√ Pengertian Vendor dan Supplier Serta Jenis dan Contohnya

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian Vendor

Vendor adalah pihak (lembaga atau individu) yang menyediakan/menjual bahan baku, bahan tambahan, jasa, atau produk yang diproses atau dijual kembali oleh perusahaan lain untuk mendukung kinerja perusahaan.

Pendapat lain mengatakan :

Vendor adalah perusahaan atau perorangan yang menjual suatu produk (barang atau jasa) kepada pihak lain (perusahaan atau perorangan) untuk mendukung kinerja perusahaan lain atau bahan baku untuk menghasilkan produk jadi yang akan dijual ke konsumen akhir.

Dalam hal ini, vendor tidak hanya menjual bahan baku tetapi juga bisa dalam bentuk produk setengah jadi atau komponen penting untuk membuat produk jadi. Tidak hanya menjual bahan, terdapat juga vendor yang menjual jasa atau keahlian tertentu yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain.

pengertian vendor dan supplier

Jenis-jenis Vendor

Jenis-jenis vendor dapat dikategorikan atau dibedakan berdasarkan dengan jenis produk yang dijual, yaitu barang dan jasa. Ada vendor yang menjual produk dalam bentuk bahan baku, barang setengah jadi, dan bahan pendukung. Ada juga vendor yang khusus menjual produk dalam bentuk jasa.

1. Vendor Penyedia Barang

Vendor penyedia barang adalah lembaga atau perorangan yang menjual produk dalam bentuk barang ke perusahaan untuk mendukung operasi perusahaan.

Contoh:

Produsen kain membutuhkan mesin yang dapat menghasilkan kain. Jadi pabrik kain akan mencari vendor yang menjual mesin penghasil kain.

2. Vendor Penyedia Jasa

Vendor penyedia jasa adalah institusi atau individu yang menjual jasa dalam bentuk keterampilan tertentu kepada perusahaan lain.

Baca Juga :  Hukum Gossen

Contoh:

Perusahaan kain memerlukan jasa ekspedisi untuk mengirim produk mereka ke perusahaan ritel. Jadi perusahaan kain akan bekerja dengan vendor yang berspesialisasi dalam pengiriman barang.

Pengertian Supplier

Supplier adalah pihak (perorangan/perusahaan) yang menjual atau memasok sumber daya dalam bentuk bahan baku kepada pihak lain (perorangan/perusahaan) untuk diolah menjadi barang atau jasa tertentu.

Pendapat lain mengatakan bahwa pengertian supplier adalah individu atau perusahaan yang menjual bahan baku yang dibutuhkan oleh perusahaan lain untuk diolah menjadi produk yang siap dijual.

Misalnya supplier kelapa sawit yang memasok minyak kelapa sawit dalam jumlah besar ke perusahaan tertentu untuk diolah menjadi minyak goreng.

Jenis-Jenis Supplier

Secara umum, supplier dapat dibedakan berdasarkan produk yang akan diproduksi, yaitu barang dan jasa. Mengacu pada makna supplier, penjelasan singkat tentang jenis-jenis pemasok adalah sebagai berikut:

1. Supplier Produk Barang

Ini adalah jenis pemasok yang memasok bahan baku untuk membuat produk dalam bentuk barang. Dalam hal ini, pemasok hanya memasok bahan mentah untuk diproses oleh pihak lain menjadi barang jadi.

Contoh:

Misalnya, perusahaan, misalnya, perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan notebook. Jadi perusahaan ini membutuhkan bahan baku untuk kertas, plastik dan bahan lain untuk menghasilkan notebook.

Perusahaan kemudian bekerja sama dengan pemasok yang dapat memasok bahan baku yang diperlukan (kertas, plastik, dan bahan lainnya). Kolaborasi bisa dilakukan dengan beberapa pihak yang menyediakan bahan baku berbeda.

2. Supplier Produk Jasa

Ini adalah jenis pemasok yang memasok bahan baku untuk menghasilkan produk dalam bentuk layanan. Dalam hal ini supplier hanya memasok bahan baku yang kemudian diolah oleh pihak lain menjadi produk layanan yang dapat dijual kepada konsumen.

Baca Juga :  √Peran Pelaku Ekonomi : Rumah Tangga RTK, RTP dan Luar Negeri

Contoh:

Sebuah perusahaan jasa keuangan memerlukan perangkat lunak atau aplikasi khusus untuk membantu klien mereka memantau dan mengelola keuangan perusahaan mereka. Pemasok layanan produk kemudian menyediakan perangkat lunak atau aplikasi dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan jasa keuangan.

Demikianlah artikel dari dosenpintar.co.id mengenai Pengertian Vendor dan Supplier Serta Jenis dan Contohnya, semoga artikel ini bermanfat bagi anda semuanya.

Baca Juga :

Bagikan Artikel :