Pengertian Senam, Sejarah, Manfaat dan Jenisnya Lengkap

Posted on

Pengertian Senam – Hai sahabat dosenpintar.co.id bagaimana kabarnya hari ini? Semoga sehat selalu ya, jangan lupa berolahraga. Karena dikesempatan kali ini, kita bakal membahas artikel mengenai Pengertian Senam, Sejarah, Manfaat dan Jenisnya Lengkap. Nah, langsung aja yuk simak artikel ini beserta ulasan lengkapnya dibawah.

Pengertian Senam

Pengertian Senam

Apa itu senam? Jadi Senam adalah suatu cabang olahraga yang melibatkan beberapa gerakan tubuh yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keseimbangan gerakan fisik.

 

Pengertian Senam Menurut Para Ahli

Adapun menurut para ahli pengertian senam antaralain adalah sebagai berikut:

  1. Pengertian Senam Menurut Mahendra

    Senam adalah kegiatan utama yang membawa manfaat untuk mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerakan (tubuh).

  2. Pengertian Senam menurut Sutrisno dan Khadafi

    Senam adalah bentuk latihan fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan sebuah gerakan yang terencana dan tersusun untuk mencapai suatu tujuan.

  3. Pengertian senam menurut Margono

    Senam adalah bentuk latihan fisik yang dipilih dan diciptakan secara terencana kemudian disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk pribadi yang harmonis.

  4. Pengertian senam menurut Madjono

    Senam adalah bentuk latihan jasmani yang sistematis, yang teratur dan terencana dengan melakukan gerakan-gerakan yang spesifik yang memberikan manfaat untuk tubuh.

 

Sejarah Senam

Kata “Senam” berasal dari bahasa Inggris Gymnastics, dan bahasa Belanda Gymnastiek. Gymnastics sendiri dalam bahasa aslinya berasal dari Bahasa Yunani, Gymnos yang berarti telanjang, dan kata tersebut merupakan turunan dari kata kerja gymnazein yang artinya berlatih atau melatih diri. Latihan-latihan ini diperlukan bagi para pemuda Yunani Kuno (sekitar tahun 1000 SM hingga kira-kira tahun 476) untuk menjadi warga negara yang baik sesuai cita-cita negara serta untuk menjadikan penduduknya sebagai manusia harmonis.

Tidak hanya terbatas pada pengertian seperti yang dikenal pada saat ini, di zaman Yunani kuno senam memiliki arti yang sangat luas. Senam merujuk pada kegiatan-kegiatan olahraga seperti gulat, atletik serta bertinju. Karena semakin berkembangnya zaman, kemudian arti yang dikandung, kata gymnastics semakin menyempit dan disesuaikan dengan kebutuhannya.

Manfaat Senam

Senam tentunya memberikan beragam jenis manfaat bagi tubuh kita. Baik dari segi kesehatan maupun segi fisik melakukan senam secara teratur membantu memperlambat proses penuaan serta menjaga kesegaran jasmani, seperti :

  1. Menjaga kelenturan otot
  2. Menjaga kelenturan sendi
  3. Meningkatkan kelincahan tubuh
  4. Meningkatkan keluwesan tubuh
  5. Menjaga tubuh tetap ideal dan bugar

 

Jenis-Jenis Senam

Senam pada dasarnya dibagi menjadi beberapa kelompol. Adapun jenis-jenis senam antaralain:

  1. Senam Akrobatik
  2. Senam Artistik
  3. Senam Aerobik Sport
  4. Senam Ritmik Sportif
  5. Senam Trampolin
  6. Senam Umum

 

Senam yang Populer

Ada beberapa senam yang cukup populer diminati banyak orang dan tranding beberapa waktu yang lalu, selain banyak manfaatnya dari sisi kesehatan senam juga ternyata mampu membuat pikiran kita menjadi lebih fresh, dibawah ini akan diulas bebrapa senam yang populer :

1. Senam Aerobik

Senam aerobik adalah jenis senam yang tujuannya adalah untuk meningkatkan denyut jantung dan melatih otot-otot tertentu. Senam ini menggunakan irama musik dengan serangkaian gerakan dalam durasi waktu tertentu. Senam aerobik tidak seperti tarian yang terpaku pada musik yang mengiringinya, namun selaras dengan musik tersebut.

2. Senam Lantai

Senam yang dilakukan dengan bantuan matras dan dilakukan di atas matras tersebut. Senam ini memiliki beberapa unsur, seperti berguling, meloncat, menahan keseimbangan ataupun menumpu dengan tangan. Jenis senam ini bisa dikatakan latihan bebas, karena pesenam tidak harus menggunakan suatu peralatan khusus.

3. Senam Maumere

Senam Maumere merupakan senam yang diiringi musik berenergik( diiringi lagu Gemu Fa Mi Re yang dinyanyikan oleh Nyong Franco) sehingga dapat membuat senam yang lebih bersemangat. Dan untuk melakukan dan mengikuti senam ini kita bisa dengan mudah menemukannya di Youtube.

4. Senam Kegel

Senam Kegel merupakan jenis senam yang di lakukan secara rutin yang dapat membuat otot panggul bagian bawah menjadi kencang. Otot panggul bagian bawah yang dimaksud adalah otot-otot di bawah rahim, kantong kemih, dan usus besar.

5. Senam Irama

Senam irama merupakan jenis senam yang gerakannya diiringi oleh irama atau musik aktivitas gerak dan dilakukan secar berirama. Irama yang dimaksud bisa berupa musik, hitungan atau ketukan. Irama musik serta gerakan yang selaras bisa menghasilkan gerakan-gerakan tubuh dan gerakan alat yang indah.

 

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Senam lengkap dengan beberapa ulasannya. Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu serta wawasannya, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatannya ya. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca Juga :

Related posts:
Bagikan Artikel :
Baca Juga :  Contoh kata pengantar