√ Proses Terbentuknya Tanah : Pengertian Beserta kompsisinya

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian tanah

Menurut sitanala asryad (1989) pengertian tanah ialah suatu benda alami heterogen yang terdiri dari komponen-komponen pada, cair dan gas yang memiliki sifat juga perilaku yang dinamis. Tanha berasal dari hasil pelapukan bahan anarganik dan bahan organik. Pelapukan itu terjadi karena panas matahari, hujan dan juga angin. Selain itu pelapukan juga bisa terjadi karena meleburnya batu-batuan oleh panas yang terjadi di dalam litosfer.

Proses terbentuknya tanah

Pada dasarnya tanah berasal dari batuan atau zat anorganik yang mengalami pelapukan. Berubahnya batuan menjadi butir-butir tanah disebabkan oleh beberapa faktor, dianataranya ialah sebagai berikut:

  1. Pemanasan matahari pada siang hari dan juga pendinginan pada malam harinya
  2. Pemadatan dan tekanan pada sisa zat organik akan mempercepat terbentuknya batuan,
  3. Batuan yang telah retak dan proses pelapukan yang dipercepat oleh air, membuat lubang dan juga mengeluarkan zat yang bisa menghancurkan batuan
  4. Akar tumbuhan bisa menerobos dan juga memecah batu-batuan menjadi hancur menjadi butiran tanah.

Pelapukan yang terjadi pada batuan atau sisa-sisa jasat kehidupan pada proses terbentuknya tanah bisa berlangsung secara tiga macam, diantaranya ialah sebagai berikut ini;

  1. Khemit atau kimiawi, adalah pelapukan yang disebabkan oleh pengaruh bagan kimia yang larut dalam air. Adanya reaksi kimia pada zat yang terkandung dalam air menyebabkan batuan akann mengalami penghancuran.
  2. Fisik atau mekanis, adalah pelapukan yang disebabkan oleh faktor perubahan cuaca yaitu peristiwa pemanasan pada siang hari dan pendinginan pada malam hari, sehingga lampat laun batuan mengalami penghancuran.
  3. Organik atau biologis, adalah pelapukan yang disebabkan karena adanya tumbuhan yang hidup di atas batuan, misalnya ialah lumut. Batuan yang ditumbuhi lumut lama kelamaan akan mengalami pelapukan, sehingga hancur dan menjadi buti-butir tanah.
Baca Juga :  √Macam Konsep Esensisal Geografi (LENGKAP)

Komposisi tanah

Tanah adalah kumpulan benda-benda alam yang berada dipermukaan bumi yang tersusun dalam horizon-horizon, dan terdiri atas bahan mineral, bahan organik, air, dan juga udara. Perubahan jumlah terhadap salah satu bahan akan memengaruhi jumlah bahan lain. Bahan organik dan juga anorganik ialah komposisi padat, sedangkan udara dan air mengisi pori-pori tanah.

Tanah terdiri dari empat komponen: mineral (45%), bahan organik (5%), air (20-30%), dan udara (20-30%). Di indonesia sendiri terdapat bermacam-macam jenis tanah. Perbedaan jenis tanah di indonesia disebabkan oleh beberapa faktor:

  1. Penyinaran matahari yang berbeda,
  2. Ada tidaknya tumbuhan penutup tanah
  3. Relief, hal ini menyebabkan terdapatnya perbedaan variasi iklim meskipun di daerah yang sama
  4. Curah hujan yang berbeda-beda

Demikianlah artikel dari dosenpintar.co.id mengenai √ Proses Terbentuknya Tanah : Pengertian Beserta , kompsisinya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Bagikan Artikel :