkah Dalam Membuat Perencanaan:

  1. Menganalisis situasi serta identifikasi masalah
    Dalam membuat sebuah planning kita harus melakukan analisa dan identifikasi terlebih dahulu terhadap situasi dalam organisasi serta tujuan dari organisasi tersebut.
  2. Menentukan skala prioritas
    Setelah kita menganalisa dan mengidentifikasi, maka perlu dilakukan penentuan skala prioritas terhadap pelaksaan kegiatan, agar kebutuhan organisasi yang mendesak didahulukan untuk menjamin keberlangsungan organisasi.
  3. Menentukan tujuan program
    Supaya pelaksanaan seluruh kegiatan organisasi mengarah pada tujuan, maka dibutuhkan penentuan tujuan agar nantinya pelaksaan program dapat diukur pencapaiannya
  4. Menyusun rencana kerja operasional
    Organizing (Pengorganisasian) POAC

Merupakan sebuah kegiatan pemberian tugas-tugas untuk pekerja yang terlibat dalam aktivitas organisasi, sesuai dengan kompetensi SDM yang dimiliki. Dapat dikatakan bahwa kegiatan ini merupakan keseluruhan proses memilih orang-orang serta mengalokasikan sarana dan prasarana untuk menunjang tugas orang-orang dalam organisasi.

Langkah-langkah Pengorganisasian

  • Tujuan organisasi harus bisa dipahami.
  • Mendistribusikan pekerjaan ke staff secara jelas.
  • Menentukan prosedural staff.
  • Mendelegasikan wewenang.

 

Actuating (Penggerakan) POAC

Point penting dalam actuating (penggerakan) adalah menggerakan semua anggota kelompok untuk bekerja agar mencapai tujuan organisasi. Setiap pelaku dalam organisasi, harus bekerja sesuai dengan peran dan tugasnya demi mencapai visi misi dan program kerja organisasi yang telah diterapkan.

Tujuan Actuating

  • Untuk menciptakan kerjasama yang efisien.
  • Untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan staff.
  • Untuk menumbuhkan rasa memiliki dan menyukai pekerjaan.
  • Mengusahakan lingkungan dan suasana kerja yang meningkatkan motivasi para pekerja.
  • Membuat organisasi berkembang secara dinamis.
Baca Juga :  Pengertian Interaksi Manusia Komputer

 

Controlling (Penggendalian / Pengawasaan) POAC

Fungsi ini tidak hanya sekedar mengendalikan pelaksanaan program, namun juga mengawasi mengawasinya sehingga apabila ada kesalahan dapat dikoreksi. Dengan ini apa yang dikerjakan oleh staff dapat diarahkan ke jalan yang tepat, dengan maksud mencapai tujuan yang sudah direncanakan terlebih dahulu.

 

Demikianlah artikel mengenai Pengertian POAC – Planning, Organizing, Actuating, Controlling, Manfaat, Tujuan, Proses semoga artikel ini bisa membantu para pembaca dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu serta wawasannya. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel lainnya.

 

Related posts: