√Peran Virus Dalam Kehidupan Manusia : Menguntungkan dan Merugikan

Posted on

Pada umumnya, virus dapat menyebabkan penyakit baik pada manusia, hewan dan juga tumbuhan. Selain itu, virus juga mempunyai manfaat bagi manusia, mari kita simak apasaja manfaatnya.

√Peran Virus Dalam Kehidupan Manusia : Menguntungkan dan Merugikan

  • Manfat virus bagi manusia

Salah satu manfaat virus bagi kehidupan manusia adalah adanya vaksin yang dapat mencegah suatu penyakit. Ilmuwan membaut vaksin dari virus yang dilemahkan atau virus yang tidak aktif.

Virus berasal dari virus yang dilemahkan. Vaksin tersebut disuntikkan ke tubuh manusa dan menyebabkan tubuh memproduksi anttibodi atau zat lain yang membuat tubuh menjadi kebal dari virus. Baksin yang dibuat dari virus hidup oleh ahli virus dengan seleksi yang teliti. Vaksin tesebut merangsang pembentukan system kekebalan tubuh dan tidak membahayakan tubuh.

baca juga : √Cabang Ilmu Biologi : Morfologi ,Histologi, Anatomi , Fisiologi

  • Sifat merugikan virus bagi manusia

Diruran sebelunnya tadi, diketahui bahwa kebanyakan virus dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit dan dapat menimbulkan kangker. Penyakit yang disebur oelh virus dapat juda menimbulkan cacat fisik atau kematian karena banyak yang belum diketahui cara pengobatannya. Selain menyerang manusia, virus juga menyerang tumbuhan dan juga hewan.

  • Virus yang menyerang manusia

Seperti halnya pada hewan, penyakit pada manusia pun juga banyak yang disebabkan oleh virus. Penularan oleh virus dapat melalui berbagai cara, antara lain adalah melalui udara, cairan tubuh, dan air.

  • HIV (human immunodeficiency virus)

HIV merupakan penyebab penyakit AIDS yang merupakan virus yang menyerang system kekebalan tubuh manusia atau menyerang sel darah putih. Sel darah putih ini mengontrol system kekebalan tubuh, oleh sebab  itu, pada penderita AIDS system kekebalan tubuhnya berkurang sehingga tubuhnya pun rentan penyakit.

  • Influenza

Virus jenis ini menyerang membrane trakea. Birus ini bernama orthomyxovirus, virus ini menyebar melalui udara dan masuk kedalam tubuh manusia melalui saluran pernapasn.

  • Herpes

Herpes merupakan penyekit yang ditandai dengan adanya bintik merah nanah dan berkelompok di kulit dan disertai oleh demam. Penyebab herpes ini adalah virus anggorta family. Virus herpes ini menyerang kulit dan selaput lender.

Baca Juga :  √Ciri Protista dan Protozoa : Pengertian, Reproduksi, Perannya

demikianlah artikel dari dosenpintar.co.id mengenai √Peran Virus Dalam Kehidupan Manusia : Menguntungkan dan Merugikan,, semoga artikel ini bermanfaar bagi anda semua yang membacanya.

baca juga ;

 

Related posts: