Push Up : Pengertian, Manfaat, Tehnik, Tips dan Aturan

Posted on

Push Up – Halo sobat setia dosenpintar.co.id, pada artikel kali ini kita akan membahas artikel mengenai Push Up : Pengertian, Manfaat, Tehnik, Tips dan Aturannya. Daripada penasaran yuk simak langsung artikel berikut.

Pengertian Push Up
 

Pengertian Push Up

Sobat pastinya sudah sering mendengar kata “push up” bahkan mungkin sering melakukannya. Lantas apa sih pengertian push up itu sendiri? Yaitu salah satu olahraga yang berfungsi untuk membesarkan otot-otot tubuh, baik itu otot lengan, otot tangan, maupun otot perut. Olahraga ini sangat mudah untuk dikerjakan dan tak memerlukan ruang yang lebar, anda bisa melakukan push up di atas matras, lapangan, maupun ruang kecil.
 

Pengertian Push Up Menurut Ahli

Adapun pengertian push up menurut para ahli adalah :

  • Menurut Wikipedia
    Push up merupakan jenis senam yang berfungsi untuk menguatkan otot bisep maupun trisep. Langkah-langkah dalam melakukan senam kekuatan ini, posisi awal tidur tengkurap dengan tangan di sisi kanan kiri badan. Kemudian badan didorong ke atas dengan kekuatan tangan. Posisi kaki dan badan tetap lurus atau tegap. Kemudian barulah turunkan badan anda, namun dengan tetap menjaga kondisi badan dan kaki tetap lurus. Badan turun tanpa menyentuh lantai atau tanah.

 

Manfaat Push-Up

Melakukan sebuah Push Up tentunya memberikan manfaat tersendiri, misalnya push up dapat membuat bentuk tubuh menjadi ideal seperti tubuh yang kekar, tubuh yang bebas dari selulit, tubuh ideal dan lain-lain.
 

Baca Juga :  Sepak Takraw : Pengertian, Sejarah, Sarana, Aturan dan Tehnik Dasar

Teknik Olahraga Push Up

Adapun teknik dalam melakukan suatu push up adalah sebagai berikut :

1. Tengkurap di atas lantai

Posisi awal saat ingin melakukan push up yaitu tidur tengkurap dengan kedua telapak tangan berada diatas lantai.

2. Angkat tubuh menggunakan lengan dengan kuat

Kemudian angkat/doronglah tubuh anda keatas dengan menggunakan kekuatan dari kedua otot tangan dengan posisi dari ujung kepala sampai ujung kaki tetap lurus.

3. Pilih gaya push up

Silahkan anda sesuaikan dengan gaya push up yang ingin anda lakukan. Terdapat beberapa gaya dalam melakukan push up, antaralain

  • Wide Grip Push up
  • Triangle Push Up
  • Single Red Raised Push Up
  • Clap Push Up
  • Spiderman Push Up

4. Turunkan tubuh membentuk sudut 90 derajat

Setelah mendorong tubuh keatas, turunkan tubuh dengan tetap menjaga posisi badan dan juga kaki tetap lurus. Hal ini bertujuan guna menghasilkan resistensi yang lebih besar sehingga dapat membentuk tubuh anda.

5. Angkat tubuh dengan mendorong lantai

Ini merupakan teknik yang di lakukan dengan menghembusan nafas ketika mengangkat tubuh karena hal ini dapat menambah kekuatan untuk mendorong tubuh yang lebih maksimal. Karena Otot trisep akan lebih mudah terbentuk dan terkontraksi dengan melakukan gerakan gerakan dorongan pada posisi awal sampai mengunci.

6. Ulangi kedua cara diatas

Lakukan secara berulang-ulangan kedua langkah diatas, sesuaikan dengan target push up yang ingin anda lakukan misalnya melakukan gerakan push up dengan hitungan atau menggunakan hitungan stopwatch.

7. Istirahat yang cukup

Setelah melakukan push up ada baiknya melakukan istirahat selama satu jam agar tubuh dapat pulih secara optimal.
 

Tips Push Up

Adapun terdapat tips tips dalam melakukan push up, seperti :

  • Makan yang cukup
  • Perhatikan gerakan, bukan hitungan
  • Mengatur tempo
  • Konsisten
  • Asupan gizi yang cukup
  • Istirahat yang cukup
  • Mengatur napas
Baca Juga :  Lompat jauh : Pengertian, Sejarah, Tehnik,Gaya, Sarana dan Peraturan

 

Peringatan Olahraga Push Up

Walaupun memiliki manfaat, anda tetap harus memahami peringatan yang sewaktu-waktu bisa terjadi ketika melakukan push up.

  • Apabila merasakan sakit yang luar biasa ketika melakukan latihan secara berlebihan maka sebaiknya anda hentikan latihan untuk beberapa hari karna itu proses bembentukan otot pada tubuh.
  • Apabila dirasa akan terjadi cedera yang di alami pada tubuh anda, segeralah melakukan konsultasi ke dokter atau melakukan refleksi.

Demikianlah artikel tentang Push Up : Pengertian, Manfaat, Tehnik, Tips dan Aturannya. Saya harap artikel diatas bisa membantu sobat semua dalam menambah wawasan maupun ilmu. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel lainnya ya sobat dosenpintar.co.id

 

Related posts: