Translete Bahasa Jawa

Posted on

Translete Bahasa Jawa – Negara kita dikenal sebagai bangsa yang memiliki banyak keanekaragaman baik suku dan bahasa yang seperti yang Anda tahu, orang Jawa memiliki beberapa tingkat tutur bahasa yang berbeda – beda yang digunakan untuk berbicara dengan orang yang berbeda. Tingkat ekspresinya adalah Ngoko, Krama Madya, dan Krama Inggil.

Tidak heran jika bahasa suku Jawa begitu dekat dengan keseharian baik di kantor, sekolah dan lingkungan keseharian kita, bahkan karena teman -teman anda banyak orang jawa saat dia berbicara menggunakan bahasa jawa anda tidak tahu maknanya 😛 , maka bisa menggunakan translate bahasa Jawa. Dan kabar baiknya adalah bahwa ada salah satu alat terjemahan online Jawa Krama Alus yang memiliki fungsi penerjemah antara tiga tingkat berbahasa Jawa.

Dan berikut ini adalah beberapa alat translate bahasa Jawa Krama Alus ke Ngoko maupun sebaliknya yang bisa saya rekomendasikan untuk Anda gunakan.

translete bahasa jawa

Tingkatan Bahasa Jawa

Untuk menuturkan bahwa bahasa Jawa tidak sembarangan dikarenakan bahasa jawa memiliki tingkat penggunaannya. Untuk mempermudah, kamus bahasa Jawa akan sangat berguna untuk mengetahui terjemahan bahasa Jawa. Berikut adalah tingkatan bahasa jawa:

Bahasa Ngoko digunakan untuk seseorang yang usia dan kelasnya sama atau lebih rendah. Contohnya adalah Anda, jadi dalam kamus bahasa Jawa adalah kowe atau awakmu.

Bahasa krama madya digunakan untuk seseorang dengan usia dan tingkat yang sama. Krama madya lebih sopan dari pada Ngoko. Contohnya adalah Anda, jadi sopan santun adalah sampeyan.

Krama Inggil digunakan untuk seseorang yang lebih tua dan memiliki gelar yang lebih tua. Bahasa ini adalah bahasa yang paling halus dan paling banyak digunakan untuk berbicara dengan orang tua. Contohnya adalah Anda, jadi bahasa Krama Inggil adalah Panjenengan.

Baca Juga :  Teks Eksposisi: Struktur, Pengertian, Ciri dan Contoh singkat

Situs Translate Bahasa Jawa Krama Alus

Google Translate sebenranya telah menyediakan fiitur terjemahan dalam bahasa Jawa, namun dalam fitur translete Google memiliki beberapa kekurangan diantaranya tidak menyertakan pilihan tingkatan bahasa Jawa yang akan diterjemahkan di dalamnya. Ditambah lagi bahasa Jawa hasil translate dari bahasa lain hasilnya masih tercampur dengan bahasa Inggris jadi hasilnya pun masih terbilang belum maksimal.

  1. Situs Translete Jawa : mongosilakan.net
    Situs Mongosilakan merupakan alat translate bahasa Jawa yang saya maksud memiliki fitur penerjemah antar ketiga tingkatan tutur bahasa Jawa baik Ngoko, Krama Madya, maupun Krama Inggil alus.
  2. Situs Translete Jawa Krama : udintegal.blogspot.com/2018/06/translator-bahasa-jawa-krama.html
    Situs ini sudah memiliki database kamus cukup banyak kurang lebih 5.000 kata terjemahan, jumlah yang sudah cukup lengkap dibandingkan dengan yang dimiliki oleh Google Translate

 

Contoh Bahasa Jawa  yang Sering Digunakan

Kata Ganti Bahasa Jawa

Bahasa IndonesiaJawa ngokoJawa kromo inggil
SayaAkuKulo, Dalem
KamuKoweSampean, panjenengan
KitaAwakdeweKito
DiaNdekne, dewekePiyambakipun
MerekaDeweke kabehPiyambakipun sedoyo
IniIkiNiki
ItuIku, kuwiNiku

Kata Kerja Bahasa Jawa

Bahasa IndonesiaJawa ngokoJawa kromo inggil
MemotongNugelMotong
DudukLungguh, linggehLenggah, pinarak
BerdiriNgadegJumeneng
MenggunakanNganggoNgagem
MemaafkanNgapuroNgapunten
MemegangNyekelNgasto
MelihatNdelokMirsane
MendengarKrunguMireng, midanget
MengertiNgerti, retiMangertos, ngertos
MemberiMenehiMaringi
Berhias diriDandanDandos, busono
MenyuapiNdulangNdahari
Memiliki, mempunyaiNduweGadhah, kagungan
MengingatElingEmut, enget
IkutMeluTumut, nderek
Mendapatkan sesuatuEntukAngsal, pikantuk
MembawaGawa, nggowoBekto, ngasto
BergantianGentenanGantosan, gentosan
PergiLungoTindak
PulangMulehMantuk
DatangTekoRawuh
BerbicaraNgomongNgendiko, dawuh
MakanManganMadang, dahar, nedo
MinumNgumbe, ngombeNgunjuk
Baca Juga :  Contoh Daftar isi

Demikianlah artikel mengenai Translete Bahasa Jawa beserta beberapa ulasan lengkapnya. Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu serta wawasannya. sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca Juga :

Related posts:
Bagikan Artikel :