Pengertian Sistem : Karaktersitik, Contoh, Komponen

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian Sistem – Hello para pembaca dosenpintar.co.id, kali ini kita akan membahas mengenai apa itu pengertian sistem, sistem informasi, pengertian sistem menurut para ahli, beserta karakteristiknya. Yuk langsung aja kita simak artikel  ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sistem Informasi adalah

Pengertian Sistem

Sistem adalah suatu paduan yang terdiri dari beberapa elemen yang dihubungkan menjadi satu kesatuan sehingga memudahkan aliran informasi untuk mewujudkan suatu tujuan tertentu

Istilah sistem itu sendiri berasal dari bahasa Latin (systma) dan Yunani (sustma), yang sering digunakan untuk memudahkan dalam menggambarkan interaksi dalam suatu entitas

Istilah “sistem” sering digunakan di berbagai bidang, sehingga artinya akan bervariasi sesuai dengan bidang subjek. Namun, secara umum, kata “sistem” mengacu pada satu objek yang saling terkait satu dengan yang lainnya.

Memahami Sistem Menurut Para Ahli

Ada banyak pendapat tentang definisi dan definisi sistem yang dijelaskan oleh para ahli. Berikut ini adalah definisi dan definisi sistem menurut beberapa ahli:

  1. Jogiyanto
    dalam bukunya yang berjudul Analisis dan Desain Sistem Informasi, sistem dapat didefinisikan dengan pendekatan prosedural dan pendekatan komponen
  2. Colin Cherry
    Colin Cherry menyebutkan bahwa sistem adalah seperangkat berbagai bagian atau rakitan dari berbagai jenis dan bagian.
  3. Pamudji
    Pamudji mengatakan sistem itu merupakan keseluruhan yang terorganisir atau kebulatan yang kompleks. Pamudji juga menunjukkan bahwa sistem merupakan kombinasi dari set berbagai hal untuk membentuk keseluruhan yang utuh. Set ini mencakup berbagai komponen, termasuk sistem. Sistem memiliki fungsinya sendiri dan terkait dengan satu sistem dan lainnya dalam mencapai tujuannya.
  4. Andri Kristanto
    Menurut Andri Kristanto, memahami suatu sistem adalah jaringan prosedur yang saling terkait, berkumpul bersama untuk melakukan kegiatan atau untuk menyelesaikan target tertentu.
  5. Sumantri
    Pemahaman Sumantri tentang sistem adalah sekelompok bagian di mana para pihak mengisi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan dan sasaran tertentu. Jika satu sistem terganggu atau tidak berfungsi, itu akan mempengaruhi sistem lainnya. Sehingga seluruh pihak tidak bisa berfungsi secara optimal.
  6. Prajudi
    sistem adalah jaringan prosedur yang saling terkait antara prosedur. Lampiran didasarkan pada pola bulat dan mampu melakukan fungsi utama.
  7. R. Fagen dan A. Hall
    Sistem adalah kumpulan objek yang memiliki hubungan antara masing-masing objek, termasuk hubungan antar propertinya.
  8. Arifin Rahman
    Arifin Rahman berbicara tentang sistem. Menurut Arifin, sistem mengacu pada seperangkat pendapat, prinsip dan elemen lain yang sudah memiliki bentuk sebagai entitas terkait.
  9. Azhar Susanto
    dalam bukunya System Information Information System, yang kami maksud adalah seperangkat atau kelompok subsistem / bagian / komponen dari fisik atau non fisik yang saling berhubungan untuk bekerja bersama secara harmonis untuk mencapai tujuan tertentu.
  10. Jerry FitzGerald
    Sedangkan menurut ahli Jerry Fitz Gerald pengertian sistem adalah jaringan kerja daripada prosedur yang saling terkait, berkumpul untuk melaksanakan suatu kegiatan atau mencapai tujuan tertentu.
  11. Sutarman
    dalam bukunya yang berjudul Pengantar Sistem Teknologi Informasi adalah seperangkat elemen yang saling berinteraksi untuk melakukan proses tujuan utama
  12. Murdick, R. G
    Sistem ialah seperangkat elemen  kumpulan atau prosedur pemrosesan atau gambar yang mencari bagian atau tujuan, serta mengoperasikan data atau aset pada waktu referensi tertentu, untuk menghasilkan informasi dan / atau atau energi dan / atau properti
  13. Harijono Djojodihardjo
    Menurut Harijono Djojodihardjo, pengertian sistem adalah kombinasi dari objek yang memiliki hubungan antara fungsi dan hubungan antara karakteristik masing-masing objek, yang secara global merupakan unit fungsional.
  14. Indrajit
    Menurut Indrajit, definisi suatu sistem adalah sekumpulan komponen yang memiliki unsur keterkaitan satu sama lain.

Karakteristik Sistem

  1. Komponen
  2. Batasan Sistem
  3. Lingkungan sistem eksternal
  4. Antarmuka (Penghubung Sistem)
  5. Masukan (input)
  6. Keluaran (output)
  7. Proses
  8. Tujuan dan Sasaran

 

Apa itu Sistem Informasi

Sistem Informasi adalah merupakan suatu kegiatan dari prosedural yang terorganisir/dikelompkan, yang bila  dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan

Contoh Sistem Informasi

Contoh : Perusahaan toko komputer memiliki sistem informasi/aplikasi  yang menyediakan informasi tentang penjualan komputer,hardware serta stok barang yang tersedia.  Dengan informasi ini, seorang pimpinan dapat membuat kebutuhan, stok barang yang mereka butuhkan untuk segera memasok ke toko komputer tersebut. Pimpinan juga dapat mengetahui barang mana yang merupakan barang terlaris yang dibeli oleh konsumen, yang memungkinkan mereka untuk memutuskan bahwa barang tersebut memiliki stok lebih banyak dari yang lain.

Komponen Sistem Informasi

  1. komponen input
    input adalah datum yang memasuki sistem informasi.
  2. komponen model
    kombinasi prosedur, logika dan model matematika yang memproses data yang disimpan dalam database untuk menghasilkan hasil yang diinginkan.
  3. komponen keluaran
    informasi dan dokumentasi berkualitas, berguna untuk semua tingkatan manajemen dan semua pengguna sistem.
  4. komponen teknologi
    Teknologi adalah alat dalam sistem informasi. Ini digunakan untuk menerima data input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan output dan sistem kontrol.
  5. komponen basis data
    adalah seperangkat data yang saling berhubungan yang disimpan di komputer menggunakan perangkat lunak database.
  6. komponen kontrol
    kontrol yang dirancang untuk memecahkan masalah sistem informasi.
Bagikan Artikel :
Baca Juga :  ID Card - Ukuran Standart dan Contoh