Teks Eksposisi: Struktur, Pengertian, Ciri dan Contoh singkat

Posted on

Struktur Teks Eksposisi – Dalam aturan penulisan Indonesia, Anda akan sering mendengar nama Teks eksposisi, pada artikel sebelumnya kita telah mengulas contoh teks eksposisi teks ini adalah paragraf yang berisi informasi. Tujuan penulisan paragraf dari jenis informasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada pembaca tentang gaya penulisan, seperti gaya penulisan yang singkat, tepat dan akurat. Dalam penulisannya teks ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan, tetapi harus memperhatikan struktur teks eksposisi yang telah ditentukan. Di bawah ini adalah struktur yang harus benar-benar diperhatikan dalam penulisan.

struktur teks eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi

Teks Eksposisi adalah teks yang berisi informasi dan pengetahuan yang dipublikasikan secara singkat dan padat.

Struktur Teks Eksposisi

  1. Tesis, tesis ini merupakan bagian paragraf yang mengandung sudut pandang penulis terhadap masalah yang dibahas.
  2. Argumentasi, ini adalah alasan yang digunakan sebagai pendukung sebuah pendapat yang ada di tesis.
  3. Penegasan kembali,  pendapat dari sebuah tesis yang sudah dikemukakan di awal teks/paragraf. Tentunya penegasan kembali ini, tetap disertai fakta dan bukti-bukti yang mendukung.

 

Ciri Ciri Teks Eksposisi :

  • Memiliki gaya penulisan informasi yang persuasif atau dengan kata lain bersifat mengajak
  • Berisi penjabaran terkait informasi-informasi yang berhubungan dengan pengetahuan
  • Tulisan Bersifat objektif dan tidak memihak
  • Penjelasan atau penjabaran informasi yang diberikan, disertai dengan data-data akurat dan berasal dari sumber yang tepercaya. Data tersebut berguna sebagai pendukung dari tulisan yang bersangkutan
  • Penulisan dan penyampaian teks dipaparkan secara lugas serta menggunakan bahasa baku sesuai dengan EYD
  • Fakta yang diberikan  digunakan sebagai sebuah alat konkritasi dan kontribusi
Baca Juga :  Contoh Memo : Pengertian, Jenis, Bagian, Fungsi, Cara Membuat

Di atas telah dijabarkan menegenai struktur teks eksposisi , dikaitkan dengan pengertian teks eksposisi dan ciri-cirinya, untuk membedakan antara teks eksposisi dengan jenis teks lainnya. Untuk lebih lengkap dan mendalam perihal ciri-ciri dari sebuah tulisan eksposisi atau yang biasa disebut sebagai teks informasi berikut adalah contoh teks eksposisi singkat :

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Kebersihan

Tesis :

Kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu faktor penting untuk menciptakan kenyamanan dalam proses KBM. Selain untuk menciptakan kenyamanan dalam proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), kebersihan diperlukan untuk menjaga kesehatan para siswa. Siswa akan lebih senang belajar dalam suasana yang asri dan bersih

akan tetapi masih banyak siswa yang kurang menjaga kebersihan sekolah contohnya di laci meja kelas biasanya banyak ditemukan sampah bekas makanan atau minuman. Siswa masih kurang kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan. Masih banyak yang membuang sampah tidak pada tempatnya

Argumentasi :

Penyebab mereka tidak menjaga kebersihan salah satunya adalah mereka malas, dan kurang kesadaran menjaga kebersihan. Padahal disetiap titik lingkungan sekolah sudah disediakan tempat sampah, kurangnya kesadaran tentang kebersihan dan malas itulah penyakit siswa siswi sekolah pada saat ini.

Akibat tidak menjaga kebersihan lingkungan sekolah, lingkungan sekolah menjadi bau, kotor serta banyak serangga. Laci-laci meja kelas yang banyak sampah akan menjadi sarang nyamuk dan serangga ruangan kelas yang tidak dibersihkan akan menjadi sangat kotor dan nenimbulkan ketidaknyamanan dalam proses belajar mengajar dikarenakan oleh sampah yang berserakan dimana mana atau tempat sampah yang tidak dibersihkan akan menimbulkan bau yang menyengat dan penyakit-penyakit baru.

Alasan lain adalah para siswa berpikiran bahwa, kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab penjaga dan perawat sekolah sehingga mereka dengan enaknya membuang sampah secara sembarangan, kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab dari seluruh warga sekolah.

Penegasan ulang :

Menjaga kebersihan di lingkungan sekolah perlu dilakukan bersama – sama dengan cara reboisasi yaitu membersihkan kelas dan sekolah, lingkungan sekolah akan terasa nyaman untuk ditinggali warganya. Perlu diberikan sanksi yang tegas kepada siswa yang membuang sampah sembarangan. Selain itu, diadakan bersih sekolah setiap bulan yaitu kerja bakti warga sekolah untuk membersihkan sekolahnya agar siswa-siswa memiliki tanggung jawab dan rasa memiliki terhadap sekolahnya.

Baca Juga :  Contoh Pidato Singkat Kelas 6, 9, 12, Acara Berbuka Puasa, Pidato Kebersihan

Demikianlah artikel mengenai Struktur Teks Eksposisi beserta beberapa ulasan lengkapnya. Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu serta wawasannya. sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca Juga :

 

Related posts: