Surat Referensi Kerja : Cara Menulis dan Contoh

Posted on

Surat Referensi Kerja – Halo sobat semua, kali ini dosenpintar.co.id akan membahas artikel mengenai surat referensi kerja, cara menulis dan contoh surat referensi kerja . Untuk sobat yang sudah pernah bekerja di sebuah hotel, restoran, bank dan perusahaan besar, pastinya tau apa itu surat referensi kerja. Namun bagi yang belum, yuk simak pengertian lengkapnya di bawah ini.

contoh surat referensi kerja
 

Pengertian Surat Referensi Kerja

Surat referensi kerja merupakan sebuah dokumen yang berisi penilaian dari sebuah perusahaan mengenai kualitas kerja serta perilaku kita selama masa kerja kita di perusahaan tersebut. Surat referensi kerja biasa atau lebih dikenal dengan surat pengalaman kerja ini sangat penting jika kita ingin melamar pekerjaan di tempat lain, perusahaan juga dapat mempertimbangkan mengenai kemampuan yang dimiliki.
 

Fungsi Surat Referensi Kerja

Adapun fungsi-fungsi utama dari surat referensi kerja antaralain:

Melamar pekerjaan

Seperti yang sudah disinggung diatas, surat referensi kerja menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan dalam menerima calon karyawan baru. Melalui surat ini kita dapat mengetahui loyalitas dan dedikasi seseorang kepada perusahaan. Berdasarkan surat ini kita juga dapat mengetahui jabatan terakhir yang di pegang oleh pelamar.

Mencairkan dana JHT atau BPJS

Salah satu syarat untuk mengencerkan dana JHT atau BPJS yaitu sobat harus menyerahkan fotokopi surat referensi kerja yang telah dilegalisir.Bagi Anda yang masih aktif sebagai karyawan pun, dana BPJS atau JHT dapat dicairkan sebesar sepuluh atau tiga puluh persen berdasarkan peraturan terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Mengajukan pinjaman bank

Sama halnya ketika sobat ingin melakukan pinjaman ke bank, pihak bank akan meminta surat referensi kerja untuk menentukan apakah sobat layak mendapatkan pinjaman atau tidak. Dengan adanya surat ini, akan meyakinkan pihak bank bahwa sobat dapat membayar angsuran pinjaman karena memiliki pendapatan dan pekerjaan.

Baca Juga :  Kumpulan ucapan Idul Fitri 1440 H - 2019

Mendaftar beasiswa

Surat referensi kerja juga bisa digunakan untuk mengambil beasiswa melalui jalur profesional. Dan untuk mendaftarnya memiliki salah satu syarat yaitu dengan menyerahkan surat referensi kerja yang telah dilegalisir oleh perusahaan.

Membuat kartu kredit

Saat melakukan pengajuan permohonan kartu kredit, pihak bank juga akan meminta beberapa persyaratan antara lain data penghasilan sobat tiap bulannya beserta surat referensi kerja.
Melalui surat referensi kerja, pihak bank akan mempercayai bahwa sobat mampu membayar tagihan kartu kredit karena memiliki pekerjaan dan pendapatan tiap bulannya.
 

Tujuan Surat Referensi Kerja

Syarat Administratif

Dalam melamar sebuah pekerjaan, terdapat beberapa syarat administratif yang harus dipenuhi, misalnya fotokopi ijazah, KTP (Kartu Identitas Penduduk), pas foto, kartu kuning, surat keterangan sehat, dan surat referensi kerja. Melalui surat referensi kerja, perusahaan tempat Anda melamar kerja dapat mempertimbangkan kemampuan serta keahlian yang kita miliki.

Bukti Otentik Pengalaman Kerja

Saat melamar pekerjaan, perusahaan akan bertanya mengenai pengalaman kerja. Saat melakukan interview, biasanya HRD akan bertanya mengenai keahlian serta pengalaman kerja kita. Dan dengan adanya surat ini, akan membuat HRD yakin mengenai pengalaman kerja kita.  Oleh sebab itu surat referensi kerja dapat dikatakan sebagai bukti otentik jika kita telah berpengalaman bekerja di bidang tersebut.

Menunjukkan Kinerja yang Baik

Karyawan yang memiliki kinerja yang baik tentunya akan medapatkan surat referensi kerja. Ini membuktikan bahwa Karyawan tersebut memiliki loyalitas dan dedikasi yang tinggi terhadap perusahaan. Yang bersangkutan tidak pernah melakukan hal negatif yang berdampak buruk bagi perusahaan.

Kepentingan Tunjangan Sosial

Surat referensi kerja berfungsi sebagai bukti bagi lembaga ketenagakerjaan saat sobat akan mengurus JHT (Jaminan Hari Tua). Hal ini juga berlaku ketika sobat ingin mengurus tunjangan sosial baik pribadi maupun pasangan, surat referensi kerja sangat dibutuhkan.
 

Cara Menulis Surat Keterangan Kerja

Nama Karyawan, Nomor Induk Karyawan

Perusahaan akan mencantumkan nama karyawan beserta nomor induk karyawan saat ingin membuat surat referensi kerja. Hal ini bertujuan agar perusahaan baru tempat karyawan tersebut melamar mendapatkan data yang sama selain ijazah sekolah maupun kartu identitas.

Jabatan Karyawan dan Lokasi Kerja

Surat referensi kerja dibuat berdasarkan data terakhir karyawan di suatu perusahaan. Salah satunya adalah posisi jabatan terakhir karyawan tersebut yang disertai lokasi kerja karyawan tersebut. Perusahaan besar yang memiliki banyak cabang tentu memiliki lokasi yang berbeda-beda.

Baca Juga :  Testing : Pengertian, Tujuan, Prinsip dan Manfaat

Masa Kerja

Masa kerja yaitu lamanya karyawan bekerja di sebuah perusahaan, dari awal dia masuk hingga ia keluar dari perusahaan tersebut. Melalui masa kerja ini, perusahaan baru akan menilai sejauh mana loyalitas dan dedikasi yang diberikan yang bersangkutan kepada perusahaan.

Tanda-Tangan Pejabat

Surat referensi kerja dikatakan sah apabila ditandatangani oleh pejabat yang bersangkutan. Umumnya surat ini akan ditandatangani oleh Kepala HRD sebagai bukti keabsahannya.
 

Contoh  Teks Surat Referensi Kerja

Berikut adalah contoh teks dari surat referensi kerja.
 

Contoh Surat Referensi Kerja Dari Perusahaan Swasta

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
No. : 010/HRD/Desember/2020

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Ahmad Ade Jeri
Jabatan : Direktur PT. Cari Ribut

Menerangkan bahwa yang bersangkutan di bawah ini:

Nama : Effendi Nugroho
Alamat : Jl. Pulau Senyawa no.23, Sunyaragi, Cirebon

Benar telah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin terhitung sejak 19 Juni 2015 sampai dengan 18 Desember 2020, dengan jabatan terakhir sebagai Operator Komputer.

Selama menjadi karyawan, Saudara Effendi Nugroho telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan kami dan tidak pernah melakukan hal-hal yang merugikan perusahaan. Dalam hal ini yang bersangkutan mengundurkan diri atas kemauannya sendiri.

Kami berterima kasih dan berharap semoga yang bersangkutan dapat lebih sukses dimasa yang akan datang.
Demikian surat keterangan kerja ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Cirebon, 20 Desember 2020

Ahmad Ade Jeri
Direktur

 

Contoh Surat Referensi Kerja dari Bank

BANK DANAMON
Jalan RA Kartini No. 182, Bandar Lampung
Telp. (0342) 675675
Email : [email protected]
Nomor : 111/BLT/IV/2019
Bandar Lampung, 22 November 2019

SURAT KETERANGAN

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Muhammad Afif
Jabatan : Pjs. Kepala KCU Bandar Lampung

Nama : Ahmad Fajar
Jabatan : Kepala Operasi Cabang Lampung

Dengan ini menerangkan bahwa memang benar PT. Global merupakan rekan Bank Danamon Cabang Lampung yang bertanggung jawab terhadap pemeliharaan AC di gedung KCU Bandar Lampung beserta KCP di bawahnya dan hingga saat ini dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Baca Juga :  Birokrasi : Pengertian , Sejarah, Ciri, Jenis, Karakteristik dan Contoh

Demikian surat referensi kerja ini dibuat agar dapat digunakan seperlunya. Kami minta maaf jika suatu saat terjadi hal-hal yang mengecewakan karena hal tersebut di luar tanggung jawab perusahaan.

Bank Danamon

Cabang Lampung

Muhammad Afif                                                                                                                 Ahmad Fajar

Pjs. Kepala KCU Lampung                                                                        Kepala Operasi Cabang Lampung

 

Contoh Surat Referensi Kerja Guru

Sekolah Dasar Negeri 1 Liwa
Komplek Tranmisi Tvri Liwa, Pasar Liwa, Kec. Balik Bukit, Kab. Lampung Barat Prov. Lampung
Telepon 628344333

SURAT KETERANGAN KERJA
No. 12/34/131/40

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Riki Fajrin
Jabatan : Kepala Sekolah SDN 1 Liwa

Menerangkan bahwa,
Nama : Alisa Andanda
Jabatan : Guru Kelas 4

merupakan guru di SD Negeri 1 Liwa. Beliau telah bekerja sejak tanggal 1 Juni 2016 hingga 21 November 2020. Selama bekerja, beliau menunjukkan kinerja yang baik serta sering membantu guru lain dalam mempersiapkan bahan ajar dan keperluan mengajar.

Demikian surat keterangan ini dibuat, semoga dapat berguna untuk peningkatan jabatan guru yang bersangkutan. Atas perhatian Bapak, Kami ucapkan terimakasih.

Lampung Barat, 1 Desember 2020
Kepala Sekolah

Riki Fajrin

Itulah tadi artikel mengenai Contoh Surat Referensi Kerja. Semoga artikel diatas bisa membantu dan bermanfaat bagi sobat semua. Terimakasih kunjungannya, sampai jumpa lagi dalam artikel-artikel lainnya.

 

Related posts: