Sinopsis : Pengertian, Ciri, Fungsi, Contoh, dan Cara Membuat Sinopsis

Posted on

Pengertian Sinopsis – Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian sinopsis, pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai contoh kata pengantar , dalam suatu cerita sinopsis adalah ringkasan dari sebuah karya atau ide / ide yang ditulis dalam bentuk naratif. Ada dua jenis sinopsis, sinopsis penulisan lengkap dan sinopsis yang digunakan untuk menyiapkan gagasan penulisan, untuk lebih jelasnya akan dibahas di bawah ini.

Sinopsis : Pengertian, Ciri, Fungsi, Contoh, dan Cara Membuat Sinopsis
 

Pengertian sinopsis

Sinopsis atau sinopsis berasal dari kata sinopsis yang ringkas. Atas dasar asal kata, sinopsis didefinisikan sebagai ringkasan dari bahan tulisan yang panjang (fiksi dan non-fiksi) dan sinopsis ditulis dalam bentuk naratif.

Sinopsis adalah rangkuman ataupun garis besar sebuah naskah yang menggambarkan isi dari sebuah film atau buku yang dilakukan secara konkrit maupun secara secara abstrack.

Dalam ringkasan keindahan gaya bahasa, ilustrasi dan penjelasan dihilangkan, sambil tetap mempertahankan isi dan ide umum penulis. Sinopsis biasanya dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya dua atau tiga halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang esai asli. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa sinopsis obyektif menunjukkan konten pekerjaan sementara evaluator mengevaluasi pekerjaan.

Sinopsis novel merupakan ringkasan cerita novel.  Ringkasan novel adalah bentuk memperpendek novel sambil memperhatikan elemen intrinsik novel. melakukan sinopsis adalah cara yang efektif untuk menyajikan esai panjang (novel) dalam bentuk singkat.
 

Pengertian sinopsis menurut para ahli

  • Menurut KKBI, Sinopsis adalah karangan ilmiah yang biasa digunakan bersama dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis.
  • Menurut Dr. Gorys keraf, sinopsis adalah ringkasan yang akurat dan efektif dalam menyajikan suatu karangan yang panjang menjadi lebih pendek.

 

Fungsi Sinopsis

Fungsi sinopsis adalah sebagai berikut:

  • memberikan informasi singkat atau gambaran isi cerita dari buku tersebut
  • Memberi gambaran yang sederhana dan jelas tentang urutan, kronologi cerita dalam naskah atau buku
  • Sebagai prolog atau epilog dari suatu karya tulis juga naskah yang akan dipentaskan
  • Sebagai draft panduan bagi pemain atau aktor untuk berimprovisasi
Baca Juga :  Contoh Paragraf Campuran, Iduktif, Deduktif

 

Ciri – Ciri Sinopsis

Berikut adalah karakteristik sinopsisnya:

  • Plot / plot / plot harus disusun secara kronologis dan akurat, dan ringkasannya harus identik dengan plot aslinya.
  • Bahasa yang digunakan menekankan aspek persuasif.
  • Ada undangan / ajakan/ motivasi bagi calon pembaca untuk membaca buku.
  • Menampilkan konflik yang menarik secara singkat
  • membuat calon pembaca menjadi penasaran.

 

Hal-hal yang diperlukan untuk membuat sinopsis

Untuk mempermudah dalam pembuatan sebuah sinopsis dibutuhkan beberapa strategi yang tepat ketika Anda membuat sinopsis untuk membuatnya lebih mudah dan lebih tepat sasaran. Adapun strategi yang dibutuhkan berikut ini:

Tentukan tema

Untuk memfasilitasi pembuatan sinopsis, yang terbaik adalah menentukan tema terlebih dahulu. Misalnya, jika Anda ingin memilih tema pertemanan atau persahabatan. Ambil referensi untuk karya-karya yang mengandung unsur-unsur ini, misalnya novel Laskar Pelangi. Pemimpi atau yang lainnya. Setelah itu, Anda akan menemukan beberapa ide utama yang terkandung dalam teks.

Perhatikan alur cerita yang digunakan

Anda juga harus memperhatikan alur yang terkandung dalam naskah cerita. Pada dasarnya, tujuan utama sinopsis adalah untuk memberikan pembaca dengan gambaran yang jelas dan ringkas, untuk menentukan kisah skenario dan untuk memilih konflik yang paling menarik dalam naskah atau buku. Sehingga pembaca lebih tertarik dan ingin tahu lebih banyak.

Penokohan Cerita

Karakterisasi dalam sinopsis juga harus ditekankan saat membuat sinopsis. Dengan itu, pembaca akan terkejut jika karakterisasi naskah terlihat lebih mengharukan dan lebih menyentuh. Jadi, jangan sampai cerita naskah tersbut rusak karna tehnik penokohan yang tidak benar.
 

Cara Membuat Sinopsis

  1. Cara pertama adalah membaca teks / buku asli terlebih dahulu. Ini agar Anda dapat menemukan pesan / kesan penting penulis secara garis besar.
  2. Memperhatikan gagasan utama yang tersedia dalam teks. dapat menandainya menggunakan stabilo atau menggarisbawahi jika perlu
  3. Kembangkan ide-ide utama yang telah ditandai dengan beberapa kalimat singkat
  4. Gunakan kalimat yang jelas, efektif, menarik dan mudah dipahami. Tujuannya adalah agar kita dapat mendeskripsikan serangkaian cerita yang terkandung dalam dalam karangan atau naskah asli tersebut
  5. Jika Anda ingin membuat daftar bagian dari dialog yang ada, cukup perhatikan dialog secara garis besarnya saja. “Bisa juga di beri rincian pada halaman berapa dialog itu di kutip supaya lebih jelas dan akurat
Baca Juga :  Kalimat Inversi: Pengertian, Ciri, Jenis dan Contoh

 

Contoh Sinopsis

Berikut dibawah ini ada beberapa contoh sinopsis yang bisa dijadikan refrensi bagi anda dalam pembuatan sebuah sinopsis baik naskah atau film.

Contoh Sinopsis Iklan “Oreo Asyiknya Bersama”

Suatu sore yang cerah di sebuah rumah, ada keluarga ibu, ayah, anak perempuan dan seorang putra. Mereka sendirian dan ibuku punya ide untuk menyatukan semua orang dan bersenang-senang bersama. Pada titik ini, ibu yang bernyanyi segera mengambil Oreo dan membukanya, lalu menaruhnya di atas piring. Ketika oreo terbuka, lagu ibu membawa oreo untuk menarik ayah dan anak-anak ke sofa. Dan mereka berkumpul dan bersenang-senang bersama memakan oreo yang telah dibuat.

Contoh Sinopsis “Novel Ayat-Ayat Cinta 2″

menceritakan Fahri Abdullah (Fedi Nuril) tinggal sendirian di Edinburgh, dengan asistennya Hulusi (Pandji Pragiwaksono). Fahri kehilangan Aisha tujuh bulan lalu ketika Aisha menjadi sukarelawan di Jalur Gaza. Sejak itu, Fahri tidak pernah mendengar kabar tentang Aisha.

Fahri terus menunggu dalam kesedihannya yang amat dalam mendera hatinya saat kehilangan aisha. Untuk menghilangkan kesedihan yang ia coba menyibukan diri sebagai pembicara dan pengusaha sukses di kota. Fahri juga sibuk dengan kehadiran Misbah (Arie Untung), teman lamanya, yang ingin tinggal bersamanya.

Fahri sering dihadapkan dengan masalah tetangga yang berbeda. Ada seorang nenek Yahudi, Catarina (Dewi Irawan) yang memiliki masalah dengan menantunya. Ada juga Keira McGills (Chelsea Islan), seorang pemain biola berbakat yang membenci Fahri, karena ia dianggap sebagai teroris yang menyebabkan kematian ayahnya menyusul sebuah bom di London.

Fahri berusaha untuk terus memenuhi mandat Aisha sehingga dia dapat membantu orang-orang di sekitarnya. Niat baik Fahri, sering disalahpahamkan dan menyebabkan masalah yang lebih kompleks dan menempatkan hidupnya dalam bahaya.

Kehidupan Fahri menjadi lebih rumit ketika Hulya (Tatjana Saphira), keponakan Aisha, menjadi gadis yang cantik. Hulya yang ceria dan anggun lambat laun sangat tertarik pada Fahri.

Baca Juga :  Translete Bahasa Jawa

Hulya ingin menggantikan peran Aisha dalam kehidupan Fahri.

Fahri enggan membuka hatinya untuk kehadiran Hulya, itu adalah hal yang sama ketika dia mengenali kematian Aisha. Fahri masih berharap Aisha akan muncul kembali setiap malam dalam hidupnya.

semua teman dan kerabat mendukung Fahri untuk dapat melanjutkan hidupnya bersama Hulya termasuk Sabina seorang perempuan terlantar dengan wajah cacat yang telah tinggal dengan Fahri. Sabina, yang dianggap saudara oleh Fahri, tampaknya tidak hanya membantu mengurus rumah Fahri, tetapi juga membiarkan Fahri melanjutkan hidupnya.

Contoh Sinopsis Film “Joker

Diperankan oleh aktor Joaquin Phoenix, Arthur Fleck alias Joker dikisahkan sebagai seorang komedian tunggal. Namun, Arthur Fleck yang berasal dari masyarakat kelas bawah yang mengalami kegagalan dalam menjalani profesinya. Tekanan psikis dan diabaikan oleh masyarakat Kota Gotham diterima Arthur Fleck. Suatu saat, Arthur Fleck mengalami sebuah suatu peristiwa buruk dalam hidupnya. dengan adanya Insiden tersebut lambat laun membuat pola pikir Arthur Fleck menjadi pria yang bengis.

Arthur Fleck pun ingin mengubah namanya dan ingin dipanggil dengan sebutan Joker. “Dulu kupikir hidupku tragedi Kini kusadari, hidupku komedi,” kata Joker. Joker Merupakan Karakter Villian Dari DC Comics. Joker adalah karakter jahat, musuh bebuyutan Bruce Wayne alias Batman.

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Sinopsis  semoga bisa materi kali ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda semua tentang pengertian sinopsis, Ciri, Fungsi dan cara membuat sinopsis. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan. Terimakasih telah berkunjung dan nantikan artikel menarik lainnya.

Baca Juga :

 

Related posts: