Senam Aerobik : Pengertian, Sejarah, Jenis, Manfaat dan Gerakan Senam Aerobik

Posted on

Senam Aerobik – Halo sobat setia dosenpintar.co.id, pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Lompat Galah dan kali ini kita akan membahas mengenai Senam Aerobik : Pengertian, Sejarah, Jenis, Manfaat dan Gerakan Senam Aerobik. Daripada penasaran langsung aja yuk simak artikelnya di bawah ini.

Senam Aerobik
 

Pengertian Senam Aerobik

Apa sih senam aerobik itu? Senam aerobik sendiri merupakan alah satu jenis senam yang sangat digemari oleh masyarakat luas untuk mengisi waktu di pagi hari, yang mana senam aerobik merupakan gerakan senam yang dipadukan dengan irama musik atau tarian tradisional dengan durasi yang telah ditentukan. Senam ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pemasukan oksigen di dalam jaringan tubuh. Kadar oksigen yang masuk tersebut ditentukan oleh besarnya kapasitas paru-paru saat menghirup udara. Latihan aerobik yang dilakukan secara teratur dengan takaran yang cukup akan memperbaiki kinerja jantung dan paru-paru.
 

Pengertian Senam Aerobik menurut Para Ahli:

Adapun menurut para ahli pengertian senam aerobik antaralain sebagai berikut :

  • Menurut Jackie Sorensens

    Menurut beliau pengertian senam aerobik yaitu salah satu jenis senam kebugaran atau kesehatan jasmani yang sangat lengkap karena mencakup beberapa latihan dan juga kegembiraan yang dapat mengekspresikan semua perasaan dengan cara tertawa, bergoyang, melompat, meregangkan badan, dan dikombinasikan dengan tarian rakyat, tarian tradisional, dan juga tarian kontemporer.

  • Menurut Marta Dinata

    Adapun menurut Marta Dinata, aerobik merupakan serangkaian gerak olah tubuh yang dilakukan  dengan mengikuti sebuah irama musik yang dipilih untuk membuat ketentuan ritme, kontinuitas, dengan durasi yang telah ditentukan. Hal ini berguna untuk menampakkan keselarasan antara gerak tubuh dengan musik untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

  • Menurut Dr. Kenneth Cooper

    Adapun menurut Kenneth Cooper, aerobik didefinisikan sebagai kegiatan dalam menggerakkan/mengolah bagian tubuh sehingga tubuh dapat memperbaiki sistemnya serta menuntut lebih banyak oksigen yang berguna untuk memperjanjang waktu dalam senam. Menurutnya senam ini dapat meningkatkan detak jantung dan juga memompa oksigen, sebab gerakan yang ada dalam senam aerobik sangat teratur dengan menggunakan ritme musik.

 

Sejarah Senam Aerobik

Senam aerobik sendiri diperkenalkan oleh Dr. Kenneth Cooper tahun 1960-an. Dan satu dekade setelah itu tepatnya pada tahun 1970-an, barulah tarian aerobic berubah setelah tarian ini populer di kalangan masyarakat. Pada saat itu, tarian – tarian ini biasanya diadakan di gereja , pusat rekreasi, klub kebugaran dan juga sekolah . Sedangkan di era seperti sekarang ini, aerobic telah jauh berkembang pesat dan jauh berbeda, dimana saat ini senam aerobic bisa dilakukan secara individu dengan menirukan gerakan senam yang terdapat dalam Video Senam Aerobic.
 

Jenis – Jenis Senam Aerobik

Adapun senam aerobik memiliki beberapa jenis, antaralain :

  • High impact aerobics
  • Low impact aerobic
  • Discorobic
  • Rockrobic
  • Aerobic sport

 

Manfaat Senam Aerobik

Senam aerobik tentunya memiliki beragam manfaat, seperti :

  1. Menambah Stamina Tubuh.
  2. Meningkatkan Fungsi Jantung.
  3. Menurunkan Berat Badan.
  4. Mencegah Penyakit.
  5. Membuat Panjang Umur.
  6. Menyehatkan Otot.
  7. Mengembalikan Mood Dan Mengurangi Stres.
  8. Membersihkan Arteri.
  9. Mengurangi Resiko Darah Tinggi.
  10. Memperkuat Tulang Dan Sendi.
  11. Mempercantik Kulit.
  12. Membantu Memperbaiki Pernafasan.

 

Gerakan Senam Aerobik

A. Pemanasan

Hal yang pertama sebelum melakukan senam aerobik tentu adalah pemanasan. Pemanasan sangatlah penting supaya tidak terjadi cidera saat melakukan senam aerobik. Tujuan dari pemanasan yaitu menaikkan denyut jantung, menaikkan suhu tubuh awal, dan untuk mempersiapkan otot – otot kita serta persendian agar terhindar dari yang namanya cidera. Pemanasan bisa anda lakukan selama lima sampai sepuluh menit (5 – 10 menit) sebelum melakukan gerakan senam aerobik.

Pemanasan dapat berupa jalan ditempat, menggerakkan tubuh ke kanan dan ke kiri, menggerakkan lengan ke bawah sampai ke bagian atas, dan lainnya.

B. Pendinginan

Selanjutnya adalah pendinginan yang mana tujuannya untuk mengembalikan frekuensi dari denyut jantung yang cepat agar kembali menjadi normal kembaliserta untuk mengembalikan kondisi normal pada otot – otot tubuh. Durasi dalam pendinginan hampir sama seperti saat melakukan pemanasan yaitu sekitar lima sampai sepuluh menit (5 – 10 menit).

C. Latihan Inti

Selanjutnya yaitu latihan ini, dimana kita melakukan gerakan yang intensitasnya lebih tinggi dan juga durasi yang akan terhitung lebih lama dibanding dengan pemanasan sebelumnya yaitu sekitar (22 – 55 menit).

D. Gerak Langkah Kaki

Yang terakhir adalah gerak langkah kaki, tahap ini sendiri memiliki 3 macam teknik benturan gerakan kaki. Tingkat benturan adalah tingkat sentuhan salah satu kaki terhadap lantai, yang mana ketiganya antaralain Low Impact, Moderate Impact, dan High Impact.

Demikianlah artikel yang membahas mengenai Senam Aerobik : Pengertian, Sejarah, Jenis, Manfaat dan Gerakan Senam Aerobik saya harap artikel diatas mampu membantu teman-teman dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu beserta wawasannya. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca Juga :

 

Related posts:
Baca Juga :  Senam Lantai : Pengertian,Sejarah, Jenis, Manfaat dan Tehnik Senam Lantai