Sosialisme : Pengertian, Sejarah, Ciri dan Contoh

Posted on

Pengertian Sosialisme – Halo para pembaca setia dosenpintar.co.id, pada artikel-artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai berbagai macam ideologi, seperti ideologi kapitalisme dan ideologi komunisme. Maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ideologi lainnya yaitu Ideologi Sosialisme. Langsung aja yuk simak artikelnya dibawah ini.

Pengertian Sosialisme

Pengertian Sosialisme Secara Umum

Apa sih pengertian sosialisme itu? Jadi sosialisme itu merupakan suatu paham yang memiliki tujuan untuk membentuk kemakmuran negara dengan usaha kolektif yang produktif dan juga membatasi milik perseorang atau milik swasta. Meskipun begitu pencegahan ini dilakukan guna mencegah usaha yang hanya mementingkan laba saja dan lupa melayani kebutuhan masyarakat.

Pengertian Sosialisme Menurut Para Ahli

Sedangkan pengertian sosialisme menurut para ahli adalah sebagai berikut :

Gerald Braunthal

Menurutnya sosialisme merupakan suatu teori dan politik yang memfokuskan pentingnya peranan pemerintah dalam menguasai alat-alat produksi dan distribus barang.

Sutan Syahrir

Pengertian sosialisme menurut Sutan Syahrir adalah suatu gerakan untuk mencari keadilan di dalam sebuah tatanan kemasyarakatan.

Teuku May Rudy

Sedangkan menurut Teuku May Rudy, sosialisme merupakan sebuah paham yang mementingkan kepentingan bersama dibanding kepentingan pribadi atau individu.

Sejarah Terbentuknya Ideologi Sosial/Sosialsme

Paham sosialisme muncul sebagai sebuah bentuk reaksi terhadap paham liberal ekonomi dan kapitalis modern pada awal abad ke-19 masehi di Eropa. Paham ini muncul ketika terjadinya revolusi industri di Inggris yang menyebabkan terjadinya ketimpangan antara kelas borjuis dan kelas proleter.

Baca Juga :  Pengertian Ideologi : Jenis, Fungsi dan Contoh

Kelas borjuis menguasai alat-alat produksi karena penguasaan modal tertimbun pada mereka dan mereka mendapatkan banyak keuntungan yang menyebabkan mereka berada di taraf kehidupan yang tinggi. Sementara kaum proleter dengan gaji yang sangat rendah membuat mereka hidup miskin dan tinggal ditempat kumuh.

Kesejangan sosial yang kian semakin terlihat menimbulkan sifat individualisme mereka. Maka dari itu munculah sebuah gerakan yang dinamakan revolusi sosial. Pengaruh dari ideologi ini mencakup ranah internasional seperti negara di Eropa barat laut dan tengah, Amerika Utara, Australia dan Selandia Baru.

Ciri-Ciri Ideologi Sosial/Sosialisme

Ideologi sosialisme bersifat kolektif yang dapat membawa keadilan bagi seluruh rakyat untuk mencapai sebuah kesejahteraan. Adapun ciri-ciri dari ideologi Sosialisme adalah sebagai berikut :

  • Tidak mengenal adanya kelas borjuis dan proleter, sehingga tidak ada majikan dan buruh karena semuanya memiliki hak yang sama.
  • Menciptakan masyarakat yang dapat saling bekerja sama dan memunculkan rasa solidaritas.
  • Hak kepemilikan atas alat-alat produksi milik pribadi akan diakui secara terbatas
  • Sosialisme memiliki prinsip kesederajatan dan pemerataan bagi rakyat.
  • Menolak kapitalisme dan menghapuskannya melalui perjuangan kelas proleter.

 

Kelemahan Dan Kelebihan Ideologi Sosial/Sosialisme

Sama seperti ideologi lainnya, paham sosialisme juga memiliki kelebihan dan kekurangan, antaralain :

1. Kelebihan ideologi sosialisme

  • Rasa solidaritas dan kebersamaan yang tinggi antar rakyat.
  • Adanya pemerataan sosial, sehingga tidak terjadi kesenjangan antar kelas burjois dan proleter.
  • Menyelesaikan masalah dengan musyawarah.
  • Menciptakan masyarakat sosialis dengan kejernihan dan kejelasan, bukan dengan cara-cara seperti kekerasan dan revolusi.

2. Kekurangan ideologi sosialisme

  • Paham sosialisme tidak selaras dengan sifat manusia yang selalu ingin lebih dan tidak puas melakukan sesuatu.
  • Membatasi kreatifitas dan pengembangan diri karena lebih mementingkan kebersamaan dan gotong royong, sehingga waktu agar setiap individu bsia berkembang tidak ada.
  • Hak asasi manusia kerap kali diabaikan demi kepentingan bersama.
Baca Juga :  Negara Kesatuan : Pengertian, Kelebihan, Konsep Ciri dan Contoh

 

Contoh Ideologi Sosialisme

Contoh dari ideologi sosialisme antaralain :

  • Gotong-royong bersama warga setempat.
  • Membantu seseorang yang kecelakaan.
  • Mengerjakan pekerjaan untuk kepentingan orang lain tanpa pamrih.

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Sosialisme beserta ulasan lengkapnya. Saya harap artikel diatas bisa membantu teman-teman dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu serta wawasannya. Sampai jumpa di artikel-artikel lainnya.

 

Related posts: