Contoh Proposal Skripsi Dengan Struktur Dan Penjelasannya

Posted on

Contoh Proposal Skripsi – Halo sobat setia dosenpintar.co.id, pada kesempatan kali ini kita akan membahas artikel tentang Contoh Proposal Skripsi Dengan Struktur Dan Penjelasannya

contoh proposal skripsi
 

Pengertian proposal skripsi

Mendengar kata “skripsi” pastinya sudah tak asing lagi bagi para mahasiswa yang menempuh pendidikan Sarjana (S1), sebab skripsi menjadi tugas akhir sebelum lulus dari jenjang Sarjana. Lantas apasih proposal skirpsi itu? Yaitu suatu bentuk rancangan, desain penelitian atau usulan penelitian yang akandisusun oleh seorang mahasiswa mengenai bahan penelitian untuk pembuatan skripsi. Proposal skripsi memiliki standar tertentu seperti penggunaan bahasa, tanda baca, kutipan dll. Isi dari roposal skirpis masih berbentuk sebuah rancangan, yang artinya belum dijabarkan secara panjang lebar. Atau pengertian lain menyebutkan bahwa proposal skripsi merupakan garis-garis besar materi permasalahan dan metode penelitian yang akan diuraikan dalam skripsi. Proposal skripsi diajukan apabila judul proposal telah disetujui lebih dulu oleh Dosen Pembimbing. Proposal skirpsi terdiri dari bagian awal, bagian utama, dan bagian akhir.
 

Fungsi Proposal Skripsi

Proposal skripsi sendiri memiliki fungsi yang sangat penting bagi seorang mahasiswa. Adapun fungsi dari proposal skripsi antaralain sebagai berikut:

  • Untuk menyampaikan rancangan yang akan diteliti
  • Untuk mendapatkan dukungan terkait rancangan penelitian
  • Untuk memperoleh persetujuan berupa izin mengenai rancangan penelitian
  • Sebagai langkah untuk membuat skripsi

 

Tujuan Proposal Skripsi

Pada umumnya sebuah proposal bertujuan untuk menyampaikan rencana kegiatan pada pihak terkait, sehingga kegiatan tersebut dapat diterima dengan tujuan mendapatkan dukungan, mendapatkan izin, memperoleh dana dan sponsor, dan sebagainya. Sama halnya dengan proposal skirpsi, yang mana mahasiswa bertujuan untuk menyampaikan rancangan penelitiannya kepada dosen pembimbing agar disetujui sebelum membuat skripsi.
 

Baca Juga :  Nama Surga Dan Neraka Beserta Artinya Lengkap

Kerangka Proposal Skripsi

COVER

merupakan halaman paling depan yang pertama kali dilihat oleh dosen pembimbing. Biasanya berisi judul skripsi, logo universitas, nama penyusun, nomor induk mahasiswa, nama program studi, jurusan, nama universitas, dan paling bawah tahun pembuatan.

LEMBAR JUDUL

lembar judul ini dipakai apabila terdapat kebijakan dari kampus, hanya berisi judul skripsi yang diajukan.

LEMBAR PENGESAHAN

befungsi untuk mengesahkan skripsi yang dibuat, biasanya pada uji proposal lembar pengesahan dibuat hanya saja tidak dibubuhi tanda tangan dosen pembimbing.

KATA PENGANTAR

disini penulis menjelaskan mengenai maksud serta tujuan dari penulisan proposal skripsi.

DAFTAR ISI

daftar halaman dari isi proposal skripsi yang dibuat, daftar isi dibuat agar pembaca atau penguji dengan mudah menemukan bagian-bagian dari proposal skripsi.

DAFTAR TABEL

berisikan daftar judul-judul tabel yang berada pada proposal skripsi, untuk mempermudahkan pembaca dalam mencari tabel yang berkaitan dengan pembahasan.

DAFTAR LAMPIRAN

halaman yang berisi daftar-daftar lampiran seperti lampiran surat penelitian, lampiran berkas, dan lampiran-lampiran yang dibutuhkan dalam penyelesaian skripsi.

BAB I. PENDAHULUAN

bab pendahuluan dari proposal skripsi yang didalamnya berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, kerangka teori atau kerangka berpikir, kerangka konsep, metode penelitian, serta teknik pengumpulan data.

DAFTAR PUSTAKA

berisi daftar bahan-bahan referensi atau literature yang telah digunakan untuk penelitian, baik diambil dari buku, jurnal, maupun sumber elektronik maka harus disertakan dalam halaman daftar pustaka.

LAMPIRAN

halaman yang berisi scan atau fotokopi lampiran berkas-berkas yang dibutuhkan untuk melengkapi data-data penelitian dalam tugas akhir.
 

Cara Membuat Proposal Skripsi

Terdapat banyak sekali tips yang bisa Anda terapkan dan lakukan untuk membuat proposal skripsi. Dan hal yang paling utama yang harus Anda ingat dan lakukan adalah tidak menunda-nunda atau membuang waktu. Karena dengan memegang prinsip ini, Anda bisa mengerjakan proposal skripsi dalam waktu yang cepat.

Baca Juga :  Pengertian Kewirausahaan – Teori, Ciri-Ciri, Dan Tujuan Kewirausahaan

Langkah-langkah untuk menyusun proposal skripsi

  • Hal Pertama yang harus dilakukan yaitu mencari ide penelitian, mengenai apa dan siapa yang menjadi pembahasan dalam skripsi.
  • Mencari referensi atau study literatur sebanyak-banyaknya untuk mendukung penelitian nantinya. Referensi tersebut bisa dicari baik lewat buku, jurnal, maupun media elektronik,.
  • Tentukan rumusan masalah berupa latar belakang masalah.
  • Buatlah tahapan-tahapan penelitian dengan menggunakan diagram alir.
  • Setelah itu barulah menyusun metode penelitian untuk memecahkan rumusan masalah yang telah dibuat beserta batasannya.
  • Membuat judul skripsi yang akan diajukan. Judul skripsi harus sesuai dengan permasalahan diteliti.
  • Kemudian susunlah BAB 1 dengan benar mulai dari latar belakang sampai tujuan penelitian. Barulah kemudian membuat tinjauan pustaka.
  • Terakhir lengkapi draft-draft bab yang telah dibuat, lalu lakukanlah diskusi atau konsultasi dengan dosen pembimbing.

Contoh Judul Skripsi

  1. Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Absensi PT. Golden Dawn
  2. Analisa Dan Perancangan Sistem Jadwal Piket Online Di SMA Negeri 1
  3. Analisa Struktur Pengurai Kalimat Berbasis Linguistic
  4. Analisa Traffic Internet pada Jaringan Local Area Network SMP Swadika
  5. Analisis Sistem Keamanan Jaringan LAN pada Warung Internet
  6. Analisis Sistem Perancangan Pemasaran Dan Pemesanan Online Pada Deep Toys
  7. Aplikasi “Web Traffic Engineering”
  8. Aplikasi Akuntansi Perhitungan Pajak Tahunan
  9. Aplikasi TTS Berbahasa Indonesia Sebagai Pembaca SMS
  10. Detektor Pengaman Rumah

Demikianlah artikel yang mengulas tentang Contoh Proposal Skripsi Dengan Struktur Dan Penjelasannya. Semoga artikel diatas bisa membantu sobat dosenpintar sekalian dalam berbagai aspek. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel lainnya.

 
 

Related posts: