Struktur Organiasai : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh

Posted on

Pengertian Struktur Organisasi – Hola para pembaca setia dosenpintar.co.id, di kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah artikel tentang Struktur Organiasai : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya. Yuk langsung aja simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Struktur Organisasi

Pengertian Struktur Organisasi

Pengertian struktur organisasi pada umumnya, yaitu sebuah susunan berbagai komponen atau unit-unit kerja dalam sebuah organisasi di masyarakat. Struktur organisasi sendiri berperan agar kita bisa melihat pembagian kerja dan bagaimana fungsi yang berbeda bisa dikoordinasikan dengan baik.

Di dalam sebuah struktur organisasi terdapat hubungan antar komponen dengan posisi yang ada di dalamnya, dan semua komponen tersebut saling ketergantungan. Komponen-komponen tersebut akan saling mempengaruhi yang pada akhirnya akan berpengaruh pada sebuah organisasi secara keseluruhan.

Pengertian Struktur Organisasi Menurut Para Ahli

Adapun pengertian struktur organisasi menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Stoner

Pengertian struktur organisasi menurut Stoner adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui orang-orang dibawah pengarahan manajer untuk mengejar tujuan bersama.

2. James D. Mooney

Pengertian struktur organisasi menurut Mooney adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

3. Chester I. Bernard

Pengertian struktur organisasi menurut Bernard adalah suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan dua orang atau lebih.

Baca Juga :  √ 10+ Contoh Surat Lamaran Kerja : PT, CV, BUMN, Rumah Sakit, Umum, Dll

 

Fungsi Struktur Organisasi

Struktur organisasi memiliki fungsi atau kegunaan, antaralain:

1. Kejelasan tanggung jawab

Setiap anggota organisasi wajib memiliki tanggung jawab dan mengetahui apa saja yang harus ia tanggung jawabkan. Anggota-anggota organisasi harus bisa bertanggung jawab terhadap pimpinan/atasannya yang telah memberikan sebuah kewenangan, karena dalam implementasi kewenangan tersebut yang perlu ditanggung jawabkan.

2. Kejelasan kedudukan

Maksudnya adalah setiap anggota atau seseorang yang termasuk di dalam struktur organisasi pada dasarnya bisa mempermudah melakukan koordinasi dan komunikasi demi menghindari adanya missed communication yang dapat memberikan dampak negatif bagi bisnis yang sedang berkembang, serta dapat menjadi dasar dalam penyelesaian sebuah pekerjaan yang membutuhkan komunikasi antar jabatan.

3. Kejelasan Jalur hubungan

Maksudnya adalah dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, setiap anggota dalam organisasi harus terlihat jelas sehingga proses pekerjaan lebih efisien dan saling memberikan keuntungan.

4. Kejelasan uraian tugas

Uraian tugas yang ada di dalam organisasi akan sangat dibutuhkan dan bisa membantu pihak atasan/pimpinan untuk melakukan pengawasan atau pengarahan, dan juga untuk bawahan dapat berkonsentrasi lebih untuk melaksanakan suatu tugas atau pekerjaan karena uraian yang jelas.

Jenis Struktur Organisasi

a. Struktur Organisasi Berdasarkan Fungsi

Yaitu struktur organisasi yang terdiri dari orang-orang dengan keterampilan yang sama dan melakukan tugas-tugas serupa yang kemudian di kelompokkan bersama menjadi beberapa unit kerja, dimana anggota-anggotanya bekerja sesuai dengan keahlian mereka. Struktur fungsi tidak terbatas pada bisnis saja, tetapi juga dapat bekerja dengan baik untuk organisasi kecil yang memproduksi beberapa produk dan jasa.

b. Struktur Organisasi Berdasarkan Produk/Pasar

Yaitu struktur organisasi yang dikelompokkan berdasarkan pada produk yang sama, proses yang sama, kelompok yang melayani pelanggan yang sama, serta berlokasi/bertempat di daerah yang sama pada suatu wilayah geografis.

Baca Juga :  Passing Grade Sekolah Kedinasan 2019

c. Struktur Organisasi Matriks

Struktur organisasi matriks merupakan struktur organisasi yang menggabungkan antara struktur fungsional dengan struktur divisional guna mendapatkan keuntungan dari kedua struktur tersebut dan meminimalisir kekurangan dari masing-masing struktur.

Komponen Penting Struktur Organisasi

Sebuah perusahaan tentu harus memiliki sebuah komponen agar dapat berjalan dengan optimal, yang mana komponen tersebut antaralain:

1. CEO (Chief Executive Officer)

CEO merupakan jabatan tertinggi dalam sebuah bisnis yang memberikan arah dan tujuan dari perusahaan. Bisa dikatakan CEO adalah sang pemilik bisnis atau perusahaan.

2. Direksi (Directors)

Direksi termasuk dari 4 jabatan penting yang harus ada dalam sebuah perusahaan, terdiri dari direktur utama, direktur keuangan, dan direktur personalia. Direktur utama bertanggung jawab pada koordinasi serta pengendalian terhadap segala kegiatan di bidang administrasi ataupun kepegawaian, selain itu direktur utama biasanya berhubungan langsung dengan CEO atau pemimpin perusahaan. Sedangkan direktur keuangan bertugas melakukan pengawas dari operasional keuangan, dan direktur personalia bekerja langsung terkait ketenagakerjaan dan sumber daya perusahaan.

3. Manajer (Manager)

Manajer memiliki tugas utama yaitu mengintegrasikan berbagai variabel seperti pengarahan, koneksi, seleksi, komunikasi dan pelatihan. Manajer terdiri dari manajer personalia, manajer pemasaran, serta manajer pabrik.

4. Administrasi dan Gudang

Administrasi dan gudang menjadi komponen wajib dalam sebuah bisnis, dimana fungsinya untuk mengecek seluruh transaksi perusahaan yang berhubungan dengan pihak outsourcing, pembukuan dan laporan penerimaan dan pengeluaran perusahaan.

5. Divisi Regional

Divisi regional bertugas menjalankan kebijakan prosedur baku dari kantor pusat. Komponen ini biasanya beroperasi sebagai badan usaha guna meningkatkan nilai tambah perusahaan, dimana komponen ini harus ada dalam bisnis yang berhubungan dengan penanaman saham.

 

Demikianlah artikel yang mengulas tentang Struktur Organiasai: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya. Saya harap artikel kali ini bisa membantu para pembaca sekalian untuk menambah ilmu serta wawasannya. Terus pantengin dosenpintar.co.id untuk artikel-artikel lainnya.

Baca Juga :  √ Akreditasi UNSRAT 2019 : Fakultas dan Jurusannya

Baca juga :

 

Related posts: