Sepak Bola : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Tehnik dan Peraturan

Posted on

Sepak Bola – Halo sobat setia dosenpintar.co.id, pastinya kamu semua sudah mengenal dan mengetahui apa itu sepak bola, namun pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Sepak Bola : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Tehnik dan Peraturannya dengan lengkap. Oleh sebab itu yuk simak artikel di bawah ini untuk penjelasan lebih lanjut mengenai sepak bola,

Pengertian Sepak Bola

Pengertian Sepak Bola Seacara Umum

Sepakbola merupakan hiburan bagi masyarakat, terutama bagi masyarakat Indonesia. Lantas apa sih definisi dari sepak bola itu? Yaitu salah satu cabang olahraga yang menggunakan bola yang terbuat dari kulit. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim yang mana masing-masing tim beranggotakan 11 pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

Adapun menurut para ahli pengertian sepak bola antaralain :

1. Remmy Muchtar

Menurut beliau sepak bola merupakan suatu permainan yang dilakukan dengan melakukan pengolahan pada bola serta gerak tubuh di dalam permainan tersebut.

2. Luxbacher

Sedangkan menurut beliau, pengertian sepak bola merupakan permainan sepak bola yang dimainkan dengan tim yang beranggotakan 11 orang dengan tujuan untuk memenangkan permainan melawan tim musuh.

3. Muhajir

Sedangkan Muhajir berpendapat bahwa sepak bola merupakan permainan bola kaki yang bertujuan menendang bola ke gawang lawan sebanyak mungkin.

4. Agus Salim

Adapun menurut Agus Salim, sepak bola adalah suatu permainan bola kaki yang mana bertujuan mencetak gol ke gawang lawan sebanyak-banyaknya dengan bersikap sportif dan pemain memiliki skill dalam mengolah bola.

Baca Juga :  Lempar Cakram : Pengertian, Sejarah, Manfaat, Jenis, Tujuan, Gerakan

Sejarah Singkat Permainan Sepak Bola

Sepak bola sudah dimainakan pada abad 2 Sebelum Masehi oleh masyarakat cina pada zaman Dinasti Han. Permainan tersebut, dimainkan menggiringi bola dengan kaki dan menendang ke gawang kecil. Hingga akhirnya permainan sepak bola semakin meluas ke negara Jepang dan wilayah asia lainnya.

Setelah dikenal pada abad SM (sebelum masehi di wilayah asia), kini sepak bola memasuki wilayah eropa, tepatnya di negara Britania Raya. Dan disini sepak bola jauh lebih berkembang, hingga pada tahun 1857, klub sepak bola dibentuk dikalangan Universitas maupun sekolah dengan nama Seffield FC.

Pada tahun 1863, federasi petinggi di Brintania (Inggris) membentuk lembaga sepak bola dengan nama FA (Football Association) untuk mengorganisasi sepakbola di wilayah Britania (Inggris) agar mudah di nonton dan diminati oleh masyarakat.

Setelah lama permaian bola dimainkan, sebagian negara ingin membentuk asosiasi sepak bola di dunia dengan nama “FIFA” (Federasi Internasional Football Association) pada tahun 1900. Berdirinya induk sepak bola dunia ini diharapkan mampu membuat pertandingan sepak bola dapat terorganisir dan memainkan pertandingan dalam kompetisi antar negara.

Tujuan Permainan Sepak Bola

Adapun tujuan dari permainan sepak bola adalah untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan, menjaga daerah tim kita supaya tidak kebobolan oleh tim lawan, dan yang paling penting adalah menjaga kekompakan dan solidaritasi di antara para pemain supaya bisa mencetak gol. Meskipun begitu, banyak sekali kecurang yang terjadi di dalam permainan sepak bola. Namun, dengan adanya wasit permainan sepak bola bisa menjadi lebih adil dan sportif.

Lapangan Permainan

Permainan sepak bola ini biasanya digelar/diselenggarakan di lapangan berumput, yang mana lapangan tersebut haruslah sesuai dengan standar sepak bola.

Baca Juga :  Pengertian Bola Basket, Sejarah, Ukuran Lapangan Tehnik dan Peraturan

Ukuran lapangan sepak bola

Adapun ukuran dari lapangan sepak bola yaitu :

  • Panjang 100 – 120 meter
  • Lebar 65 – 75 meter
  • Lebar gawang 7,32 meter
  • Tinggi gawang 2,44 meter

Lama Bermain

Permainan sepak bola pada dasarnya terdiri dari 2 babak, dimana babak pertama berlangsung selama 45 menit, dan babak kedua juga berlangsung selama 45. Sehingga jika di total lama permainan sepak bola adalah 90 menit, belum di tambah tambahan waktu.

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

1. Teknik Menendang Bola

Teknik dasar ini dilakukan dengan menggunakan semua bagian kaki, namun supaya bola dapat ditendang dengan baik dan akurat, biasanya bola ditendang dengan menggunakan pungung kaki atau kura-kura kaki, sisi kaki bagian dalam, sisi kaki bagian luar, punggung kaki bagian dalam, dan punggung kaki bagian luar.

Adapun tujuannya ialah :

  • Untuk memberikan atau mengoper bola pada teman
  • Untuk memasukkan bola ke gawang lawan
  • Untuk menghidupkan bola kembali setelah terjadi suatu pelanggaran seperti tendangan bebas, tendangan penjuru, tendangan hukuman, tendangan gawang dan sebagainya.
  • Untuk melakukan clearing atau pembersihan dengan jalan menyapu bola yang berbahaya di daerah sendiri atau dalam usaha membendung serangan lawan pada daerah pertahanan sendiri.

2. Teknik Menghentikan Bola

Teknik dalam menghentikan bola terbagi menjadi 2, yaitu menghentikan bola datar dan bola melambung. Yang mana jika bola datar dapat dihentikan dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar, ataupun daerah punggung. Sedangkan bola yang melambung dapat dihentikan menggunakan kaki bagian dalam, luar, punggung, dan anggota tubuh lainnya seperti paha dada dan kepala.

3. Teknik Menggiring Bola

Teknik ini bertujuan untuk melewati lawan, untuk mendekati daerah pertahanan lawan, untuk membebaskan diri dari kawalan lawan, untuk mencetak gol, dan untuk meleawati daerah bebas . Terdapat bermacam-maca teknik/cara dalam menggiring bola, diantaranya dengan menggunakan kura-kura kaki bagian dalam, kura-kura kaki penuh dan kura-kura kaki bagian luar.

Baca Juga :  Senam Aerobik : Pengertian, Sejarah, Jenis, Manfaat dan Gerakan Senam Aerobik

4. Teknik Menyundul Bola

Teknik ini bertujuan untuk mengoper bola ke teman, menghalau bola dari daerah gawang atau daerah berbahaya, meneruskan bola ke teman atau daerah yang kosong, atau untuk membuat gol ke gawang lawan. Teknik menyundul bola bisa dilakukan dalam berbagai posisi, seperti saat berdiri, berlari dan melompat.

Peraturan Dasar Sepak Bola

Terdapat aturan-aturan yang harus dipenuhi agar permainan sepak bola dapat digelar, peraturan tersebut antaralain :

1. Jumlah Pemain Sepak Bola

Satu tim sepak bola terdiri dari 11 pemain inti, yang mana masing-masing pemain memainkan posisi yang berbeda-beda, yaitu penjaga gawang (kiper), pemain bertahan (bek), pemain tengah (gelandang), dan penyerang (striker). Selain itu dalam satu tim memiliki seorang kapten yang bertugas memimpin rekan setimnya agar dapat bermain sesuai arahan dari pelatih.

2. Ukuran Lapangan Sepak Bola

Adapun ukuran dari lapangan sepak bola yaitu :

  • Panjang 100 – 120 meter
  • Lebar 65 – 75 meter
  • Lebar gawang 7,32 meter
  • Tinggi gawang 2,44 meter

3. Durasi Permainan Sepak Bola

Durasi permainan dalam sepak bola umumnya adalah 2×45 menit, atau 2 babak, dimana setiap babak berdurasi 45 menit.

Demikianlah artikel mengenai Sepak Bola : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Tehnik dan Peraturan. Saya harap artikel ini bisa membantu sobat setia dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu serta wawasannya. Oke sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya.

 

Related posts: