√Pengertian Sosiologi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Posted on

Kalian telah mengetahui perkembangan awal sosiologi. Sosiologi adalah salah satu ilmu social yang berumur paling muda di antara ilmu social lainya yang dikenalkan oleh augeste comte

√Pengertian Sosiologi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Coba kalian bandingkan tahun laihirnya sosiologi dengan ilmu social lainya seperti ekonomi, sejarah, geografi dan lainya. Benarkah sosiologi sebagai salah satu ilmu social yang paling muda umurnya?

Pada bagian ini kami akan di jelaskan tentang pengertian sosiologi dari sudut pandang tokoh sosiologi klasik mulai auguste comte sampai tokoh sosiologi modern George simmel.

Suatu pandangan menarik dari comte ialah bahwa sosiologi menurutnya merupakan rau ilmu-ilmu social. Dalam bayangannnya mengenai hierarti ilmu, sosiologi menempati kedudukan teratas di atas astronomi, fisika, ilmu kimia, dan juga biologi. Menurut comte, sosiologi ialah studi tentang statika social dan juga dinamika social. Dalam hal ini statika social mewakili stabilitas, sedangkan denamika mewakili perubahan. Dengan memakai analogi biologi, comte menyatakan hubungan antara statika social dengan dinamika social dapat disamakan dengan hubungan antara social dengan dinamika social dapat di samakan denga hubungan antara anatomi dan fisiologi dan juga menganggap masyarakat seperti organisme hidup, artinya masyarakat dapat dilihat sebagai suatu system yang terdiri dari bagian-bagian yang benar-benar mengembangkan pemikiran.

  • Emile Durkheim

Menurut emile Durkheim sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta social. Fakta social ialah cara bertiandak, berpikir dan juga mampu melakukan pemaksaan dari luar terhadap individu. Adapun ciri fakta social ialah

  1. Bersifat eksternal terhadap individu, artinya fakta social berada di luar individu.
  2. Bersifat mamaksa individu.
  3. Bersifat umum atau tersebar secara meluas dalam satu masyarakat
Baca Juga :  √ 10+ Contoh Surat Lamaran Kerja : PT, CV, BUMN, Rumah Sakit, Umum, Dll

  • Max weber

Sosiologi bagi weber adalah ilmu pengetahuan tentang tindakan social. Masyarakat adalah produk dari tindakan individu-individu yang berbuat dalam kerangka fungsi nilai, motif, dan juga kalkulasi rasional. Secara jelas, sosiologi bagi weber ialah ilmu pengetahuan yang berusaha memahami dengan cara melakukan interpretasi atas tindakan social. Bertitik tolak dari konsep dasar tentang tindakan social, weber menyebutkan ada lima ciri pokok yang menjadi sasaran penelitian ilmu sosiologi:

  1. Tindakan manusia yang menurut si actor mengandunga makna ang seubjektif
  2. Tindakan nyata dan yang bersifat membatin sepenuhnya dan bersifat subjektif.
  3. Tindakan yang meliputi pengaruh positif dari suatu situasi, tindakan yang sengaja diulang seerta tindakan yang sengaja diulang serta tindakan dalam bentuk persetujuan secara diam-diam
  4. Tindakan itu diarahkan kepada seseorang / kepada beberapa individu.
  5. Tindakan itu memperhatikan tindakan orang lain dan juga terarah kepada orang lain itu.

  • George semmel

George semmel mengemukakan bahwa sosiologi sebagi ilmu yang khusus dan idependen yang mencakup permasalah konsepsi masyarakat dan individu. Bentuk dan ini dari suatu interaksi timbal balik secara psikologis maupun sosiologi berkarakter abstrak yang mendasarkan pada realitas.

  • Wriht mills

Satu pernyataan yang penting dari mills ialah bahwa untuk dapat memahami apa yang terjadi di dunia maupun apa yang ada dalam diri sendiri manusia memerlukan apa yang dinamakan dengan sociological imagination( khayalan sosiologis). Pemikiran ini bertujuan guna  memahami sejarah masyarakat, riwayat hidup, dan juga hubungan antara keduanya.

  • Peter berger

Suatu kkonsep yang digeluti oleh berger ialah masalah sosiologis. Satu masalah sosiologis tidak sama dengan satu maslah social karena maslah sosialogis menyangkut pemahaman terhadap interaksi social. Seorang ahli sosiologi dapat mempelajari pengengguran, pelacuran , kemiskinan, teapi juga bisa mempelajai mengapa satu kelompok mesyarakat lebih berhasi meraih sukses daripada yang lain atau tentang kemajuan lainnya.

  • Alex inkeles

Inkeles menyebutkan bahwa sosiologi empunyai tiga pokok bahasan yang khas yaitu hubungan social, institusi dan masyarakat. Hubungan social merupakan molekul kehidupan social. Hubungan social ialah suatu analisis khas sosiologis.

Baca Juga :  Pengertian Organisasi : Ciri, Unsur, Manfaat Dan Pentingnya Organisasi

Tetapi pada perkembangannya, banyak para ahli yang mencoba memberkan definisi sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri terlepas dari pengaruh filsafat dan prikologi, diantaranya ialah;

  1. Pitirim sorokon

Menurut sosokkin, sosiologi adalah suatu ilmuan yang mempelajari ialah

  • Hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala-gejala social (misalnya, antara gejala ekonomi dengan agama, keluarga dengan moral, hukum dengan ekonomi dan sebagainya).
  • Hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala social dengan gejala-gejala nonsosial misalnya gejala geografis, biologis dan yang lalinnya)
  1. Roucek dan warren

Sosiologi ialah ilmu yang mempelajari hubungan anara manusia dalam kelompok-kelompok.

  1. Wiliam f. ogburn dan meyer f . nimkoff

Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi social dan hasilnya adalah organisasi social.

  1. Selo soemardjan dan seolaeman soemardi

Sesiologi ialah penelitian secara ilmiah yang mempelajari struktur social dan juga proses proses social, termasuk perubahan-perubahan social.

  1. A.A. Van doorn dan C.J. lammers

Sosiologi ialah ilmu pengetahuan tentang struktur, struktur dan juga proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.

demikianlah artikel dari dosenpintar.co.id mengenai √Pengertian Sosiologi Secara Umum dan Menurut Para Ahli, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semja.

Related posts: