Strategi Pemasaran : Menurut Para Ahli, Jenis, Tujuan dan Contoh

Posted on

Strategi Pemasaran – Halo sobat dosenpintar.co.id, pada artikel kali ini kita akan mengulas tuntas mengenai Strategi Pemasaran, baik pengertian strategi pemasaran menurut para hali, Jenis, Tujuan dan Contoh. Sebab strategi pemasaran ini sangat diperlukan demi tercapainya target dari perusahaan. Langsung aja yuk simak artikel dibawah ini.

Strategi Pemasaran
 

Pengertian Strategi Pemasaran

Secara sederhana Strategi pemasaran diartikan sebagai suatu proses untuk mengarahkan serta menciptakan standar produk tertentu di dalam kehidupan masyarakat. Contohnya adalah munculnya produk dari brand terkenal, Apple yaitu Iphone XI Pro yang menjadi standar baru untuk smartphone kelas premium.
 

Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

1. Tjiptono

Tjiptono mendifinisikan strategi pemasaran sebagai suatu alat untuk dapat mencapai perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut.

2. Kurtz

Sedangkan menurut Kurtz strategi pemasaran merupakan program keseluruhan perusahaan dalam menentukan target pasar dan memuaskan konsumen dengan membangun kombinasi elemen dari bauran pemasaran; produk, distribusi, promosi, dan harga.

3. Stanton

Adapun menurut Stanton strategi pemasaran ialah sesuatu yang melingkupi semua sistem yang memiliki hubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga hingga mempromosikan dan menyalurkan produk yang dapat memuaskan konsumen.
 

Baca Juga :  √ Pengertian Infalasi: Penyebab dan Jenisnya

Fungsi Strategi Pemasaran

Adapun fungsi dari adanya strategi pemasaran antaralain :

1. Meningkatkan Motivasi untuk Melihat Masa Depan

Manajemen perusahaan diharuskan untuk dapat berfikir secara luas ke depan, hal ini sangat disarankan dalam menjaga ritme atau berlangsungnya perusahaan. Manajemen perusahaan diusahakan untuk tidak selalu mengikuti ritme pasa, namun sesekali mencoba menggebrak pasar dengan sesuatu yang baru.

2. Koordinasi Pemasaran yang Lebih Efektif

Strategi pemasaran memiliki fungsi sebagai pengatur dalam berjalannya arah sebuah perusahaan sehingga membuat tim koordinasi menjadih jauh lebih baik dan terarah

3. Merumuskan Tujuan Perusahaan

Dengan strategi pemasaran, pelaku usaha dapat dibantu untuk merinci tujuan yang hendak dicapai perusahana, baik itu tujuan jangka panjang ataupun jangka pendek.

4. Pengawasan Kegiatan Pemasaran

Pengawasan aktivitas anggota tim lebih diperhatikan supaya peningkatan mutu dan kualitas semakin terjamin
 

Tujuan Strategi Pemasaran

  1. Untuk meningkatan kualitas koordinasi dalam sebuah tim pemasaran.
  2. Mengukur hasil pemasaran berdasarkan standard prestasi yang berlaku.
  3. Memberikan dasar yang logis dalam setiap pengambilan keputusan yang dibuat.
  4. Dapat meningkatkan kemampuan beradaptasi apabila terjadi perubahan-perubahan dalam pemasaran.

 

Konsep Strategi Pemasaran

1. Segmentasi Pasar

Perusahaan harus  melakukan klasifikasi pasar yang sifatnya heterogen menjadi pasar yang bersifat homogen, hal ini karena setiap konsumen pasti memiliki kebutuhan dan kebiasaan yang berbeda.

2. Market Positioning

Tidak ada perusahaan yang bisa menguasai dan mendapatkan posisi kuat dalam pasar. Oleh sebab itu perusahaan harus mempunyai pola spesifik seperti memilih segmen yang paling menguntungkan.

3. Market Entry Strategy

Strategi perusahaan inii berfungsi agar bisa masuk pada segmen pasar tertentu. Strategi ini dapat dilakukan dengan cara membeli perusahaan lain tau bekerjasama dengan perusahaan lain

Baca Juga :  √Macam Nilai Barang : Pakai, Tukar dan Teori Nilai Guna

4. Marketing Mix Strategy

Strategi yang berupa kumpulan dari beberapa variabel yang telah digunakan perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen. Variabel tersebut diantaranya

  • Product
  • Price
  • Place
  • Promotion
  • Participant
  • Process
  • People Physical Evidence

5. Timing Strategy

Strategi dalam memilih waktu juga sangat penting untuk diperhatikan. Perusahaan perlu melakukan berbagai persiapan yang baik di bidang produksi, dan menentukan waktu yang tepat untuk mendistribusikan produk ke pasar.
 

Contoh Strategi Pemasaran

1. Partnership

Strategi pemasaran yang satu ini memiliki beberapa keuntungan, salah satunya yaitu tidak memerlukan modal yang banyak dan memiliki peluang sukses lebih banyak.

2. Bekerjasama dengan Influencer

Influencer dapat memberikan pengaruh besar terhadap produk yang ingin sobat iklankan, dengan jangkauan followers yang banyak bukan tidak mungkin untuk mendapakan banyak keuntungan. Influencer bukan cuma selebgram saja,, kalian juga bisa menggunakan Vlogger, Youtuber, dan blogger yang juga memiliki pengaruh yang besar.

3. Melibatkan Karyawan

Strategi yang satu ini juga berpeluang besar untuk menjangkau pasar produk perusahaan. Cobalah sesekali untuk membuat iklan yang lucu bersama karyawan kalian, hal ini bisa saja memiliki efek yang baik. Karena mereka juga akan dengan senang hati share video dengan perusahaan disamping dengan meningkatkan efektifitas kerja mereka. Karena kebanyakan karyawan merasa bangga jika dilibatkan dalam sebuah proyek.

4. Menjaga Pelanggan Lama

Menjaga pelanggan lama merupakan hal yang penting dalam bisnis, karena pelanggan lama ini merupakan pelanggan yang paling loyal dalam membeli produk. Jadi, kalian mencoba untuk memberi bonus kecil bagi pelanggan lama yang membeli lagi. Karena dengan ini mereka juga akan mempromosikan produk kalian tanpa kita suruh.

 

Demikianlah artikel lengkap mengenai Strategi Pemasaran semoga artikel diatas dapat membantu dan bermanfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca Juga :  √ Kebijakan Pemerintah : Fiskal dan Moneter

 

Related posts: