ID Card – Ukuran Standart dan Contoh

Posted on
4.4 (88.57%) 7 vote[s]

Ukuran ID Card – Hello para pembaca dosenpintar.co.id, kali ini kita akan masih membahas mengenai makalah Karya Tulis.  Sebuah perusahaan pasti memiliki karyawan dari yang puluhan, ratusan bahkan ribuan karyawan untuk itu sebuah perusahaan harus memiliki mekanisme untuk mengenali atau mengidentifikasi karyawannya salah satu caranya adalah dengan menggunakan ID Card  tidak  hanya sebagai kartu identitas karyawan perusahaan  tetapi juga salah satu fungsi id card adalah memberi arti tersendiri dalam mendukung formalitas dan nilai atau image perusahaan . Dari urian singkat diatas kita akan bersama-sama membahas pengertian ID Card, Ukuran ID Card beserta contohnya, Yuk simak langsung mengenai pengertian beserta ulasan lengkapnya di bawah ini.

Fungsi Dari ID Card

Kartu pengenal identitas atau disebut dengan isitilah ID Card  memiliki fungsi bukan hanya sebagai kartu identitas karyawan di sebuah perusahaan, sekolah atau organisasi, akan tetapi mempunya arti sendiri dalam mendukung formalitas dan image/branding sebuah perusahaan ataupun organisasi.

Manfaat Dari ID Card

  1. Kesan formal dan rapi akan tercipta saat semua orang menggunakan Identitas Perusahaan
  2. Membedakan dan Memisahkan dengan jelas antara karyawan dan non-karyawan untuk menjaga keamanan, infiltrasi, dan hal-hal yang tidak diinginkan.
  3. Akan dapat memfasilitasi direktur atau sesama karyawan untuk mengetahui dengan pasti bagian (divisi) dan nama apa yang terkait. sangat bagus jika setiap divisi dapat dibedakan dari warna id card
  4. Sebagai alat promosi/branding  ketika karyawan mengunjungi perusahaan lain. Dengan menggunakan kartu ID perusahaan lain, akan mudah untuk mengenal perusahaan anda
  5. Kartu ID card digunakan untuk aplikasi kontrol akses, yaitu dengan kartu ID Card seorang karyawan dapat memasuki ruang kerjanya
Baca Juga :  Kumpulan ucapan Idul Fitri 1440 H - 2019

 

 

Orang-orang penting yang biasanya menggunakan ID Card atau kartu identitas biasanya dimiliki oleh  direktur eksekutif, dan manajer perusahaan. Akan tetapi jangan mengesampingkan kemungkinan bagi orang lain atau kru/staff.

Tujuannya adalah untuk menciptakan kesan yang lebih profesional dalam pertemuan formal dan non-formal, serta dalam komunikasi dengan orang-orang baru di luar perusahaan. Jika anda berencana ingin membuat ID Card mari kita bahas ukuran – ukuran ID Card dibawah ini .

Adapun pembagian ukuran ID Card dibagi menjadi 4 sesuai dengan standart ISO disesuaikan dengan jenis ukuran kertas agar mudah di cetak karna printer pun memiliki standart ukuran bidang print.

 

 

Tabel Ukuran ID Card

TipeUkuranKet
ID-185.60 × 53.98 mm (3.370 × 2,125 in)kartu ATM, Kartu Kredit/credit card, kartu debit/debit card
ID-2105 × 74 mm (4,134 × 2,913 in)Sudah mulai ditinggalkan karna ukuranya tidak praktis
ID-3125 × 88 mm (4.921 × 3.465 in)Paspor dan visa
ID-425 × 15 mmSIM cards / kartu telepon seluler

Untuk ketebalan ID Card sendiri sesuai dengan aturan internasional adalah  0.76 mm (0.030 in).

Demikianlah artikel mengenai Daftar isi. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan bagi pembaca dosenpintar.co.id dan sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya.

 

 

 

Bagikan Artikel :