Teks Anekdot : Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah dan Contoh

Posted on

Pengertian Teks Anekdot – Hai teman-teman dosenpintar.co.id, pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Pengertian Bisnis maka kali ini kita akan membahas artikel mengenai Teks Anekdot : Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah dan Contohnya. Daripada teman-teman penasaran langsung aja yuk simak artikelnya.

Pengertian Teks Anekdot

 

Pengertian Teks Anekdot

Apa sih pengertian teks anekdot itu? Pastinya istilah ini sudah sering teman-teman dengar dalam kehidupan sehari-hari bukan. Teks ankedot ialah sebuah cerita singkat yang mengandung unsur humor atau lucu dan dimaksudkan untuk mengkritik, seperti mengkritik tentang politik, sosial, maupun layanan publik.

Struktur teks anekdot

Struktur teks anekdot berbeda dengan struktur teks pada umumnya. Adapun struktur teks anekdot antaralain :

  1. Abstraksi, bagian ini terletak pada awal paragraf dan berisi gambaran tentang isi teks anekdot.
  2. Orientasi, merupakan awal mula atau latar belakang terjadinya suatu peristiwa.
  3. Event, merupakan bagian yang berisi tentang rangkaian peristiwa yang terjadi.
  4. Krisis, merupakaan bagian yang berisi tentang munculnya masalah yang terjadi dalam teks anekdot.
  5. Reaksi, merupakan bagian yang berisi langkah penyelesaian masalah yang muncul pada bagian krisis.
  6. Koda, merupakan bagian yang berisi perubahan yang akan terjadi pada tokoh.
  7. Re-Orientasi, merupakan bagian akhir teks anekdot sekaligus menjadi bagian penutup.

 

Ciri-ciri teks anekdot

Adapun ciri-ciri dari teks anekdot antaralain sebagai berikut :

  • Bersifat humor atau lucu
  • Bertujuan untuk menghibur pembaca
  • Bersifat menyindir
  • Bisa mengenai orang penting
  • Memiliki makna dan tujuan tertentu
  • Cerita yang disampaikan mirip dengan dongeng
  • Cerita mengenai karakter hewan dan manusia

 

Kaidah teks anekdot

Berikut adalah kaidah yang biasa digunakan dalam membuat teks anekdot adalah

  • Menggunakan kalimat perintah
  • Menggunakan penghubung
  • Menggunakan pernyataan retorik
  • Menggunakan verba atau kata kerja
  • Menggunakan keterangan waktu masa lampau
  • Berdasarkan kejadian waktu
Baca Juga :  Pengertian Sistem : Karaktersitik, Contoh, Komponen

 

Contoh Teks Anekdot

Berikut adalah contoh dari teks anekdot

Contoh Teks Anekdot Sosial

Makan Rumput
Hari itu Pak Subur sedang mengendarai mobil mewahnya di suatu tempat. Tiba-tiba Pak Subur merasa heran melihat seorang ibu-ibu sedang makan rumput. Pak Subur memutuskan untuk menghentikan laju mobilnya karena ia ingin bertanya kenapa ibu itu memakan rumput. Selama ini Pak Subur tahunya kalau manusia itu makan nasi, bukan makan rumput.Pak Subur akhirnya bertanya, “ Maaf bu, kenapa ibu makan rumput?”. Ibu itu lantas menjawab, “Saya lapar pak dan saya tidak punya uang untuk membeli makanan”. Mendengar hal tersebut, Pak Subur merasa sangat iba. Pak Subur akhirnya meminta ibu itu untuk naik ke dalam mobil mewahnya. Namun tanpa diduga ibu itu menolak.“Saya tidak bisa naik ke mobil mewah bapak, saya punya lima anak yang juga sedang makan rumput di rumah”, jelas ibu itu. Mendengar hal tersebut, Pak Subur langsung menjawab, “Ya bawa saja kelima anak ibu tersebut”. Tentu saja ibu tersebut merasa girang, iya memanggil semua anak-anaknya untuk naik mobil mewah Pak Subur.Anak-anak ibu itu merasa sangat senang. Salah satu anak ibu tersebut pun bertanya, “Bapak akan mengajak kami kemana?”. “Tentu saja saya akan membawa kalian ke rumah saya”, jawab Pak Subur. Mereka semua jelas tambah girang. “Memangnya kenapa bapak mau bawa kami ke rumah bapak?”, tanya anak yang lainnya. “Iya, soalnya rumput di rumah saya sudah mulai panjang-panjang”.

 

Contoh Teks Anekdot Tentang Hukum

Nasib Pencuri Sandal
Jupri baru saja makan rawon di tempat pak Reja. Setelah berbincang-bincang dengan Pak Reja, Jupri memutuskan untuk segera pulang. Jarak dari warung Pak Reja ke rumah Jupri cukup dekat dan bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki. Akhirnya Jupri memutuskan untuk pulang berjalan kaki saja menuju ke rumah.Sayangnya, di tengah perjalanan Jupri terserempet sepeda motor. Untunglah kakinya  Jupri tidak cedera. Walaupun kakinya tidak cedera, Jupri merasa sedih, sebab sandal barunya putus. Jupri sangat khawatir jika ia pulang, iya akan dimarahi oleh istrinya. Istri Jupri memang sangat galak dan Jupri tidak mau pulang tanpa sandal.

 

Baca Juga :  Contoh Pidato Singkat Kelas 6, 9, 12, Acara Berbuka Puasa, Pidato Kebersihan

Contoh Teks Anekdot  Lucu Dan Menyindir

Anekdot di Rumah Sakit

Siang ini suhu udara di kota Cirebon sangat terik sekali, dan tiba tiba dari kejauhan datanglah seroang supir angkot yang akan menuju sebuah Rumah sakit yang berada tepat di depan angkotnya parikir. Si supir angkot pergi ke rumah sakit dengan tujuan untuk mengobati telinganya karena kemasukan semut.

Supir Angkot : Selamat siang dok, bisakah bantu saya menyembuhkan telinga saya

Dokter : Telinganya kenapa ya pak ?

Supir Angkot : kemasukan semut dok, karena saat itu saya menggunakan cutenbad yang saya taruh disamping kopi.”

Dokter : Bagaimana sekarang, apakah masih sakit?

Supir Angkot: masih dok sambil dia mengambil cutenbadnya lagi dan memasukanya ke telinganya

 

Contoh Teks Anekdot Dialog

Belajar MembacaAda seorang dosen yang ditugaskan untuk mengajar kelas membaca ibu-ibu abdi dalem

Dosen tersebut lalu menunjuk tulisan ‘ayam’ yang ada di bawah gambar ayam jantan.

Dosen: Ibu-Ibu, ini dibaca apa?

ibu-ibu:”pitik”

Dosen:”Loh.. baca tulisannya bu. A-Y-A-M, AYAM.

Ibu-ibu:”pitik”

Para ibu-ibu tersebut kebingungan. Akhirnya mereka menghapus gambar ayamnya.

ibu-ibu: kalau di hapus sudah tidak bisa dibaca lagi, bu dosen

 

Contoh Teks Anekdot Berbentuk Narasi

Begal kok jadi dokter
Suasana stasiun ramai dengan aktivitasnya, namun tiba tiba keadaan menjadi bertambah ramai karena terjadi sebuah kecelakaan yang menimpa seorang pria. Semua orang yang ada disana pun membatu pria tersebut dan menelepon ambulan dan juga keluarganya.Sesampainya di rumah sakit pria tersebut langsung dilarikan ke UGD, di ruangan lainnya sang ibu tiba dan langsung mengurusi administrasi anaknya. Sementara di ruang UGD dokter mengatakan pada suster bahwa si pasien harus segera di operasi dan suster pun memberi tahu sang ibu untuk segera menyelesaikan administrasi agar si korban bisa di segera di operasi. Suster yang berada di ruang administrasi pun menyampaikannya,dan ternyata si ibu korban tidak dapat memenuhinya. Suster pun menyampaikan ketidak mampuan si ibu dalam memenuhi administrasi.Dokter yang mendengar hal tersebut langsung berencana membatalkan operasi pada pasien, si pasien yang tengah tak sadar ketika mendengar berita tersebut ,tiba tiba bangun dan semua orang yang ada di ruangan terkejut dan ketakutan,si pasien tiba tiba memberikan uang setelah itu ia pun tidak sadar kembali,setelah semua orang akan pergi ,si pasien bangun lagi dan mengatakan begal kok jadi dokter

 

Baca Juga :  Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja, Sekolah Lengkap

Contoh Teks Anekdot Berbentuk Dialog Panjang

Sulap PenghapusReno dan Riski duduk bersisihan dan sedang berkonsentrasi menyelesaikan soal ujian. Seperti biasa Reno tidak pernah membawa penghapus.

Reno: “Ki, gua minjem penghapus sih.”

Riski:”Yaelah baru aja beli. Penghapus yang kemaren lu pinjam kemana?”

Reno:”Yaelah, kemaren dipinjam Didi tuh penghapusnya belum dibalikin”

Riski: “ Tanggung jawablah, kan lu yang pinjam.”

Reno pun terdiam, karena kenyataanya ia lupa menagih penghapus yang ia pinjamkan ke Didi.

Ujian pun selesai, Reno, Riski dan Didi pun makan di kantin.

Didi:”Ki, katanya pengen belajar sulap yang kayak kemarin?”

Riski:”Gak jadi, gua mau belajar sama Reno aja”

Reno:”Lah sejak kapan gua bisa?”

Doni:”Buktinya lu bisa bikin penghapus gua ilang”

Didi dan Reno pun terdiam.

Reno:”hahahaha bisa aja lu. Iya dah nanti pulang sekolah gua ganti penghapusnya”

Masalah pun akhirnya terselesaikan.

Demikianlah artikel mengenai Teks Anekdot : Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah dan Contohnya saya harap artikel ini dapat membantu teman-teman semua dalam mencari jawaban ataupun menambah wawasan. Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.

 

Related posts: