RNA : Pengertian, Fungsi dan Struktur

Posted on

dosenpintar.co.id – Pembaca sekalian pernah mendengar isitlah RNA, RNA adalah singkatan dari ribonucleic acid (asam ribonukleat),  Sama seperti DNA, RNA sangat penting untuk makhluk hidup. pada artikel kali ini kita akan membahas pengertian RNA yang meliputi sifat, fungsi dan juga struktur RNA, untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini :

pengertian RNA

Pengertian RNA

RNA sendiri merupakan hasil dari transkipsi dari sesuatu fragmen DNA sehingga membuat peran RNA yang merupakan polimer serta jauh lebih pendek bila dibanding dengan DNA. Tidak hanya itu tak seperti DNA yang umumnya bisa ditemukan di dalam inti sel, sebaliknya RNA sendiri mayoritas terletak di dalam sitoplasma khususnya beradadi ribosom.

DNA didefinisikan sebagai asam nukleat yang memiliki data genetik yang digunakan dalam pengembangan dan fungsi semua makhluk hidup. Molekul RNA ikut serta dalam sintesis protein dan kadang- kadang dalam transmisi data genetik.

Tugas utama RNA merupakan mentransfer kode genetik yang diperlukan untuk pembuatan protein dari nukleus ke ribosom. Proses ini mencegah DNA meninggalkan nukleus. Ini membuat DNA serta kode genetik terlindung dari kerusakan. Tanpa RNA, protein tidak akan pernah bisa dibuat.

Fungsi RNA

RNA sendiri mempunyai tugas yang cukup penting bagi manusia sebab pada sekelompok virus semacam bakteriofag, RNA ini jadi bahan genetik yang mempunyai fungsi untuk menyimpan data genetic sebagai mana tugas dari DNA yang ada pada organisme hidup yang yang lain.

Di dalam kedudukannya ini RNA akan diproduksi sebagai replika kode urutan basa nitrogen DNA di dalam proses transkripsi, kode urutan basa ini sendiri tertusun di dalam wujud triplet, tiga urusan basa N yang diketahui dengan nama kodon, serta di tiap kodon berelasi dengan satu asam amino ataupun kode yang digunakan untuk berhenti dan monomer yang menyusun protein.

Baca Juga :  √Klasifikasi Kingdom Monera : Bentuk, Struktur , Contoh dan Cara Reproduksinya

Struktur RNA

Sebab RNA sendiri merupaakn rantai tunggal yang memiliki bentuk menyerupai dengan pita serta tidak terpilin, sedangkan itu di masing- masing rantai RNA nya sendiri ialah polinukleotida yang terdiri dari banyak sekali ribonukleotida.

Bila dilihat secara umum RNA mempunyai berat molekul antara 25. 000 sampai dengan beberapa juta. Mesipun begitu pada dasarnya RNA berisi rantai polinukleotida tunggal, akan tetapi rantai yang biasa terlipat membentuk wilayah heluks ganda serta memiliki kandungan pasangan basa A: U dan juga G: C

Tipe-Tipe RNA

RNA terdapat di alam dalam bermacam jenis/ berbagai. Bagaikan bahan genetik, RNA memiliki bentuk sepasang pita( double- stranded RNA, RNA, dsRNA). Genetika molekul klasik mengarahkan, pada eukariota ada tida jenis RNA yang ikut serta dalam proses sintesis protein.

  • RNA- kurir( messenger- RNA, mRNA), yang disintesis dengan RNA polimerase I.
  • RNA- ribosom( ribosomal- RNA, rRNA), yang disintesis dengan RNA polimerase II
  • RNA- transfer( transfer- RNA, tRNA), yang disintesis dengan RNA polimerase III

Di akhir abad ke- 20 dan awal abad ke- 21 diketahui bahwa RNA ada dalam bermacam berbagai wujud serta ikut serta dalam proses pascatranslasi. Dalam pengaturan ekspresi genetik orang saat ini memahami RNA- mikro yang ikut serta dalam“ peredaman gen” ataupun gene silencing serta small- interfering RNA yang ikut serta dalam sesuatu proses pertahanan terhadap serangan virus.

Demikianlah artikel mengenai Pengertian RNA beserta beberapa ulasan lengkapnya. Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu serta wawasannya. sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca Juga :

Baca Juga :  DNA : Pengertian ,Fungsi, Sifat, Dan Struktur

 

Related posts: